Pantai Seruni, Pesona Alami Jogja Yang Tersembunyi

Satu lagi pantai di jajaran Kabupaten Gunungkidul yang mungkin kurang hits di kalangan wisatawan lokal, Pantai Seruni. Pantai ini sebenarnya bukannya kurang indah. Justru berkat perbukitan yang indah, suasana di pantai ini tampak menawan. Tapi mungkin pantai ini kalah saing dibanding pantai-pantai seperti Indrayanti atau Parangtritis karena medan yang harus ditempuh sedikit sulit. Atau karena pantai ini terletak di tengah-tengah tebing tinggi, yang membuatnya seolah-olah tersembunyi dari dunia.

Menurut artinya, seruni adalah emas. Mengenai asal nama Seruni, tak jelas bagaimana kaitannya. Karena itu, orang hanya bisa mengira, bahwa emas yang dimaksud adalah karena pantai ini sudah menjadi sumber pendapatan utama dari sebagian penduduk, yaitu tempat mereka berjualan. Selain itu, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Seruni.

Sebenarnya, tak ada salahnya mencoba datang ke kawasan pantai ini. Apalagi kalau kamu mengaku penggemar wisata pantai, atau pecinta alam. Melalui media sosial, sudah banyak traveller yang mengunggah foto-foto saat mereka menikmati alamnya yang mempesona. Dengan pasir putihnya yang luas, di atas pantai ini kamu bisa melakukan permainan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan badan, seperti olahraga voli pantai.

Tak hanya bermain olahraga rekreasi, di lokasi Pantai Seruni ini kamu juga bisa camping untuk menikmati malam dan kegiatan di alam terbuka. Sore harinya kamu bisa menunggu sunset dengan cahayanya yang keemasan dan pagi-pagi sekali kamu bisa menanti sunrise sambil berolahraga atau menyiapkan teh pagi. Menyadari bahwa kamu sedang bersahabat dengan alam, mungkin kamupun akan makin antusias menyambut pemandangan yang keren, dan tak lupa mengabadikannya melalui kamera ponsel.

Pantai Seruni, Pesona Alami Jogja Yang Tersembunyi! via @vitha_chu
Pantai Seruni, Pesona Alami Jogja Yang Tersembunyi! via @vitha_chu

Namun, bagaimanapun kamu tetap perlu berhati-hati saat menyesuaikan diri dengan alam. Seperti yang mungkin bisa kamu saksikan juga di Pantai Seruni, yaitu pasang surutnya air laut. Selain harus mendirikan tenda di lokasi yang tepat agar tak terganggu air pasang, alangkah bijaksananya kalau kamu memperhatikan panduan yang disampaikan pengelola dan tim SAR, seperti tidak nekat berenang agar tak hanyut terbawa air pasang.

Yang unik dari pantai ini adalah adanya air terjun dengan panorama menyegarkan. Terlebih pada musim penghujan, akan banyak air yang mengalir dari celah tebing.

Lokasi Pantai, Cara Pergi Ke Pantai Seruni

Kamu bisa camping di Pantai Seruni Jogja ini! via @kookoari
Kamu bisa camping di Pantai Seruni Jogja ini! via @kookoari

Pantai ini berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten gunungkidul, yogyakarta. Jaraknya sekitar 70 km dari Jogja. Untuk datang ke lokasi ini dari Kota Jogja, kamu bisa lewat Wonosari ke arah Pantai Baron, mengikuti penunjuk arah yang banyak kamu temukan di jalan. Lalu arahkan kendaraanmu ke Pantai Kukup, kemudian melalui Pantai Krakal, Pantai Indrayanti, hingga tiba di Pantai Seruni. Alternatifnya, kamu juga bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Seruni di Google Maps disini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Seruni

Senja di Pantai Seruni Jogja Nggak kalah seksi dengan pantai lainnya! via @sanubarirahmani
Senja di Pantai Seruni Jogja Nggak kalah seksi dengan pantai lainnya! via @sanubarirahmani

Seperti tiket ke kawasan wisata alam lainnya di Yogyakarta ini, tiket masuk kawasan pantai ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp3.000 per orang. Dengan tiket ini kamupun bisa menyusuri pantai-pantai lain di sekitar pantai ini, di kawasan Gunungkidul. Tarif tersebut tentu belum termasuk parkir kendaraan, sebesar Rp2.000 untuk motor, sedangkan untuk mobil kamu perlu membayar parkir Rp5.000.

Tips Wisata Ke Pantai Seruni

Berikut ini adalah beberapa tips wisata ke Pantai Seruni yang bisa kamu gunakan untuk kunjunganmu selanjutnya.

Ciri khas keindahan Pantai Seruni ini adalah pasir putihnya yang cukup luas! via @jogjakartaid
Ciri khas keindahan Pantai Seruni ini adalah pasir putihnya yang cukup luas! via @jogjakartaid
  • Bersahabat dengan alam! Sebaiknya siapkan tempat membuang sampah sementara, seperti kantong plastik jika kamu belum menemukan tong sampah.
  • Sebelum bersepakat camping bersama teman-teman, sebaiknya perhatikan cuaca agar acara yang sudah kalian gagas tak terhambat karena hujan.
  • Sebaiknya tak usah menantang ombak demi selfie kalau yakin tidak bisa berenang melawan arus.
  • Menghadapi medan pantai dengan karang di beberapa spot, gunakan sepatu yang nyaman di kaki, kuat, dan tidak licin.
  • Dengan daya baterai yang penuh pada ponsel, kamera dan powerbank, kamu bukan saja bisa meng-update media sosial dengan foto-foto yang bikin iri teman, tapi juga memperlengkapi diri waktu harus menelepon karena kondisi darurat.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: