Ini Dia Alasan Kenapa Traveling Membuat Kalian Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

LiburMulu.Com – Banyak orang khususnya di Indonesia yang masih berpikir bahwa kegiatan traveling adalah kegiatan berfoya-foya atau membuang-buang uang secara percuma. Padahal, selain dapat merilekskan pikiran dan melepaskan penat dari rutinitas, traveling juga memiliki banyak manfaat lainnya. Karena bagaimanapun, manusia adalah bagian dari alam, sehingga insting untuk kembali pada alam tidak akan bisa untuk dihindari.

Salah satu tujuan traveling memang untuk mendapatkan sebuah kesenangan, menjelajah tempat-tempat baru dan menemukan kesenangan yang tak terduga di perjalanan, menemukan keindahan suatu negeri dan menikmatinya. Namun dibalik itu semua, terdapat banyak manfaat lain yang seseorang dapatkan dari kegiatan traveling. Manfaat yang dapat merubahmu menjadi pribadi yang lebih baik.

Apa sajakah itu?! Berikut manfaatnya!

1. Orang yang suka traveling akan sering menemui sebuah perbedaan, entah Suku maupun Agama. Sehingga membuatnya menjadi sosok yang begitu menghargai perbedaan

Orang yang suka traveling akan sering menemui sebuah perbedaan
Orang yang suka traveling akan sering menemui sebuah perbedaan (sumber)

Di dalam sebuah perjalanan tentu kalian akan menemukan banyak perbedaan, entah perbedaan fisik, bahasa, agama maupun gaya hidup di suatu destinasi. Seseorang yang sudah sering menemuinya, baik di dalam ataupun di luar negeri tentunya akan pula menerima sebuah kebaikan dari warga setempat yang mengabaikan perbedaan tersebut.

Hal itu membuat persepsi kita ikut berubah, bahwa perbedaan bukanlah hal yang patut untuk diributkan. Kita akan dibuat sadar bahwa sebuah perbedaan tidak dapat menghalangi siapapun untuk mendapatkan teman dan kerabat baru, dan membukakan mata bahwa sesungguhnya perbedaan adalah suatu anugerah yang patut untuk kita syukuri.

2. Traveling dapat menjadikan kalian pribadi yang mandiri dan tidak mudah bergantung pada siapapun

menjadi traveler mandiri (sumber)
menjadi traveler mandiri (sumber)

Seseorang yang sering melakukan perjalanan akan menuntutnya untuk mengandalkan diri sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Apalagi jika mereka adalah penyuka solo traveling yang melakukan perjalanannya hanya seorang diri.

Sikap mandiri tentunya akan sangat terasah, dengan cara menyusun itenerary sendiri, mengatur budget perjalanan dan melakukan riset destinasi seorang diri. Traveler yang mandiri tidak akan menggantungkan nasipnya pada orang lain, sehingga apapun resiko yang dihadapi mereka akan siap untuk menanggungnya tanpa menyalahakan pihak manapun.

3. Kegiatan traveling harus dilaksanakan secara disiplin, sehingga dapat melatihmu menjadi orang yang tepat waktu

Kegiatan traveling harus dilaksanakan secara disiplin, sehingga dapat melatihmu menjadi orang yang tepat waktu
Kegiatan traveling harus dilaksanakan secara disiplin, sehingga dapat melatihmu menjadi orang yang tepat waktu (sumber)

Jika seorang traveler tidak disiplin, tentu kegiatan traveling atapun jalan-jalan tidak akan bisa berlangsung dengan lancar. Ketika traveling disiplin waktu adalah hal utama yang harus dipatuhi, karena bagaimanapun matahari tidak bisa menunggu kehadiran seseorang untuk tenggelam.

Mulai dari jadwal keberangkatan tiket, lamanya perjalanan dan singgah dibeberapa tempat. Tentunya semua dibutuhkan perhitungan waktu yang tepat sehingga kalianpun dapat menikmati moment-moment penting seperti misalnya mengejar matahari terbit. Tanpa disadari kegiatan tersebut sudah melatih seseorang menjadi lebih disiplin dengan waktu.

4. Sosok yang suka traveling tentu tidak akan banyak mengeluh, sehingga kalian dapat hidup dengan santai dan tanpa tekanan

Hidup dengan santai tanpa tekanan (sumber)
Hidup dengan santai tanpa tekanan (sumber)

Orang-orang yan menyukai traveling umumnya sangat menyukai kebebasan, tidak betah berlama-lama untuk melakukan rutinitas yang sama apalagi hanya berada didalam kubikel kantor. Namun mereka tidak akan mengeluh dan diam saja, melainkan bergerak dan memikirkan ide-ide briliant yang akan melepaskannya dari rasa bosan.

Tentunya sifat semacam ini akan sangat berguna dalam melakukan rutinitas, sehingga kalian tidak akan mudah stress ketika menghadapi suatu masalah atau rasa bosan. Meskipun sedang disibukkan dengan pekerjaan dan masalah lainnya, mereka yang rajin traveling akan tetap bisa santai dan menyelesaikan masalahnya satu-persatu.

5. kalian yang sering traveling tidak akan gentar menghadapi tantangan, meskipun harus keluar dari zona nyaman demi mencapai sebuah mimpi

traveler tidak akan gentar menghadapi tantangan (sumber)
traveler tidak akan gentar menghadapi tantangan (sumber)

Seorang traveler adalah pribadi yang tidak suka hanya berdiam diri saja di zona nyaman yang mereka miliki. Mereka cenderung akan mencari sebuah tantangan dalam hidup demi mencapai sesuatu. Mereka tidak akan segan untuk meninggalkan rutinitas nyaman yang dimilikinya, meskipun ada banyak tantangan yang menanti didepan sana.

Tentuya hal ini akan sangat baik jika diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam hal berani untuk mencoba hal baru disuatu bidang profesi tertentu. Seorang traveler tidak akan ragu jika diminta mengerjakan banyak tugas menantantang yang diberikan kepadanya.

6. Karena di perjalanan akan menemui orang-orang baru, traveling dapat menempamu jadi pribadi yang ramah dan tidak kaku

Karena di perjalanan akan menemui orang-orang baru, traveling dapat menempamu jadi pribadi yang ramah dan tidak kaku
Karena di perjalanan akan menemui orang-orang baru, traveling dapat menempamu jadi pribadi yang ramah dan tidak kaku (sumber).

Banyak bepergian akan membuatmu bertemu dengan banyak orang-orang baru. Kegiatan yang sangat menarik bukan?! Maka kalian harus berusaha untuk mengenal mereka dan mengerti perbedaan yang mereka miliki. Semakin kalian bertemu dengan orang banyak, maka kalian akan semakin mampu untuk bersikap terbuka dan menerima bahwa tidak setiap orang itu punya karakter atau kepribadian yang sama.

Justru dengan semakin seringnya kalian traveling maka semakin banyak pula teman-teman baru yang akan kalian dapatkan. Itu semua akan melatihmu untuk menjadi orang yang ramah dan mudah untuk berbaur baik dengan orang lain ataupun dengan lingkungan sekitar.

7. Traveling juga dapat menjadikanmu pribadi yang solutif, tidak akan mudah panik ketika menghadapi masalah yang tak diprediksi

Traveling juga dapat menjadikanmu pribadi yang solutif, tidak akan mudah panik ketika menghadapi masalah yang tak diprediksi
Traveling juga dapat menjadikanmu pribadi yang solutif, tidak akan mudah panik ketika menghadapi masalah yang tak diprediksi (sumber)

Seringnya menghadapi suatu hambatan di dalam sebuah perjalanan, seperti misalnya tertinggal pesawat, dan lainnya, akan menjadikan kalian pribadi yang dituntut untuk cepat memiliki keputusan yang baik. Traveling juga akan mengasah kemampuan berpikir dan kreativitas dan membuat kalian cepat tanggap dalam menghadapi sesuatu.

Misalnya saja saat mendadak ada barang yang tertinggal atau dicuri dalam perjalanan. Mau tidak mau kalian akan berusaha memutar otak demi menemukan solusi untuk masalah tersebut. Dan jika kemampuan ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sudah pasti banyak keuntungan yang bisa kalian dapati.

***

Bagaimana.. Sudahkah kalian merasakan semua manfaat traveling yang ada diatas tadi?! Jika belum itu artinya kalian harus banyak-banyak melakukan perjalanan dan tetap konsisten dalam melalukannya. Selamat traveling dan berbagi kebaikan :)

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
5 Responses
  1. Fitri Siez

    Dan point satu lagi,membuat kita sangat bersyukur dan lebih religi bisa menikmati indahnya ciptaan tuhan,,dan semangat cari duit lagi buat nex tour hehehe

  2. Icon Curvasud

    Saya suka traveling,tpi harus nunggu berbulan2 bwat ngumpulin dana pergi nya tpi gpp demi hoby

%d bloggers like this: