9 Bekas Tambang Yang Kini Tempat Wisata! Kalian Mau Pergi Kesana?

LiburMulu.com – Sudah pada tahu pasti kalau Indonesia ini juga dikenal sebagai negeri dengan kekayaan alam yang luar biasa banyaknya. Karena itu di Indonesia ini sektor pertambangan menjadi salah satu penyumbang devisa negara yang cukup banyak. Namun karena itu juga terjadi banyak eksploitasi pertambangan, yang bahkan bisa menimbulkan dampak kerusakan terhadap alam Indonesia.

Beruntung, tidak semua sisa pertambangan adalah alam rusak yang nggak bisa dimanfaatkan lagi. Soalnya beberapa sisa tempat pertambangan yang ada di Indonesia ini malah bisa menjadi tempat wisata. Beberapa diantaranya malah sempat ngehits dan terkenal loh!

Apalagi, kalau manusia ikut campur tangan, membenahi bekas-bekas pertambangan tadi menjadi tempat wisata yang lebih manusiawi, tempat wisata yang bisa menghibur penggunjungnya. Penasaran nggak? Bekas tambang mana yang sekaran menjadi tempat wisata?

Yuk simak tulisannya!

1. Danau Kaolin Belitung! Siapa Sangka Danau Yang Terlihat Begitu Indah Ini Ternyata Bekas Tambang!

Keindahannya menyembunyikan fakta kalau Danau Kaolin ini adalah sebuah hasil dari pertambangan
Keindahannya menyembunyikan fakta kalau Danau Kaolin ini adalah sebuah hasil dari pertambangan

Danau Kaolin ini awalnya merupakan lokasi penambangan dan eksploitasi alam. Namun sekarang ini sudah berubah menjadi destinasi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Belitung.

Danau Kaolin Belitung ini dapat dicapai dengan mudah yakni hanya sekitar 15 menit dari pusat kota Tanjung Pandan, sehingga kalian tidak akan menemukan kesulitan yang berarti untuk ketika mencarinya. Selain itu sebagian paket tour ke Belitung seperti wanatour.co ini selalu memasukkan Danau Kaolin ini ke dalam itinerary liburan ke Belitung.

Karena memang letak danau biru ini berada tepat di pinggir jalan. Jika kalian sempat melihat dari jendela pesawat ketika lepas landas di pulau ini, kalian pasti akan langsung menemukan banyak lubang-lubang putih dan biru yang tersebar, dan danau inilah salah satu lubang tersebut. Danau Kaolin.

2. Brown Canyon Semarang, Bekas Pertambangan Pasir Yang Sempurna Untuk Berburu Foto Instagram

Brown Canyon Semarang by IG @xyisemarang
Brown Canyon Semarang by IG @xyisemarang

Sekilas namanya mirip dengan Grand Canyon di Amerika atau dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran, Namanya dikenal dengan Brown Canyon. Kawasan batu padas yang merupakan bekas pertambangan pasir di Semarang ini dikenal dengan Brown Canyon karena warnana alamnya didominasi dengan warna tanah berkecoklatan.

Tempatnya memang sangat fotogenik, meski jalanan disana begitu berdebu akibat sering dilewati truk pengangkut tanah yang berlalu-lalang. Pun begitu, Brown Canyon ini banyak diminati karena panoramanya yang gak biasa. Bahkan Brown Canyon ini adalah salah satu tempat yang instagram-able di Semarang.

Setiap harinya ada saja yang berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini untuk mengabadikannya atau sekadar berburu foto profil di social media. Lokasi Brown Canyon ini nggak terlalu jauh dari Kota Semarang. Lokasinya terletak di perbatasan Semarang dan Demak, tepatnya di Rowosari, Tembalang, Semarang.

3. Bukit Jamur, Sisa Pertambangan Kapur Yang Bisa Menghibur

Bukit Jamur Gresik, Sisa Pertambangan Kapur Yang Bisa Menghibur by IG @gita_trinovanda_yulistya
Bukit Jamur Gresik, Sisa Pertambangan Kapur Yang Bisa Menghibur by IG @gita_trinovanda_yulistya

Memanjat dan berfoto di jamur-jamur berukuran raksasa? Memangnya bisa? Dimana-dimana? Tapi yang ini bukan jamur beneran ya. Jamur ini adalah“jamur-jamur” raksasa yang yang terbentuk dari akibat bekas galian kapur. Jamur-jamur raksasa ini bisa ditemukan pada tempat bernama Bukit Jamur yang ada di Gresik.

Tempat wisata bekas galian menjadi terkenal dan ngehits karena ada yang mengunggahnya ke social media. Menemukan lokasi Bukit Jamur nggak susah. Kalian tinggal bergegas saja menuju ke Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Selain menikmati keindahan batuan-batuan berbentuk jamur, jangan luba untuk berburu foto-foto ciamik untuk feed Instagram kalian. Soalnya Bukit Jamur ini adalah salah satu spot instagram-able di Gresik loh!

4. Telaga Ngipik, Tempat Wisata Bekas Tambang Kota Gresik!

Telaga Ngipik, Tempat Wisata Bekas Tambang Kota Gresik!by IG @daniyarbgs
Telaga Ngipik, Tempat Wisata Bekas Tambang Kota Gresik!by IG @daniyarbgs

Masih di Kota Gresik, ada Telaga Ngipik yang juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta. Telaga Ngipik ini bisa dibilang adalah salah satu tempat bersantai favorit warga Gresik, untuk melarikan diri sejenak dari sibuknya kota industri Gresik ini.

Apalagi didukung dengan rindangnya pepohonan hijau nan sejuk, ditambah pemandangan Telaga Ngipik yang menarik ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari Gresik dan sekitarnya. Disini kalian bisa piknik, mancing ikan, naik perahu, hingga kalau beruntung kalian bisa melihat permainan ski air yang ada di sini.

Namun pastinya nggak ada yang menyangka kalau kawasan wisata hijau yang menyenangkan ini dulunya adalah pertambangan. Memang Telaga Ngipik ini adalah tempat wisata buatan bekas tambang yang ada di Gresik. Telaga ini dulunya adalah sebuah bekas pertambangan tanah liat yang luasnya puluhan hektar, kepunyaan PT Semen Gresik. O iya, Telaga Ngipik ini terletak di Desa Ngipik, hanya berjarak 1,5 Km dari alun-alun kota Gresik. Nggak jauh bukan?

5. Masih Di Kota Gresik, Ada Gunung Kapur Sekapuk Dengan Lansekapnya Yang Unik

Masih Di Kota Gresik, Ada Gunung Kapur Sekapuk Dengan Lansekapnya Yang Unik by IG @ferifird27
Masih Di Kota Gresik, Ada Gunung Kapur Sekapuk Dengan Lansekapnya Yang Unik by IG @ferifird27

Selain Telaga Ngipik dan Bukit Jamur ternyata Gresik ini masih punya satu lagi wisata bekas pertambangan. Dikenal dengan Gunung Kapur Sekapuk yang mempunyai lansekap unik akibat bekas galian tambang. Lokasi tempat wisata bekas tambang ini sendiri berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik.

Meski tempat yang dikenal dengan nama Gunung Kapur Sekapuk ini dulunya hanyalah bukit kapur biasa, semuanya berubah ketika akhirnya ditambang oleh warga sekitar. Penambangan kapur di tempat ini menyisakan lansekap unik yang sepintas menyerupai formasi batuan basal, membentuk goa dan pilar dengan ukiran yang tidak biasa.

6. Danau Blingoh Jepara Yang Berwarna Hijau Toska Dikelilingi Perbukitan Hijau

Danau Blingoh Jepara Yang Berwarna Hijau Toska Dikelilingi Perbukitan Hijau by IG @najikh94
Danau Blingoh Jepara Yang Berwarna Hijau Toska Dikelilingi Perbukitan Hijau by IG @najikh94

Danau Blingoh yang berlokasi di desa Blingoh, kecamatan Donorojo, kabupaten Jepara, ini adalah salah satu bukti bahwa alam pun bisa beradaptasi. Dari kerusakan akibat penambangan menjadi sebuah tempat indah dengan daya tarik yang istimewa. Siapa yang bisa menyangkal keindahan dari danau yang airnya berwarna hijau toska ini? Tentu siapapun akan senang kalau menikmati keindahan dari Danau Blingoh di Jepara ini.

7. Telaga Warna Bukit Puthut Krebet Tulungagung, Si Menawan Yang Berbahaya

Telaga Warna Bukit Puthut Krebet Tulungagung, Si Menawan Yang Berbahaya by IG @jauharotunnisak
Telaga Warna Bukit Puthut Krebet Tulungagung, Si Menawan Yang Berbahaya by IG @jauharotunnisak

Telaga warna ini ada di Bukit Puthut Krebet yang terletak di Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung. Disini terdapat lubang-lubang bekas galian dari pertambangan tembaga yang terlihat menawan. Terbentuk akibat genangan air hujan dengan dengan warna-warni yang mempesona. Karena itu warga setempat lalu menyebutnya telaga warna atau Telaga Lapis Lazuli.

Sampai sekarang ini cukup banyak pengunjung yang datang karena daya tarik telaga ini. Selain karena memang indah dipandang mata, telaga-telaga ini juga fotogenik, menarik untuk para pemburu foto. Namun, untuk kalian yang ingin berkunjung ke Telaga Warna ini  wajib waspada.

Menurut penelitian dari dinas terkait, air telaga warna di Tulungagung ini ternyata mengandung zat kimia berbahaya seperti arsenik yang bisa menyebabkan gatal-gatal. Jadi, kalau kesini boleh dilihat tapi jangan sampai disentuh! Oke!?

8. Lubang Tambang Di Sawahlunto, Sebuah Terowongan Tambang Bawah Tanah Yang Bersejarah

Lubang Tambang Di Sawahlunto, Sebuah Terowongan Tambang Bawah Tanah Yang Bersejarah by IG @praditatk
Lubang Tambang Di Sawahlunto, Sebuah Terowongan Tambang Bawah Tanah Yang Bersejarah by IG @praditatk

Yang satu ini lokasinya berada di luar Jawa, tepatnya di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Dahulu, pada era kolonial, Sawahlunto ini memang terkenal sebagai kota penghasil batubara. Dan untuk melakukan penambangan batubara itu, dibangunlah terowongan bawah tanah yang difungsikan antara tahun 1898 sampai 1932. Sekarang ini terowongan ini sudah berubah fungsi dan direnovasi dan menjadi salah satu objek wisata andalan kota Sawahlunto ini.

Menyusuri terowongan sepanjang 185 meter ini memang menyenangkan. Di sepanjang terowongan kalian akan diajak untuk menikmati petualangan seru menengok ke masa lalu lewat dinding-dinding batubara di sepanjang lorongnya. Kalau masih kurang, kalian juga bisa mampir ke Museum Gudang Ransum yang menampilkan foto-foto suasana penambangan pada zaman dulu ya!

9. Danau Biru Loa Bakung Samarinda Yang Keren!

Danau Biru Loa Bakung Samarinda Yang Keren!by IG @pri_agus
Danau Biru Loa Bakung Samarinda Yang Keren!by IG @pri_agus

Buat yang belum tahu, di Samarinda ini juga ada danau biru yang keren loh! Danau Biru Loa Bakung atau dikenal juga dengan Danau Cermin. Danau ini adalah salah satu tempat wisata kece yang bisa ditemukan di Kota Samarinda.

Lokasi tepatnya, danau yang ini berada di Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Meskipun mempunyai daya tarik tersendiri, Danau ini sebenarnya adalah lubang bekas penambangan batubara yang kini telah menjelma menjadi danau yang indah dipandang mata. Ada yang tertarik untuk mengunjunginya?

***

Nah, beberapa diatas adalah tempat wisata yang merupakan bekas dari sebuah kegiatan pertambangan. Dari sebuah pertambangan, tempat-tempat tadi telah berubah menjadi pemandangan yang menarik. Menarik untuk dikunjungi bukan?

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: