Mudik Sambil Liburan, Tentu Bisa Dong! Destinasi Sepanjang Pantura Ini Bisa Kalian Kunjungi Sekaligus Mudik!

Mudik Sambil Liburan, Tentu Bisa Dong! Destinasi Sepanjang Pantura Ini Bisa Kalian Kunjungi Sekaligus Mudik!
5 (100%) 20 votes

LiburMulu.Com – Ketika waktu sudah memasuki bulan Ramadhan, atmosfir mudik dan Lebaran pun juga akan segera terasa kemeriahannya. Di Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk beragama muslim dan berbentuk kepulauan, menjadikan moment Mudik adalah agenda wajib setiap tahunnya.

Karena itu akan menjadi kesempatan bagi masyarakat perantau di seluruh Indonesia untuk pulang dan bersilahturahmi dengan sanak saudara serta kerabat. Seluruh moda transportasi seperti bus, kereta, pesawat, maupun kendaraan pribadi sudah pasti akan memenuhi jalan. Di Pulau Jawa sendiri kesibukan akan jelas terjadi pada jalur pantura dan juga jalur selatan.

Dengan padatnya kondisi jalan, tentu akan menjadikan perjalanan menjadi sangat melelahkan bagi pemudik. Kemacetan sejauh belasan kilometer sudah umum terjadi. Nah, supaya perjalanan mudik kalian tetap seru meski harus menghadapai macet, kalian yang melewati jalur pantura sangat bisa untuk singgah ke beberapa tempat wisata yang berada di sepanjang jalur ini. Well, mudik sekaligus traveling di sepanjang jalur pantura tentu akan menyenangkan bukan?

1. Sudah Tau Kalau Di Surabaya Ada Kapal Selam Yang Bisa Kalian Kunjungi Di Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam (sumber)
Monumen Kapal Selam (sumber)

Kalian tentu belum banyak mengetahui mengenai keberadaan kapal selam yang satu ini. Di Surabaya, tepatnya berada di Monumen Kapal Selam kalian dapat secara nyata menjelajahi isi kapal selam ini di Monumen Kapal Selam. Meskipun kapal selam yang kalian jelajahi merupakan kapal selam yang sudah memasuki masa pensiun, kapal yang bernama KRI Pasopati 410 ini tetap sangat menarik untuk kunjungi karena dibuat langsung di Rusia.

Selain membedah isi kapal selam yang dibuat atas pengabdian Rusia pada Angkatan Laut RI sejak tahun 1962 ini, ternyata pengunjung juga bisa menyaksikan video dokumenter yang bercerita mengenai sejarah KRI Pasopati 410 serta Angkatan Laut RI. Tentunya akan menjadi pengalaman baru yang sangat menyenangkan bukan?! Apalagi kalian yang mencintai lautan :)

2. Mau Ngadem Dan Cari Udara Segar?! Datang Ke Gresik Yang Punya Telaga Ngipik

Keindahan Telaga Ngipik Gresik (sumber)
Keindahan Telaga Ngipik Gresik (sumber)

Siapa yang menyangka bahwa Kota Gresik yang merupakan kawasan industri paling sibuk di Jawa Timur dan terkenal panas serta semerawut ini ternyata terdapat sebuah oase di tengah kotanya. Disebut Telaga Ngipik, berada di ruang terbuka yang hijau dan memiliki panorama khas telaga yang menentramkan.

Kawasan Telaga Ngipik ini memang dimanfaatkan warga Gresik sebagai tempat untuk beristirahat dari hiruk pikuk dan panasnya kota Gresik. Dan yang lebih menarik lagi, kalau ternyata telaga cantik ini dulunya adalah bekas galian tambang pabrik semen. Yakin nggak mau leha-leha sejenak di telaga seunik ini?!

3. Penasaran Ingin Menjelajahi Gua Yang Terkenal Sangat cantik?! Ada Gua Maharani Di Lamongan

Suasana di dalam Gua Maharani (sumber)
Suasana di dalam Gua Maharani (sumber)

Kalau selama perjalanan melintasi jalur pantai utara membuat kalian bosan karena terus menyaksikan bibir pantai, kalian punya alternatif menyenangkan saat tiba di Lamongan. Sebelumnya lewatilah dulu daerah pesisir utaranya untuk mampir ke Maharani Zoo & Goa Lamongan atau biasa disingkat dengan Mazola.

Selain dapat bercengkerama dengan satwa-satwa dan penghuni kebun binatang ini, pengunjung juga dapat menjelajahi Gua Maharani, yang dikenal sebagai gua alam paling indah di Lamongan. Jika masih ingin menikmati kota Lamongan, kalian bisa mampir ke kawasan Wisata Bahari Lamongan, yang menyediakan wahana-wahana seru dan gak kalah menarik dari Dufan. Kelelahan mudik pasti akan segera lenyap setelah bermain disini bukan?!

4. Ingin Main Air, Tuban Ternyata Punya Wisata Air Terjun Nglirip Lho!

Air Terjun Nglirip (sumber)
Air Terjun Nglirip (sumber)

Wisata Air Terjun Nglirip Tuban, Merupakan salah satu destinasi objek wisata alam di kabupaten tuban. Wisata ini menyuguhkan eksotisme alam yang menakjubkan air terjun setinggi 25meter ini penuh dengan pesona alam yang menakjubkan. Air Terjun Nglirip Tuban juga tidak terlalu sulit untuk dijangkau, karna letaknya berada di jalur alternatif, sehingga dengan menggunakan mobil pribadi pun bisa langsung sampai ke lokasi dengan mudah.

Jika dari Kota Tuban bisa mengambil rute ke arah Merakurak, Kemudian Montong, Lalu Singgahan. Sedangkan jika dari Daerah Bojonegoro atau Jatirogo bisa berhenti di Perempatan Anjlok, kemudian mengambil jalan kearah Montong, kurang lebih 2KM.

Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 25 meter. Mata airnya sendiri berasal dari hutan Kerawak yang berada kurang lebih 3KM dari air terjun ini. Ternyata Tuban tidak hanya memiliki banyak pantai, jadi tidak ada salahnya untuk menjajal wisata air terjun yang satu ini.

5. Jika Sudah Tiba Di kota Semarang, Kalian Bisa Mampir Sejenak Untuk Beribadah di Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah yang sangat megah (sumber)
Masjid Agung Jawa Tengah yang sangat megah (sumber)

Semarang yang merupakan ibukota Jawa Tengah, dikenal memiliki pusat kota yang sangat unik. Tak heran jika pusat kotanya selalu ramai, karena disini terdapat banyak bangunan bersejarah peninggalan kolonial salah satunya Lawang Sewu. Namun tidak hanya itu, kalian juga wajib mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki bangunan yang sangat megah.

Kesempatan untuk beribadah di masjid terbesar di Jawa Tengah tentu tidak boleh untuk dilewatkan bukan?! Apalagi selain beribadah kalian juga dapat mengagumi design dan arsitektur yang tidak dapat kalian temukan di masjid lainnya. Mumpung masih di Semarang, jangan sampai lupa untuk membeli Bandeng Juwana khas Semarang yang rasanya tidak ada duanya, awas jangan sampai menyesal karena nggak nyobain ya.

6. Nah Kalau Ingin Menikmati Pantai, Bisa Ke Pantai Pasir Kencana di Pekalongan Dan Juga Koleksi Batik Nusantara di Museum Batiknya

Pantai Pasir Kencana di Pekalongan (sumber)
Pantai Pasir Kencana di Pekalongan (sumber)

Di Pekalongan, saatnya kalian untuk menikmati wisata pantai sambil dilengkapi dengan berbelanja oleh-oleh batik yang begitu otentik dari Kota Batik ini. Untuk alternatif melepaskan lelah, di kota ini terdapat Pantai Pasir Kencana yang suasananya sangat cocok untuk menggelar piknik keluarga. Selain tentu saja indah, pantai ini juga sangat dekat dengan pusat kota, jadi sangat mudah untuk dijangkau.

Selain piknik di pantai, hal lain yang gak boleh kamu lewatkan di Kota Batik ini adalah menikmati koleksi batik yang dipamerkan di Museum Batik. Museum ini beralamat di Jalan Jetayu No.1, Pekalongan, terkenal karena menampung banyak hingga ratusan koleksi beragam batik mulai dari yang kuno sampai modern dengan berbagai corak dan karakter. Atau jika memang tertarik untuk berbelanja batik, kalian bisa mampir ke Kampung Batik Kauman yang merupakan salah satu sentra kerajinan kain bercorak khas di kota Pekalongan.

7. Tiba di Brebes Yang Terdapat Waduk Malahayu, Tempat Dimana Kamu Bisa Bersantai Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Brebes, Waduk Malahayu
Tempat Wisata di Brebes, Waduk Malahayu (sumber)

Waduk peninggalan kolonial Belanda ini merupakan obyek wisata yang terletak di desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, kab. Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Selain sebagai tempat rekreasi, waduk Malahayu ini juga difungsikan sebagai sarana untuk pengontrol banjir dan sarana irigasi.

Wisata Waduk Malahayu merupakan wisata keluarga yang menyuguhkan panorama pegunungan dan hamparan hutan jati yang begitu indah, tempat mendamaikan yang sengat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pemandangan alamnya yang begitu menawan dan susananya yang menyenangkan membuat wisata yang satu ini kerap dijadikan sebagai lokasi bumi perkemahan. Disamping itu, ada juga Waduk Panjalin yang tak kalah indah dari Waduk Malahayu. Waduk Panjalin yang juga merupakan wisata keluarga ini berada di kawasan Winduaji, selatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah

8. Jika Sudah di Cirebon, Jangan Lupa Melipir Ke Kampung Batik Trusmi dan Mencoba Kuliner Khasnya

Grosir Batik Trusmi yang menjual batik khas Cirebon (sumber)
Grosir Batik Trusmi yang menjual batik khas Cirebon (sumber)

Tertarik untuk membeli buah tangan untuk sanak keluarga di kampung halaman? Artinya kalian harus mampir ke Kampung Batik Trusmi di Cirebon. Lokasinya mudah dicapai karena gak jauh dari jalan tol Palimanan–Kanci. Di tempat ini kalian bisa menjumpai dan memilih sendiri berbagai motif batik favorit yang dapat dijadikan oleh-oleh. Salah satu motif khas yang dimiliki kota Cirebon adalah motif Mega Mendung.

Selain membeli oleh-oleh, Cirebon ini juga sangat pas untuk kalian berwisata kulineran. Karena terdapat berbagai kuliner serta jajanan khas Cirebon yang dijajakan di sini. Seperti misalnya nasi lengko yang berisi sayur-sayuran, nasi jamblang yang disajikan di atas daun jamblang dan empal gentong yang pastinya sudah kamu kenal. Dan gak ketinggalan, kalian sangat wajib untuk menikmati tahu gejrot khas Cirebon yang sudah pasti lebih enak dari daerah manapun.

9. Kampung Naga, Destinasi Menarik Yang Wajib Dikunjungi Di Tasikmalaya

Kampung Naga (sumber)
Kampung Naga (sumber)

Bagi yang melintas di Tasikmalaya, ada Kampung Naga yang bisa Anda jadikan destinasi menarik. Kampung ini berada di Kecamatan Salawau, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Ada budaya lokal yang menjunjung tinggi kearifan antara setiap manusia dan mahluk hidup lainnya di sana.

Kampung Naga dikenal dengan suasana yang alami dan menenangkan. Hutan-hutan dan sawah di sini serba hijau, jadi Anda akan menghirup udara yang segar saat berada di kampung ini. Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, Kampung Naga adalah tempat untuk kembali ke alam.

Jadi, ketika bosan menghadapi kemacetan saat mudik kalian sudah nggak bingung lagi kan mau kemana?! Ke sembilan destinasi di atas bisa kalian pilih sesuai mood, selamat mencoba!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: