Danau Kaolin Belitung, Salah Satu Keindahan Yang Melukai Bumi?!

LiburMulu.com – Danau Kaolin dapat dicapai dengan mudah yakni hanya sekitar 15 menit dari pusat kota Tanjung Pandan, sehingga kalian tidak akan menemukan kesulitan yang berarti untuk ketika mencarinya. Karena memang letak danau biru ini berada tepat di pinggir jalan. Jika kalian sempat melihat dari jendela pesawat ketika lepas landas di pulau ini, kalian pasti akan langsung menemukan banyak lubang-lubang putih dan biru yang tersebar, dan danau inilah salah satu lubang tersebut. Danau Kaolin.

Keindahan Danau Kaolin yang membuatnya fotogenic
Keindahan Danau Kaolin yang membuatnya fotogenic

Danau Kaolin merupakan sebuah danau yang memiliki warna pasir yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Namun jangan salah mengira, karena danau ini bukanlah berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey di Bandung. Pada kenyataannya, danau Kaolin merupakan lahan bekas pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan begitu saja.

Pengertian Kaolin sendiri adalah suatu mineral yang banyak digunakan sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, dan pasta gigi. Kaolin digemari penggunaannya karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantarlistrik. Meski belum diresmikan sebagai tempat wisata sehingga tidak ada tiket masuk, karena keindahan yang terlihat membuatnya banyak menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Belitung. Setiap harinya Danau Kaolin rutin dikunjungi oleh turis untuk sekedar mengabadikan gambar. (Baca Juga: Ingin Berlibur Dengan Sensasi Yang Berbeda?! Datang Aja Ke Taman Wisata Rawa Pening Di Ambarawa)

Danau Kaolin besar ketika siang hari
Danau Kaolin besar ketika siang hari
Danau Kaolin kecil yang berada di sisi kanan
Danau Kaolin kecil yang berada di sisi kanan

Danau Kaolin yang awalnya merupakan lokasi penambangan dan eksploitasi alam, kini berubah menjadi destinasi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, jika ingin menemukan tempat yang indah dan bersanding langsung dengan mirisnya alam sekitar yang dirusak. Danau Kaolinlah jawabannya. Makadari itu, banyak yang menyebut bahwa Danau Kaolin merupakan salah satu bentuk dari keindahan alam yang melukai bumi.

Meskipun penampakannya mirip dengan Danau Kawah Putih Ciwidey di Bandung, namun nuansa serta udara sangatlah jauh berbeda. Karena udara di Danau Kaolin ini tidaklah sedingin dan sesejuk Kawah Putih Ciwidey, keadaannya jauh lebih terik dan panas akibat tanah putihnya yang begitu putih dan kering. Temperatur udarapun terkesan menjadi lebih panas dibanding dengan tanah biasa pada umumnya. (Itinerary Liburan Sabtu – Minggu Ke Belitung)

Pada kenyataannya, keindahan Danau Kaolin yang menyakitkan ini tetaplah memiliki daya pikat yang sangat tinggi. Terlebih bagi kalian yang memiliki hobi photography, Danau Kaolin merupakan tempat yang sangat fotogenic sehingga paling cocok untuk mencari obyek-obyek yang dapat dishoot. Perpaduan warna biru airnya serta dinding-dinding batu yang berwarna putih yang seakan seperti salju, menjadi perpaduan warna yang sangat menakjubkan. Tidak heran jika tempat ini sering digunakan sebagai tempat lokasi prewed bagi pasangan muda.

Terdapat mesin yang masih melakukan aktifitas menambangan
Terdapat mesin yang masih melakukan aktifitas menambangan
Tumpukan Kaolin yang menjulang tinggi
Tumpukan Kaolin yang menjulang tinggi
Meskipun belum resmi sebagai tempat wisata, danau ini selalu dikunjungi turis
Meskipun belum resmi sebagai tempat wisata, danau ini selalu dikunjungi turis
Papan larangan untuk berenang
Papan larangan untuk berenang

Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Kaolin adalah ketika waktu pagi hari ataupun sore hari, akan lebih nyaman diwaktu tersebut, alasannya untuk menghindari panas dan teriknya matahari yang terpantul dari berbagai sisi dikarenakan tidak adanya pepohonan yang tumbuh lebat disekitar danau. Terdapat larangan untuk berenang atau bermain air, karena unsur mineral yang terkandung bisa saja membahayakan diri kalian. Keep safety, keep traveling!

More info untuk yang ingin berlibur ke Belitung, hubungi!
?/wa: 085811733616
?: info.wanatour@gmail.com
?: www.wanatour.co

 

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
1 Response
  1. Gustav Ari Pamula

    Kebanyakan anak alay yg buang sampah sembarangan, besok2 bawa tmpt sampah kalo mau pergi, kalo ga luu telen tuh sampah luu sendiri

%d bloggers like this: