Bukit Kosakora, Tempat Asik Untuk Camping Ceria Di Jogja!

Ada orang yang mengenalnya sebagai Bukit Kosakora, ada juga yang mengenalnya dengan Puncak Kosakora. Yang jelas buat kalian yang ingin menikmati wisata di Jogja dengan gaya petualang, berkunjunglah ke Bukit kosakora. Kawasan wisata yang berada di Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul ini terletak di atas Pantai Ngrumput, diapit Pantai Drini dan Pantai Krakal.

Puncak Kosakora atau Bukit Kosakora ini memang indah. Karena tempat ini menyuguhkan keindahan Pantai Drini dan Pantai Kukup sekaligus. Tidak cuma itu saja. Di sana kamu pun akan dapat menyaksikan keindahan Mercusuar Pantai Baron. Kurang seru apa lagi coba? Sebaiknya sih kamu berkunjung ke tempat ini bersama teman ya. Biar makin seru liburannya!

Puncak Kosakora atau dikenal juga dengan nama Bukit Kosakora @anthonyleonardhutagaol
Puncak Kosakora atau dikenal juga dengan nama Bukit Kosakora @anthonyleonardhutagaol

Nah, sudah pensaran ingin kesana? Sebaiknya kamu baca sampai selesai dulu tulisan ini!

Asal Mula Puncak Kosakora AKA Bukit Kosakora

Mungkin nama Kosakora terdengar agak aneh menurutmu. Memang, sebenarnya penduduk setempat mengenalnya dengan nama Bukit Ngrumput, karena pantai berbentuk bukit ini memang ditumbuhi rerumputan. Pantai Ngrumput alias Kosakora ini menghadap Samudera Hindia.

Sampai seorang traveller singgah di kawasan puncak bukit yang mencapai ketinggian 50 meter DPL ini, lalu mengunggahnya di akun media sosial, dan ternyata menjadi viral. Hingga kini, nama Kosakora lebih dikenal oleh orang-orang, dibanding nama asli pemberian penduduk setempat.

Orang mengenal tempat ini sebagai Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora. Pun dua nama tersebut adalah sama via @marushanabira
Orang mengenal tempat ini sebagai Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora. Pun dua nama tersebut adalah sama via @marushanabira

Bukit Ngrumput, atau Bukit Kosakora merupakan pantai yang menghadap Samudera Hindia. Kalau biasanya kamu mengunjungi pantai yang datar dan berpasir, mungkin ketika mengunjungi bukit berumput yang langsung menghadap lautan lepas ini, kamu akan merasakan sesuatu yang unik. Namun melihat aktivitas seru pada Puncak Kosakora , pastinya camping beramai-ramai dengan pengunjung lainnya merupakan ide yang bagus, bukan?

Fasilitas di Kawasan Wisata Ini

Sebagai kawasan wisata, kamu bisa berkunjung ke kawasan ini bersama beberapa orang teman untuk bersantai dan berpetualang. Ya, semi petualangan, karena di kawasan perbukitan ini kalian bisa menikmati aktivitas berkemah. Bayangkan saja, mendaki bukit lalu menyewa tenda dan mendirikannya, lalu melakukan aktivitas yang merilekskan seperti ngopi dan mengobrol atau apapun, menunggu sore tiba untuk menikmati suasana saat sunset.

Kalau kamu mau camping di salah satu tempat wisata di Jogja ini, sebaiknya bersama teman akan lebih seru via @ajengfitri19
Kalau kamu mau camping di salah satu tempat wisata di Jogja ini, sebaiknya bersama teman akan lebih seru via @ajengfitri19

Toilet

Yang jelas, kawasan ini tetap menyediakan fasilitas, agar semuanya tetap dijamin lancar. Di kawasan ini disediakan beberapa toilet umum, termasuk untuk kamu yang baru saja selesai berenang di laut. Menggunakan jasa toilet, kamu diharuskan membayar. Namun keuntungannya adalah kamu tidak harus mengantri lama karena toilet yang disediakan bukan hanya satu.

Area Voli Pantai

Untuk kamu yang ingin berolahraga bersama teman-teman, bola voli pantai merupakan aktivitas yang menyenangkan, pastinya. Di kawasan wisata ini disediakan area untuk bermain voli pantai yang cukup luas. Kamu tinggal menyediakan bola voli karena lapangan dengan net sudah tersedia.

Senja dari Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora ini memang menawan @rifkindri.10
Senja dari Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora ini memang menawan @rifkindri.10

Warung Makan Sederhana

Nah, ini jelas sesuatu yang penting. Di sini kamu tidak perlu khawatir, karena kamu dan teman bisa segera makan ketika lapar setelah melakukan aktivitas bermain voli atau berenang.

Penginapan

Untuk kamu yang menginap, jika merasa kurang nyaman bermalam di dalam tenda, di kawasan ini terdapat penginapan yang cukup bersih dan nyaman. Tidur di kawasan pantai, kamu akan mendengarkan deburan ombak selama malam sepi.

Mushola

Untuk kamu yang ingin menjalankan ibadah sholat juga jangan khawatir tidak ada tempat.

Rute Cara Menuju Bukit Wisata Kosakora

Kamu bisa camping di Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora ini ya @dimasrevano.ap
Kamu bisa camping di Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora ini ya @dimasrevano.ap

Mengenai rute dari Kota Jogja, jarak tempuh yang dibutuhkan adalah 75 km. Ada beberapa rute yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Melalui Bantul. Rute yang harus kamu lalui yaitu: Bantul – lewat Parangtritis – Panggang – Saptosari – Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Drini. Atau kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Bukit Kosakora/Puncak Kosakora di Google Maps disini.

Tiba di Pantai Drini, parkirlah kendaraan kemudian lanjutkan perjalanan dengan trekking hingga sampai di puncak bukit.

  • Melalui Piyungan: Jogja – Piyungan – Pathuk – Gading – Wonosari – Pantai Baron – Pantai Drini.

Sama dengan rute sebelumnya, parkirlah kendaraanmu di Pantai Drini, lalu trekking hingga ke puncak.

Tiket Masuk Bukit Kosakora

Bukit Kosakora buka terus selama 24 jam. Untuk masuk kawasan ini kamu perlu membayar tiket Rp2.000 per orang, sementara di Pantai Baron menuju bukit ini kamu juga akan menghadapi loket untuk membayar Rp10.000 per orang. Tiba di Pantai Drini, untuk parkir kendaraan tentu saja kamu perlu membayar Rp2.000 untuk motor, atau Rp5.000 untuk mobil.

Beda lagi kalau kamu memang berniat untuk camping. Setiap pengunjung yang camping dikenakan retribusi lagi sebesar Rp10.000. Namun bagi kamu yang suka dan sudah siap dengan segala kelengkapan, cara ini tentu lebih irit dari menyewa hostel terdekat. Pun tarif camping di Bukit Kosakora ini tak terlalu mahal sih.

Tips Liburan di Kawasan Bukit Kosakora

Tips berikut ini akan berguna buat kalian yang ingin menghabiskan liburan dengan camping di salah satu tempat wisata Jogja yang super keren ini! Simak baik baik ya tipsnya!

Jadi liburan selanjutnya mungkin kamu akan camping disini via @skova_trans
Jadi liburan selanjutnya mungkin kamu akan camping disini via @skova_trans
  • Kalau kamu memang berminat mencari suasana yang beda di Puncak Kosakora, sebaiknya pilih hari Senin – Jumat, dibanding Akhir Pekan atau liburan yang sudah pasti padat pengunjung.
  • Bawalah bekal yang cukup. Seperti camping di kawasan hutan, bawalah pakaian yang menunjang agar kamu tidak kedinginan pada malam hari. Bawa pula kelengkapan lain, seperti lotion anti nyamuk, obat-obatan yang penting, termasuk bekal makanan kering selain makanan kalengan. Adanya warung tidak menjamin selalu buka. Lebik baik lakukan antisipasi.
  • Bawa pula dana secukupnya; jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak.
  • Pilih alas kaki yang sangat menunjang aktivitas. Selain kuat, nyaman di kaki dan tidak licin menghadapi lingkungan out-door.
  • Pastikan kamu dan kendaraan dalam kondisi fit.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: