Tips Cara Liburan Murah Di Singapura, Buat Kalian Yang Mau Liburan Ke Singapura Pertama Kali!

Liburan murah di Singapura yang serba mahal itu? Memang mungkin ya! Buat kalian yang  belum pernah traveling ke Singapura, mungkin pertanyaan itu bakal terngiang selamanya di telinga. Apalagi yang namanya traveling hemat ala backpacker ke Singapura yang mahal itu kok rasanya tidak mungkin.

Tenang saja, di tulisan ini akan dibahas bagaimana caranya agar kalian bisa traveling keluar negeri (Singapura) meski budget kalian terbatas. Siapa sih yang tidak ingin pergi ke luar negeri? Apalagi mengunjungi negeri tetangga yang bisa dibilang lebih maju dibanding Indonesia, yaitu Singapura (baca juga tips backpacking ke singapura untuk pemula).

Liburan murah di Singapura itu mungkin banget kok! Apalagi di Singapura yang terkenal dengan sistem transportasinya yang lengkap dan terrintegrasi antara transportasi satu dengan yang lainnya. Sayangnya, Singapura juga terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi, alasan itulah yang kadang membuat traveler ciut atau takut lebih dulu untuk coba liburan kesana.

Tapi tenang saja! Sebenarnya liburan di Singapura itu tidak terlalu menakutkan seperti yang kalian kira. Asalkan kalian cerdik dan bisa mengatur budget, liburan murah di Singapura bukan berarti tidak mungkin lho! Nah, karena itu disini liburmulu bakal berbagi beberapa tips liburan murah di Singapura hanya untuk kalian yang punya mimpi untuk liburan hemat di Singapura.

Ke Singapura, jangan lupa foto dengan Merlion ya!
Ke Singapura, jangan lupa foto dengan Merlion ya!

Disini akan dibahas mulai dari tips hemat naik transportasi di Singapura, penginapan murah di singapura, tempat makan enak nan halal di Singapura, juga tempat wisata gratis di singapura pilihan yang bisa dijangkau dengan mudah. Tertarik? Jangan pergi dari liburmulu.com kalau begitu. Pastika kalian membaca sampai habiss tulisan ini!

Jadi, Ini Dia Tips Liburan Murah Di Singapura, Buat Kalian Yang Mau Liburan Ke Singapura Pertama Kali!

Intinya jika ingin liburan hemat di Singapura itu, kalian harus bisa memanage budget, menyiasati transportasi dan mengunjungi tempat wisata gratis di Singapura! Nah, untuk hal lainnya kalian bisa membaca tulisan di bawah ini ya!

1. Pergi Ke Pusat Kota Dengan MRT Dibanding Pakai Taxi/Bus.

Naik MRT jika ingin lebih hemat keliling singapura!
Naik MRT jika ingin lebih hemat keliling singapura!

Kalau di Jakarta, biasanya naik taksi masih bisa dibilang gak terlalu mahal ya? Tapi jangan coba-coba lakukan itu di Singapura jika kalian sedang dalam rangka traveling hemat di Singapura. Bisa-bisa langsung overbudget setelah naik taksi. Karena naik taksi di Singapura itu tergolong mahal. Cara paling murah untuk pergi ke pusat kota Singapura adalah dengan naik MRT!

Iya, sesampainya di Changi International Airport di Singapura, kalian bisa langsung berjalan kaki ke Stasiun MRT kok. Itulah enaknya di Singapura, segala moda transportasi sudah terintegrasi. Buat pemula mungkin agak sulit untuk mencari lokasi stasiun MRT di Changi ini. Tapi asal mengikuti petunjuk, harusnya kalian nggak bakal nyasar.

Cara menuju stasiun MRT di Changi Airport adalah, kalian harus menuju ke terminal 2 Changi International Airport dulu ya! Karena memang lokasi stasiun MRT di Changi Adalah di Terminal 2 Changi! Jadi kalau kalian turun di terminal 1 atau 3, kalian bergegas harus ke terminal 2. Tenang saja, ada banyak petunjuk arah ke ke terminal 2. Dari terminal 1 atau 3 ke terminal 2 bisa naik yang namanya SkyTrain. Gratis kok Sky Train ini!

Informasi buat kalian Sky Train akan berangkat setiap 6 menit sekali, jadi gak perlu nunggu lama deh. Sekarang anggap saja kalian sudah sampai di terminal 2 Changi. Kemudian cari jalan keluar (Exit), menuju arah Immigration. Jika dari tempat SkyTrain, lurus dikit, lalu ambil arah kanan, jalan sampai ujung, nanti kalian bakal menemukan tulisan (Exit) atau (Immigration).

Baru setelah beres urusan dengan Imigrasi, dan stamp passport, ikuti petunjuk arah menuju ke MRT Station. Disana kalian tinggal pergi ke Ticket Office untuk membeli tiket MRT. O iya, buat kalian yang berada disingapura kurang dari 4 hari, dan perlu banyak berpindah, akan lebih murah dan efektif jika beli tiket STP atau Singapore Tourist Pass. Kenapa begitu? Bakal dijelasin di poin berikutnya.

2. Beli Tiket STP (Singapore Tourist Pass), Lalu Keliling Singapura Secara Gratis!

Singapore Tourist Pass bisa dipakai untuk keliling Singapura sepuasnya via @widi_cah
Singapore Tourist Pass bisa dipakai untuk keliling Singapura sepuasnya via @widi_cah

Perlu kalian ketahui, membeli tiket transportasi yang benar adalah salah satu tips liburan murah di Singapura. Soalnya memang ada beberapa jenis tiket transportasi di Singapura lho! Ada yang reguler bisa di top up, namanya EZ-Link, mirip seperti kartu trans-Jakarta.

Kedua ada yang namanya Singapore Tourist Pass yang bakal dijelaskan dibawah. Ketiga, Single Ticket yang bisa dibeli di mesin untuk pemakaian sekali jalan. Biasanya harga Single Ticket ini akan lebih mahal. Jadi kurang direkomendasikan untuk yang mau liburan murah di Singapura.

Rekomendasi liburmulu agar liburan di Singamura lebih hemat, gunakan EZ-Link atau Singapore Tourist Pass. Untuk kartu EZ-Link ini juga biasa dipakai oleh warga Singapura untuk sehari harinya ketika menggunakan fasilitas transportasi umum di Singapura. Mulai dari MRT dan Bus kota di Singapura bisa dibayar dengan kartu ini.

EZ-Link adalah kartu dengan sistem deposit. Saldo di dalam kartunya akan berkurang apabila dipakai. Bisa diisi ulang di ticket kounter pada sebagian besar MRT Station jika saldonya habis. Sekarang, bahkan kartu ini bisa untuk pembayaran di beberapa tempat lho.

Terakhir, Singapore Tourist Pass atau STP. Kartu ini dibuat memang dikhususkan untuk turis yang sedang liburan ke Singapura. Kalau gak salah, STP  hanya dibeli satu kali, pada tiap kunjungan. Harga Singapore Tourist Pass ini mulai dari $SGD 10 untuk 1 hari dan $SGD 16 untuk 2 hari, dan $SGD 20 untuk 3 hari. Harga tersebut belum termasuk $10 harga deposit yang bisa diambil lagi ketika kartunya dikembalikan dalam waktu 5 hari atau kurang setelah pembelian kartu.

Untuk yang banyak berkeliling Singapura dan memakai transportasi umum, membeli Singapore Tourist Pass akan sangat menguntungkan jika dibanding dengan membeli kartu EZ-Link dengan sistem top up. Namun bila kamu tidak banyak menggunakan transportasi umum, yang terjadi adalah hall sebaliknya.

Tipe STP Harga STP Deposit
1 Day Pass $SGD 10 $SGD 10 *
2 Day Pass $SGD 16 $SGD 10 *
3 Day Pass $SGD  20 $SGD 10 *

Catatan tentang Singapore Tourist Pass:

  1. Setiap STP akan dikenai deposit sewa $SGD 10 yang akan dikembalikan jika kalian mengembalikan kartu tersebut dalam waktu 5 hari setelah hari pembelian.
  2. Perjalanan tak terbatas dengan Singapore Tourist Passs hanya berlaku untuk layanan bus umum dan kereta umum. STP tersebut tidak termasuk dalam layanan transportasi premium seperti Sentosa Express, RWS8, Fast Forward, Night Rider dan Nite Owl Bus.

3. Menginaplah Di Area Yang Murah Seperti Di Bugis, Geylang dan Little India

Little India adalah salah satu tempat menginap murah di Singapura via @smn.mllr
Little India adalah salah satu tempat menginap murah di Singapura via @smn.mllr

Salah satu tips liburan menginap murah di Singapura adalah dengan menginap di area yang agak berada di pinggiran kota seperti Little India misalnya. Namun tenang saja, meski pinggiran kota, akses MRT hanya berjarak beberapa menit jalan kaki kok. Ditambah lagi, kalian kan sudah beli Singapore Tourist Pass?

Penginapan murah Singapura kebanyakan berada di Little India. Daerah ini memang terkenal dengan harga murahnya, termasuk dengan sewa penginapan. Kalian bisa mencoba menginap di beberapa hostel murah di Little India. Beberapa hostel di Little India, bahkan ada yang harganya $SGD 12/night. Tentu saja, meski murah jangan lupa untuk mencai yang kamarnya bersih, kamar mandi enak, ber-AC, ownernya ramah, dan dekat Stasiun MRT.

Untuk tempat makan di Little India, jangan takut tidak ada. Di daerah Little India ini ada banyak tempat makan yang harganya murah! Jangan kaget kalau menemukan harga makanan semurah $SGD2,5 saja disini! Terus jangan lupa mencicipi masakan khas India juga ya!

4. Tempat Wisata Gratis Di Singapura Adalah Tips Paling Penting Untuk Berhemat Selama Disana!

Orchard Road, salah satu destinasi wisata gratis di Singapura yang harus dikunjungi!
Orchard Road, salah satu destinasi wisata gratis di Singapura yang harus dikunjungi!

Liburan murah di Singapura tidak akan pernah bisa terjadi kalau kalian selalu mengunjungi tempat wisata berbayar disana. Boleh sih mengunjungi satu atau dua tempat wisata berbayar, tapi kalau kalian ingin liburan murah di Singapura, banyak-banyaklah mengunjungi tempat wisata gratis di Singapura!

Meski negara yang mahal, ada lumayan banyak loh tempat wisata gratis di Singapura! Salah satu tempat wisata gratis di Singapura yang paling populer adalah Merlion Park. Mengunjungi Merlion Park ketika liburan di Singapura itu hukumnya wajib! Karena selain disini ada Merlion yang merupakan icon Singapura, disini kalian bisa berfoto dengan latar belakang Marina Bay Sands, dan Esplanade.

Terus satu lagi tempat wisata gratis di Singapura. Namanya adalah Orchard Road, yang juga merupakan salah satu jalanan legendaris di Singapura. Tips dari liburmulu, berkunjunglah ke Orchard Road ketika malam hari agar lebih romantis.

Terus beberapa tempat wisata gratis di Singapura lainya adalah, Clarke Quay dengan gemerlap lampu di sepanjang sungai, Sentosa Island  yang bisa kalian capai dengan  turun di MRT Station Waterfront, lalu dilanjutkan naik Sentosa Express yang perlu bayar $4 untuk pulang pergi. Di Sentosa Island tentu saja kalian bisa berfoto di depan tulisan Universal Studio yang wah itu! Bisa juga sih masuk, asal mau bayar!

5. Bawa Tempat Minum Sendiri Dari Rumah Akan Menghemat Banyak Dollar!

Meski sepele, membawa botol minuman sendiri dari rumah adalah tips liburan murah di Singapura yang berperan penting!
Meski sepele, membawa botol minuman sendiri dari rumah adalah tips liburan murah di Singapura yang berperan penting!

Kenapa sih harus repot-repot bawa tempat minum sendiri dari rumah? Pertama, air mineral kemasan di Singapura lumayan maal! Untuk botol kecil saja harganya antara $SGD 1-$SGD 2. Terus karena Singapura ini panasnya sama kayak jakarta, sehari paling gak kalian bisa beli 3-4 botol deh. Lumayan juga kalau ditotal selama disana.

Disinilah botol minuman yang kalian bawa akan berguna. Selain bisa diisi di hostel tempat menginap, di Singapura ini juga banyak Tap Water/air yang bisa langsung diminum, tersebar di segala penjuru kota. Jadi kalau air di botol minuman kalian habis, tingal isi saja. Tapi ingat, dari Indonesia sebaiknya botol dikosongin saja, karena dalam penerbangan internasional tidak diperkenankan membawa air minum lebih dari 100ml.

6. Beli Sim Card Lokal Untuk Komunikasi Selama Disana

Beli Sim Card Lokal agar komunikasi lebih hemat
Beli Sim Card Lokal agar komunikasi lebih hemat

Memang ada pilihan menggunakan roaming kartu dari Indonesia. Namun akan jauh lebih murah jika kalian membeli sim card lokal di Singapura. Biasanya harga simcard lokal di Singapura adalah belasan dolar SGD saja untuk puluhan hingga ratusan gigabyte data. Jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan roaming deh.

7. Mau ngemil? Belanjalah di Minimarket pinggiran kota

Mau ngemil Belanjalah di Minimarket pinggiran kota
Mau ngemil Belanjalah di Minimarket pinggiran kota

Hindari belanja cemilan di tengah kota seperti di Orchard. Karena sudah pasti harga akan jauh lebih mahal. Tipsnya agar bisa ngemil namun juga bisa tetap liburan hemat di Singapura, belanjalah di minimarket yang berada di area pemukiman seperti di area Yishun atau Bishan.

***

Nah, bagaimana tips liburan murah di Singapura di atas? Semoga berguna ya untuk yang mau liburan ala backpacker di Singapura pertama kali! Tenang saja, meski serba mahal, liburan hemat nan murah di Singapura itu mungkin banget kok! Terus, jangan lupa share, kalau merasa artikel ini bermanfaat!

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: