Pantai Watunene, Pantai dengan Tebing Karst yang Kokoh

Pantai Watunene, Pantai dengan Tebing Karst yang Kokoh
5 (100%) 19 votes

Beach lovers, kamu ingin liburan ke Bali tapi belum sempat? Wah, kenapa nggak mencoba kunjungi pantai-pantai di Yogyakarta? Jogja punya banyak sekali pantai yang indah dan unik, yang sangat layak untuk kamu kunjungi. Salah satunya adala Pantai Watunene, yang berada di Kabupaten Gunungkidul.

Gunungkidul memang terkenal dengan koleksi pantainya. Pantainya menghadap ke Samudera Hindia, sehingga kamu akan menyaksikan laut yang sangat luas, dengan deburan ombaknya yang khas. Begitu halnya dengan pantai yang satu ini, yang sangat asli. Salah satu pantai perawan di Yogyakart deh!

Pantai Watunene adalah pantai di Yogyakarta yang berada di bawah tebing karst yang kokoh! via IG @andri_yantoo
Pantai Watunene adalah pantai di Yogyakarta yang berada di bawah tebing karst yang kokoh! via IG @andri_yantoo

Uniknya Pantai Watunene

Pantai yang letaknya di antara Pantai Seruni dan Pantai Poktunggal ini belum begitu ramai. Kamu akan sangat menikmati deburan ombak dengan suaranya yang menguasai sepinya suasana pantai ini. Sepertinya memang belum begitu terkenal. Mungkin juga karena aksesnya yang tidak begitu mudah. Namun, kamu bisa datang ke lokasi pantai yang unik ini dengan motor.

Keunikan pantai ini ada pada tebing yang tidak jauh dari bibir laut. Kamu bisa naik ke atas tebing karst melalui jalan setapak yang menanjak. Dari atas tebing, seolah-olah kamu sedang berada di atas sebuah bangunan benteng yang kokoh menghadap pantai berpasir putih dan bersih. Kamu bisa menyaksikan lautan yang sangat luas, tapi tidak bisa menyentuh perairannya. Dan tebing ini adalah lokasi strategis ketika sunset tiba, karena dari bawah sunset justru terhalang tebing yang tinggi ini.

Kalau mau ke pantai Watunene, harus mau capek dikit ya! via IG @yuli_maseko
Kalau mau ke pantai Watunene, harus mau capek dikit ya! via IG @yuli_maseko

Siang hari, dengan turun ke pantai kamu bisa bermain-main di pinggir pantai, dan merasakan bentangan pantai yang lebih lebar dari atas. Pengunjung dilarang bermain air terlalu ke tengah, karena ombak pantai yang bergulung-gulung bisa menyeret orang ke dalam arusnya. Tapi pengunjung diijinkan memancing ikan.

Selain memancing, di pantai ini biasanya pengunjung berfoto dengan latar ombak, beach camping baik di atas atau di bawah tebing, bermain bola pantai atau sekadar instirahat di atas hammock.

Kamu bisa bersantai dengan hammock seperti ini di Pantai Watunene Jogja! via IG @mayad3wi
Kamu bisa bersantai dengan hammock seperti ini di Pantai Watunene Jogja! via IG @mayad3wi

Bicara mengenai fasilitas, sayangnya pantai ini memang masih sangat alami. Untuk kebutuhan MCK, kamu bisa pergi ke pantai sebelah di balik tebing. Dan untuk keperluan makanan dan minuman, sangat dianjurkan untuk membawa dalam jumlah yang cukup, karena jarak menuju warung makan lumayan jauh.

Cara Pergi Ke Pantai Watunene Jogja

Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kecamatan Tepus ini bisa kamu tempuh dari kota Yogyakarta selama sekitar 2 jam. Rutenya yaitu, dari Ringroad Jl. Wonosari mengarah ke Sampaan, menuju Playen.

Dari Playen, arahkan kendaraan ke Pasar Wonosari. Sebelum Polres Wonosari belok kanan menuju Jl. Baron,  lalu ke pertigaan Mulo. Di pertigaan Mulo belok ke kiri menuju Tepus. Di pertigaan Tepus, ambil ke kanan menuju kawasan pantai.

Kalau mau ke pantai Watunene, harus mau capek dikit ya! via IG @yuli_maseko
Kalau mau ke pantai Watunene, harus mau capek dikit ya! via IG @yuli_maseko

Nah, setelah membayar retribusi di bagian TPR ini wisatawan harus berusaha mencapai kawasan pantai  dengan sedikit bertualang, yaitu menempuh jalan setapak berbatu yang membuat laju kendaraan tidak mulus. Lagipula jalan setapak yang kamu lalui cukup sempit.

Kalau kamu datang setelah hujan, pastinya jalanan berbatu ini jadi licin sehingga kamu harus ekstra hati-hati. Tapi di situ letak seninya. Kamupun dituntut berani bertanya pada penduduk setempat mengenai rute yang harus kamu lewati.

Untuk lebih memudahkan, mungkin kalian bisa menggunakan aplikasi peta digital. Salah satu yang bisa diandalkan adalah Google Maps. Untuk petunjuk lokasi dari Pantai Watunene di Google Maps bisa dilihat disini.

Harga Tiket Masuk Pantai Watunene Jogja

Retribusi di pantai ini Rp10.000 per orang, tapi berikutnya kamu akan ditagih lagi Dana Sukarela untuk memasuki Pantai Seruni, dan Pantai Poktunggal seikhlasnya.

Siapa sih yang nggak mau liburan santai seperti ini! via IG @rony_sions
Siapa sih yang nggak mau liburan santai seperti ini! via IG @rony_sions

Tips Wisata Ke Pantai Watunene Jogja

  • Untuk liburan bersama teman atau saudara, sebaiknya pikirkan dulu apa yang akan kalian lakukan di sini selain menikmati suasana! Pantai ini cukup besar dan nyaman untuk melakukan apapun, baik itu camping, memancing, bakar ikan, atau bersenang-senang dengan berolahraga atau nyanyi-nyanyi dengan gitar.
  • Bawa makanan dan minuman yang cukup, kamera dan ponsel dengan baterai penuh!
  • Seberapa repotnya acara camping atau bakar ikan, jangan tinggalkan sampah, baik sampah plastik atau sampah makanan yang bisa menyebabkan Pantai Watunene kotor dan bau, ya! Kumpulkan sampah dalam satu tempat untuk dibuang di tong sampah adalah cara terbaik.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: