Tips Hemat Internet Selama Traveling Di Luar Negeri

Tips hemat internet adalah salah satu yang perlu kalian ketahui agar tetap terhubung dengan internet selama liburan di luar negeri. Apalagi sekarang sekarang ini tetap online seakan sudah menjadi kebutuhan utama. Iya enggak?

Mulai dari keperluan agar tetap terhubung dengan keluarga di Indonesia, untuk mengunggah moment liburan ke social media seperti instagram atau bahkan untuk masalah pekerjaan. Tidak jarang kok orang yang traveling karena pekerjaan, travel blogger misalnya!

Masalahnya, tiap negara memiliki cara berbeda-beda untuk tetap terkoneksi internet. Ada sebuah negara yang memang bisa membeli sim card lokal dengan mudah, namun ada juga yang ribet. Belum lagi akan memerlukan waktu dan pencarian informasi lebih lanjut untuk memilih mana operator yang paling baik di suatu negara.

Jadi sebenarnya akan ada banyak yang perlu dipersiapkan agar kalian bisa tetap terhubung dengan internet namun tetap berhemat paket data selama traveling di luar negeri.

Kalau tidak memilih cara online di luar negeri yang tepat, bisa jadi kalian akan memerlukan budget tambahan atau malah kehabisan paket data terlebih dahulu meski belum waktunya pulang.

Banyak yang perlu dipersiapkan agar kalian bisa tetap terhubung dengan internet selama traveling di luar negeri

Banyak yang perlu dipersiapkan agar kalian bisa tetap terhubung dengan internet selama traveling di luar negeri

Nah, karena itu dengan membaca tulisan tips hemat internet selama traveling di luar negeri ini kalian akan mengetahui beberapa cara untuk berhemat biaya dan paket data internet selama di luar negeri. Simak baik-baik buat yang tidak ingin over budget ketika liburan ke luar negeri.

1. Pakai Wifi Gratisan!

Gunakan free wifi untuk berhemat paket data

Gunakan free wifi untuk berhemat paket data

Jika memang hanya berada dalam suatu negara selama satu hari saja, misalnya ketika hanya transit, rugi banget jika beli paket data lokal. Sebaiknya memanfaatkan fasilitas wifi gratis, terutama jika kalian pergi ke beberapa negara maju yang ada banyak wifi gratisnya seperti Korea, Singapura, dan Jepang.

Wifi gratis itu biasanya bisa didapatkan di sebagian besar tempat umum seperti Bandara, Stasiun Kereta, atau pun Mall. Namun jika memang tidak ada, cobalah cari cafe atau lobi hotel yang menyediakan wifi gratis. Bisa juga sambil memesan minuman jika memilih menggunakan wifi gratis di cafe. Cara ini juga efektif untuk berhemat paket data seluler di luar negeri.

 

2. Beli Paket Data Khusus Roaming Waktu Masih Di Indonesia

Salah satunya adalah XL Pass yang bisa digunakan lintas benua di 39 negara

Salah satunya adalah XL Pass yang bisa digunakan lintas benua di 39 negara

Memakai tips hemat internet di luar negeri yang ini, akan mempermudah kalian, terutama jika ingin pergi ke sebuah negara dimana bahasa inggris bukan bahasa utama. Tidak ada lagi kerepotan untuk mencari sim lokal setelah tiba ditujuan.

Salah satu yang bisa kalian pakai adalah menggunakan XL Easy Roaming dari operator XL. Untuk XL Easy Roaming sendiri terdapat tiga pilihan: Xl Pass, Combo Roaming dan XL Umroh. Jika kalian pergi ke luar negeri kurang dari 3 hari hingga satu bulan, menggunakan XL Pass Prabayar ini bisa menjadi pilihan.

Aktivasi roamingnya pun bisa dilakukan dengan mudah, baik selama masih di Indonesia atau ketika sudah berada di luar negeri. Selain itu XL Pass Prabayar ini bisa dipakai lintas benua, di 39 negara. Daftar negara yang bisa dipakai XL Pass bisa dilihat disini. Sementara itu kelebihan kalau kalian menggunakan XL Pass selama di luar negeri adalah sebagai berikut:

  • Jaringan pasti stabil, karena menggunakan operator lokal ketika roaming.
  • Bisa akses Youtube tanpa kuota.
  • Sisa kuota masih bisa dipakai ketika pulang ke Indonesia
  • Kuota dalam negeri bisa dipakai di Luar Negeri
  • Aktivasi paket bisa dilakukan di *123*747# atau dengan myXL apps, baik sebelum pergi atau
    sesudah berada di luar negeri.

Kalau sudah begitu, komunikasi dan koneksi di internet selama di luar negeri pasti lancar kalau menggunakan XL Pass bukan? Nah, kalau harganya di bawah ini ya:

  • IDR 150.000 untuk masa aktif selama 3 hari.
  • IDR 200.000 untuk masa aktif selama 7 hari.
  • IDR 350.000 untuk masa aktif selama 30 hari.

3. Nebeng Tethering Teman

Tethering smartphone teman bisa jadi salah satu cara hemat biaya internet selama di luar negeri

Tethering smartphone teman bisa jadi salah satu cara hemat biaya internet selama di luar negeri

Inilah salah satu manfaat traveling bareng teman. Kalian bisa berbagi banyak hal selain cerita dan kebahagiaan. Salah satunya adalah berbagi koneksi internet dengan tethering smartphone teman. Namun cara ini lebih cocok untuk dalam keadaan darurat.

Misalnya kalau memang paket data yang kalian miliki sudah habis, namun waktu kepulangan sudah dekat. Sementara itu membeli paket data yang baru tidak memungkinkan karena akan membuat budget internet selama traveling bertambah.

Pastikan untuk diskusi terlebih lanjut dengan teman kalian jika ingin tethering lebih lama. Mungkin jika memang sama-sama memerlukan paket data tambahan, bisa berbagi biaya pembelian paket data tambahan. Jangan sampai kalian berantem karena menggunakan tips hemat internet di luar negeri yang ini tetapi kurang diskusi dulu.

4. Sewa MIFI atau Beli Modem Wifi Untuk Dipakai Bersama

Gunakan mifi jika sharing bersama teman

Gunakan mifi jika sharing bersama teman

Online hemat waktu traveling salah satunya bisa dilakukan dengan menyewa MIFI atau Beli modem wifi. Cara ini adalah yang paling pas jika ingin traveling bersama teman. Selain itu dari awal memang ingin berbagi biaya paket data internet.

Jika ingin tetap di pakai di Indonesia, sebaiknya beli modem wifi yang bisa diisi dengan kartu dari berbagai negara. Bisa juga beli modem wifi lalu diisi dengan XL Pass. Atau jika memang tidak perlu beli, kalian bisa coba sewa kok sekarang ini.

5. Beli Sim Card Lokal Di Negara Tujuan

Beli Sim Card Lokal Di Negara Tujuan

Beli Sim Card Lokal Di Negara Tujuan

Membeli sim card lokal ini sangat direkomendasikan untuk yang pergi ke luar negeri lebih lama. Misalnya pergi lebih dari sebulan ke luar negeri. Kalau menggunakan fasilitas roaming pastinya biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal. Namun jika pergi kurang dari sebulan, menggunakan fasilitas roaming biaya yang dikeluarkan pasti lebih mahal.

Namun yang bikin malas kalau beli sim card lokal, adalah ribetnya bongkar pasang smartphone untuk mengganti sim card. Lebih ribet lagi kalau traveling di luar negerinya tidak lama, atau sebentar-sebentar pindah negara. Kalau begitu, lebih baik memilih cara lain agar online di luar negeri lebih hemat.

6. Aktifkan Aplikasi Penting saja

Gunakan aplikasi yang penting saja

Gunakan aplikasi yang penting saja

Jaman sekarang sudah makin canggih dengan kehadiran smartphone berbasis IOS dan Android. Itu berarti diimbangi dengan berbagai aplikasi di dalamnya yang mungkin tidak terpakai selama traveling, namun tetap menyedot paket data.

Nah, karena itu usahakan hanya mengaktifkan aplikasi penting yang diperlukan selama traveling di luar negeri. Misalnya untuk komunikasi hanya memerlukan BBM, Whatsapp atau Skype. Social media juga bisa dipilih seperti hanya mengaktifkan Instagram, Facebook, Twitter saja.

Aplikasi yang menyedot kuota seperti Youtube atau aplikasi lain yang tidak diperlukan sebaiknya di non-aktifkan saja paket datanya. Namun kalau kalian pake XL Pass, gak perlu repot menonaktifkan Youtube sih. Soalnya XL Pass bisa mengakses Youtube tanpa Kuota.

7. Ganti Smartphone Ke Flight Mode Jika Tidak Dipakai

Tips hemat internet di luar negeri paling sederhana: gunakan flight mode jika smartphone tidak dipakai

Tips hemat internet di luar negeri paling sederhana: gunakan flight mode jika smartphone tidak dipakai

Mengubah status smartphone ke flight mode adalah pilihan bijak. Terlebih lagi jika memang sedang tidak ingin menggunakannya untuk online. Soalnya, meski dalam keadaan tetap tidak dipakai, koneksi ke internet tetap aktif, dan penggunaan data tetap berjalan.

Nah, kalau dalam status flight mode, sudah pasti semua koneksi internet dimatikan. Tidak akan ada kejutan tiba-tiba kehabisan paket data, karena sistem update otomatis yang biasanya memakan banyak paket data internet. Ini adalah salah satu tips hemat internet selama traveling di luar negeri yang paling mudah.

8. Tips Hemat Internet Terakhir: Unduh Peta Offline

Unduh peta offline

Unduh peta offline

Traveling jaman sekarang makin dipermudah dengan keberadaan aplikasi peta untuk menunjukkan lokasi atau bernavigasi selama traveling. Masalahnya beberapa aplikasi peta itu menyedot paket data internet cukup banyak. Tentu itu akan membuyarkan semua tips hemat internet selama traveling di atas dong?

Nah, akan lebih baik kalian mengunduh aplikasi peta yang bisa digunakan secara offline. Jadi sebelum keberangkatan, kalian sebaiknya mengunduh data peta terlebih dahulu. Jadi ketika menggunakannya, tidak akan memerlukan paket data internet lagi. Salah satu aplikasi peta yang bisa diandalkan adalah Google Maps. Aplikasi ini sekarang sudah memiliki fitur peta offline.

 

 

Berbagi itu menyenangkan!

Tinggalkan Komentar

liburmulu
%d bloggers like this: