Pantai Ngrumput, Pantai yang Wajib Dicoba Bagi yang Suka Camping

Camping di kawasan pantai memang sudah mulai marak terutama beberapa tahun belakangan ini. Kalau kamu ingin camping di kawasan pantai dengan pemandangan menghadap ke Samudera Hindia, Pantai Ngrumput adalah salah satu pilihan yang menarik buat kamu yang ingin mengunjungi wisata pantai di Yogyakarta.

Selain bisa memandang ke laut lepas yang luas, pemandangan pantai ini sendiri cukup unik dan bagus. Meskipun namanya Ngrumput, ternyata kamu akan menemukan hamparan pasir putih dengan karang-karang yang tertebar, serta barisan tebing, lorong goa dan karang bolong yang melengkapi keindahan alam pantai yang alami. Pada barisan tebing yang luas itu, para wisatawan yang menginap memasang tenda mereka di sana.

Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah bukit dengan ketinggian hingga 50 meter DPL. Dari atas bukit dengan nama Kosakora ini kamu bisa melihat pemandangan indah yang luas, termasuk menyaksikan pemandangan Pantai Ngrumput yang lokasinya tersembunyi di balik bukit dan tebing itu. Nah, selain di atas tebing tadi, Bukit Kosakora ini juga dimanfaatkan pengunjung untuk memasang tenda mereka.

Dengan camping di atas tempat yang cukup tinggi, selain terhindar dari air pasang naik atau dapat angle yang bagus untuk melihat-lihat dan berfoto, apa lagi coba, yang menarik bagi penggemar kegiatan di alam terbuka ini? Yang jelas, dengan berkemah kamu punya waktu yang leluasa untuk menikmati langit saat matahari terbit dan terbenam, dari sisi timur dan sisi barat.

Pantai Ngrumput, Pantai yang Wajib Dicoba Bagi yang Suka Camping! via @suga7098
Pantai Ngrumput, Pantai yang Wajib Dicoba Bagi yang Suka Camping! via @suga7098

Jadi, buat kamu yang sempat camping bareng beberapa teman, kenapa tidak mencobanya saja? Soal ketersediaan tenda, kamu bisa membawa sendiri atau menyewa dengan biaya yang cukup terjangkau. Bersama beberapa teman kamu bisa memasang api unggun. Apalagi, di sini cukup banyak warung yang menjual makanan dan minuman. Penduduk yang mengelola kawasan ini juga menyediakan sarana seprti MCK, dan peralatan penting lain seperti lentera.

Cara Pergi Ke Pantai Ngrumput, Harga Tiket Masuk Ke Pantai Ngrumput

Pantai ini berlokasi di Desa Ngetisrejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Drini akan mempermudah kamu dalam pencarian lokasi, karena pantai ini memang tak jauh, hanya berjarak sekitar 800 meter di sebelah timur Pantai Drini.

Berenang adalah salah satu aktifitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Ngrumput. via @gawulwekwek25
Berenang adalah salah satu aktifitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Ngrumput. via @gawulwekwek25

Berangkat dari Stasiun Yogyakarta, kamu mengarahkan kendaraan ke arah Pantai Drini atau Pantai Baron, sebagai pantai pertama di kawasan wisata pantai Gunungkidul ini. Dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan, setiba di Pantai Baron kamu akan tiba di Pos Retribusi dan membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang. Kemudian lanjutkan perjalanan sampai Pantai Drini untuk parkir dan melanjutkan perjalanan dengan berjalankaki.

Alternatif jalan kaki bisa melalui pinggir pantai dengan waktu sekitar 15-20 menit, atau melalui bukit-bukit yang agak memutar, sekitar 45 menit. Meskipun lebih lama, tapi melalui bukit-bukit kamu tak perlu menghadapi risiko terkena air laut pasang.

Kalau penat dengan suasana kota, kamu bisa camping di Pantai Ngrumput Gunungkidul Jogja. via @jogjakartaid
Kalau penat dengan suasana kota, kamu bisa camping di Pantai Ngrumput Gunungkidul Jogja. via @jogjakartaid

Sangat disarankan kepada para wisatawan untuk menggunakan sepatu yang tidak licin, mengingat jalan setapak yang akan kamu lewati ini berbatu-batu, dan jika hujan akan menjadi licin.

Tips Wisata Ke Pantai Ngrumput

Berikut ini adalah beberapa tips wisata ke Pantai Ngrumput yang akan berguna buat kunjunganmu ke pantai ini selanjutnya.

Senja dari Pantai Ngrumput cantik luar biasa. via @anisarwosih
Senja dari Pantai Ngrumput cantik luar biasa. via @anisarwosih
  • Sebenarnya membawa tenda sendiri tidak ada salahnya, untuk mencegah kehabisan persediaan. Lagipula kondisi tenda pribadi tentu lebih bisa kamu jamin. Bawa pula segala kelengkapan, seperti sabun muka, tissue dan perlengkapan mandi, juga obat-obatan dan pakaian hangat untuk malam hari.
  • Tiba di kawasan saat hari masih terang, tentu kamu butuh perlengkapan seperti sunglass dan topi. Begitu juga untuk antisipasi keadaan hujan, sebaiknya payung sedia selalu.
  • Tidak ada salahnya kalau kamu banyak bertanya tentang apa saja yang harus diperhatikan selama menginap di kawasan Pantai Ngrumput kepada pengelola atau penduduk setempat.
  • Camping bersama keluarga dan anak usia sekolah juga melatih kemampuan bersosialisasi si anak, agar lebih berani dan bijak. Selain itu juga bagus untuk mengasah kepekaan mereka terhadap orang lain dan alam.
  • Ponsel bukan cuma penting untuk foto-foto di lokasi yang keren, tapi juga penting untuk keadaan darurat. Isi penuh baterai ponsel dan powerbank sebelum berangkat!
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: