Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Tempat Rekreasi dan Camping

Rate this post

Selain dengan menikmati suasananya dan berwisata kuliner di sekitar pantai, sebenarnya kawasan pantai juga bisa dimanfaatkan untuk camping bermalam, seperti yang sering dilakukan komunitas seperti Pramuka. Tapi tentu tidak di semua pantai. Untuk kawasan Gunungkidul, Yogyakarta, kamu bisa camping di Pantai Watu Kodok.

Pantai yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Drini ini memiliki pemandangan yang masih asri, dan sangat pas dengan selera pecinta alam. Selain itu, untuk kaum muda yang menyukai petualangan, camping di kawasan perkemahan ini tak perlu khawatir, karena kawasan pantai ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi yang memadai dan lahan parkir yang luas. Mengenai keamanannya, ternyata warga sekitar selalu melakukan ronda berkeliling. Jadi, cukup membantu bagi yang sedang melakukan kegiatan api unggun dan beristirahat malam hari.

Sebenarnya pantai di Jogja yang ini bukan hanya cocok untuk camping. Pada hari kerja, di mana sebagian besar orang mengerjakan rutinitas bekerja atau sekolah, pantai ini sangat tenang karena sepi pengunjung. Buat kamu yang mencari tempat untuk berdiam diri sekaligus mencari inspirasi, pantai ini sangat cocok, tentunya! Di mana kamu bisa memanfaatkan gazebo, atau warung makan sebagai tempat duduk-duduk dan menikmati makanan laut.

Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Tempat Rekreasi dan Camping! via @pantai.jogja
Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Tempat Rekreasi dan Camping! via @pantai.jogja

Cara Pergi Ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Mungkin kamu sendiri sudah menduga, bahwa asal nama pantai ini adalah batu yang berbentuk mirip kodok. Di kawasan sepanjang pantai ini memang terdapat karang yang cukup terjal, dan bongkahan karang dengan bentuk yang mirip kodok. Karang terjal di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri yang memperkuat kesan natural pemandangan di sini.

Cara Pergi Ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul! via @ressastra
Cara Pergi Ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul! via @ressastra

Pantai ini tepatnya ada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Kota jogja, butuh waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dengan kendaraan pribadi. Untuk mencapainya, kamu bisa melalui Jl. Wonosari ke arah Piyungan, lalu ke arah Jl. Baron lewat Patuk dan Wonosari. Lalu dari Jl. Baron menuju Tepus. Dari sana, kamu akan melalui pintu masuk timur ke kawasan pantai.

Setelah itu kamu akan melalui Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Drini sampai akhirnya tiba di Pantai Watu Kodok. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Watu Kodok Gunungkidul di Google Maps disini. Jadi jangan takut nyasar lagi kalau liburan ke salah satu pantai di Jogja yang cantik ini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul! via @desiambar.sari
Harga Tiket Masuk Ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul! via @desiambar.sari

Untuk masuk kawasan pantai ini setiap pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp3.000, dan biaya parkir sebesar Rp3.000 (motor) atau Rp5.000 –Rp10.000 (mobil). Ini tentu di luar dari biaya tambahan kalau kamu ingin camping bermalam, yaitu sebesar Rp5.—-Rp10.000 per orang.

Harga tiket ini tentu sudah sangat wajar, mengingat fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola pantai cukup lengkap, dan setiap malam pantai ini memberdayakan penduduk yang diperlukan menjaga kawasan perkemahan.

Tips Wisata Ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Di Pantai Watu Kodok Gunungkidul ini kamu bisa berburu banyak foto bagus! via @jogja.istimewa
Di Pantai Watu Kodok Gunungkidul ini kamu bisa berburu banyak foto bagus! via @jogja.istimewa
  • Untuk berkemah, selain perlengkapan tenda, kamu perlu membawa segala perlengkapan pribadimu. Mulai dari obat-obatan, sabun, pakaian hangat untuk malam hari dan uang secukupnya saja. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman secukupnya.
  • Isi penuh daya baterai ponsel, kamera dan powerbank untuk mendukung aktivitas outdoor.
  • Patuhi aturan di sepanjang kawasan camping dan garis pantai. Ikuti aturan yang sudah ditetapkan tim SAR setempat demi keselamatan. Sebaiknya mendirikan tenda di tempat yang cukup jauh dari pinggir pantai.
  • Memperhatikan cuaca juga sangat penting, karena jika sedang musim hujan tentu kegiatan berkumpul dengan api unggun akan berganti dengan tidur semalaman saja, yang lebih baik dilakukan dalam rumah.
  • Selain bersosialisasi dengan komunitas, berkemah juga semestinya meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencintai dan menjaga alam agar tidak rusak. Hal ini tentu perlu kalian ekspresikan, salah satunya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: