Singgah Sejenak di Tasikmalaya? Yuk, Kunjungi Tujuh Destinasi Wisata Populernya Berikut!

Singgah Sejenak di Tasikmalaya? Yuk, Kunjungi Tujuh Destinasi Wisata Populernya Berikut!
5 (100%) 18 votes

LiburMulu.com – Penasaran Sama Destinasi Wisata Tasikmalaya? Sebelumnya kenalan dulu dengan  kota yang pernah menyandang status sebagai ibu kota kabupaten; Tasikmalaya kini merupakan satu kota administratif. Penetapan tersebut disahkan pada tanggal 21 Juni 2001; berdasarkan UU No. 10 tahun 2001. Secara umum, Tasikmalaya terletak sejauh 106 kilometer di sebelah timur, Kota Bandung. Nah, bila dijangkau dari Jakarta, kalian bisa menggunakan kereta api, maupun transportasi umum (bus) dan pribadi. Adapun lama perjalanan bervariasi, yakni empat hingga tujuh jam.

Sebagai kota administratif, lanskap Kota Tasikmalaya sendiri punya wujud yang beragam. Itu sebabnya, di sisi lain, Tasikmalaya juga kaya akan potensi wisata yang menarik, baik berupa wisata alam, budaya, hingga kuliner.  Artikel ini sendiri akan membahas tentang tujuh destinasi wisata populer yang harus kalian kunjungi; ketika berada di Kota Tasikmalaya. Apa saja, ya?

1. Pantai Karang Tawulan Yang Tersembunyi

Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya by IG @winda_mutiara
Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya by IG @winda_mutiara

Lokasinya, ada di Cilembang, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya (90 km dari pusat Kota Tasikmalaya)–lebih tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Memang, jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, nama “Karang Tawulan” cenderung “tenggelam”. Hal ini ditambah lagi, dengan minimnya transportasi umum, serta akses yang tidak mudah.

Namun, bukankah pantai yang belum banyak “terjamah” justru lebih menarik?

Adapun bagi kalian yang memang seorang petualang sejati; Karang Tawulan menjadi satu destinasi yang amat menarik. Pasalnya, pantai ini tentu masih alami dan bersih. Siapa yang mampu menolak hamparan pasir putih berpadu dengan warna biru laut yang jernih?

2. Kampung Naga Yang Hidup Harmonis Berdampingan Dengan Alam

Kampung Naga Tasikmalaya by IG @iannoooo
Kampung Naga Tasikmalaya by IG @iannoooo

Kendati bernama “Kampung Naga”, tidak ada naga yang akan Anda temukan di sini. Sebenarnya, Kampung Naga ini masuk dalam kategori desa budaya, yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu. Embel-embel “Naga” diselipkan; lantaran menjadi kependekan dari “Nagari”.

Hampir serupa dengan Baduy; di Kampung Naga–kalian akan menjumpai sekelompok masyarakat yang masih memegang teguh tradisi leluhurnya, dalam hal ini tradisi Sunda. Satu yang kentara, yakni gaya hidup dan arsitektur bangunan yang masih sangat Tradisional (dari bahan alam), serta tidak adanya listrik di desa ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik, bisa mengunjungi Kampung Naga via kereta api. Untuk mempermudah, kalian pesan tiket di Traveloka aja. Selain harga tiket kereta api nya murah, pemesanannya juga sangat mudah dan praktis. Setelahnya, lewati jalur utama Garut dan Tasikmalaya. Adapun lokasi Kampung Naga sendiri berada tidak jauh dari jalan raya tersebut.

3. Curug Dengdeng Dengan Panorama Yang Indah

Curug Dengdeng Tasikmalaya by IG @alvanisya112
Curug Dengdeng Tasikmalaya by IG @alvanisya112

Kalian bisa mengunjungi Curug Dengdeng di Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cikatomas. Posisi tepatnya, ada di Sungai Cikembang, Dusun Sangkali, Desa Cogreg. Selain keindahan alamnya; satu atraksi wisata yang bisa kalian nikmati, yakni aliran air terjunnya yang luas serta bertingkat. Adapun seluruhnya, juga dilengkapi dengan kondisi kolam air yang tenang, sehingga aman digunakan untuk berenang.

Untuk mengunjungi Curug Dengdeng, kalian memang diharuskan untuk melewati kontur jalan yang berbatu. Itu pun, hanya bisa diakses menggunakan motor. Perjalanan akan dilanjutkan dengan sedikit berjalan kaki. Tenang, seluruhnya akan terbayar, kok, dengan panorama lembah dan hutan yang indah.  

(Baca Juga : Daftar Air Terjun Di Malang Yang Keren Nan Indah Untuk Liburanmu Yang Seru!)

4. Curug Ciparay Yang Populer

Curug Ciparay Tasikmalaya by IG @santianggriyani
Curug Ciparay Tasikmalaya by IG @santianggriyani

Kalian bisa menemukan nama berbeda untuk air terjun yang satu ini. Populer sebagai Curug Ciparay–objek wisata ini juga dikenal dengan sebutan Curug Kembar Ciparay atau Curug Dua Ciparay. Dikatakan demikian, sebab di sana, Anda bisa menemukan dua curug yang saling berdekatan.

Curug Ciparay terletak di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya. Sebagai ancar-ancar atau panduan cara menuju ke Curug Ciparay, air terjun ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Garut; atau sekitar 30 km dari Tasikmalaya menuju Singaparna. Memang, harus diakui, perihal akses, Curug Ciparay memang sulit dijangkau (harus berjalan kaki melalui medan yang sulit sejauh dua kilometer). Apalagi, objek wisata ini memang belum dikelola oleh pemerintah setempat.

5. Curug Putih Destinasi Sempurna Untuk Berlibur

Curug Putih Tasikmalaya by IG @retsieresdiantie
Curug Putih Tasikmalaya by IG @retsieresdiantie

Ada di kaki Gunung Galunggung; Kalian bisa menjumpai Curug Putih di Kampung Cipeuteuy, Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong. Nah, bagi Kalian yang doyan wisata adrenalin, Curug Putih bisa jadi destinasi yang tepat untuk berlibur. Pasalnya, jalan menuju ke sana cenderung tidak mudah. Kalian bahkan wajib trekking melewati menyusuri hutan, bukit, lembah, hingga menyusuri sungai.

Seluruh perjalanan Kalian nanti toh tidak akan sia-sia. Bagaimanapun, Curug Putih populer akan air terjunnya yang memesona. Bukan hanya menikmati pemandangan, Kalian bahkan bisa mencebur dan berenang-renang di airnya yang jernih dan segar! Tentu itu menjadi sebuah bonus perjalanan yang cukup melelahkan!

6. Tonjong Canyon Yang Menantang Untuk Dieksplore

Tanjong Canyon Tasikmalaya by IG @awansilly
Tonjong Canyon Tasikmalaya by IG @awansilly

Wisata canyon, tidak hanya bisa kalian jumpai di Pangandaran atau justru Semarang. Toh, Tasikmalaya juga punya, kok. Namanya adalah  Tonjong Canyon, sebuah wisata alam yang keren di Tasikmalaya. Tonjong Canyon sendiri berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujuh, Tasikmalaya.

Nah, serupa dengan yang ada di Pangandaran, Tonjong Canyon juga memiliki lanskap bebatuan–mirip seperti Grand Canyon di Amerika, lho. Selain mini canyon, terdapat pula air terjun dengan pemandangan yang sama indahnya. Jadi kalian nggak perlu lagi untuk pergi jauh ke Amerika kalau ingin menikmati sebuah wisata canyon.

7. Gunung Galunggung Yang Menjulang Tinggi

Gunung Galunggung Tasikmalaya by IG @alfian.massagony
Gunung Galunggung Tasikmalaya by IG @alfian.massagony

Masuk dalam kategori gunung berapi, Gunung Galunggung memiliki ketinggian 2.167 mdpl. Nah, meski sama-sama wisata alam seperti sebelumnya; di Gunung Galunggung, Anda bisa menikmati banyak fasilitas khas destinasi wisata pada umumnya.

Adapun beberapa lokasi yang bisa kalian kunjungi selama ada di Gunung Galunggung, meliputi: danau dan kawah yang ada di puncaknya; kolam renang; kolam rendam; hingga pemandian air panas. Oh ya, di kaki gunungnya, terdapat pula satu destinasi air terjun bernama Curug Galunggung, lho. Hanya saja, ketiadaan akses membuat tidak sembarang orang bisa menjangkau curug tersebut. Sebagai gantinya, curug tersebut hanya bisa dinikmati dari kejauhan.

Itulah tujuh destinasi wisata populer di Tasikmalaya yang harus kalian kunjungi; ketika berada di Kota Tasikmalaya. Jadi, kalian pilih yang mana?

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: