Pantai Sanglen untuk Kamu yang Butuh Ketenangan

Mau liburan ke Pantai Sanglen? Terkadang, kawasan wisata yang ramai sekali justru kurang mengasyikkan untuk jalan-jalan mengisi waktu berlibur. Justru, kalau sebuah tempat wisata itu agak sepi, atau bahkan hening dan tenang sekali, tempat itu membawa inspirasi baru buat orang yang sedang merilekskan pikirannya dari ketegangan atau rutinitas yang monoton.

Lalu, tahukah kamu Pantai Sanglen? Salah satu dari jejeran pantai di selatan Jawa, di Kabupaten Gunungkidul, yang seolah kurang viral sehingga keadaannya relatif sepi. Pantai ini termasuk bersih dan suasananya sangat nyaman. Apalagi saat kamu menyaksikan sunset dari bukit yang ada di kawasan ini.

Buat kamu yang pada dasarnya suka bergerak, akses jalan kaki untuk sampai ke pantai ini memang harus kamu tempuh karena aksesnya yang tak memungkinkan untuk kendaraan.

Untuk berjalan lewat karang-karang di pinggir pantai, pilihannya adalah pada saat keadaan laut tenang bahkan surut. Letak karang yang tak beraturan tentu cukup berbahaya kalau harus dilewati saat air pasang naik. Sementara untuk berjalan lewat akses sawah dan tanaman liar, kamu akan mengitari bukit dengan pemandangan yang alami selama sekitar 15 menit.

Pantai Sanglen untuk Kamu yang Butuh Ketenangan! via @yudadm
Pantai Sanglen untuk Kamu yang Butuh Ketenangan! via @yudadm

Pantai Sanglen yang hening ini punya ciri khas adanya gubuk tua di tengah hamparan pasir putihnya, yang ternyata adalah menyimpan alat pancing penduduk setiap selesai memancing. Selain itu, di sisi kiri pantai ini kamu akan menyaksikan batu karang besar yang menambah kealamian pantai ini.

Ombak di pantai ini ternyata cukup besar. Bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan ombak di pantai lain di sekitar Gunungkidul. Pantainya juga cukup curam sehingga kamupun sangat dianjurkan untuk hati-hati kalau masih tetap ingin bermain di bibir pantai.

BACA JUGA :  5 Alasan Kenapa Kalian Harus Traveling Sedini Mungkin!
Sunset di Pantai Sanglen ini juga cakep banget lho! @nanang_a_e
Sunset di Pantai Sanglen ini juga cakep banget lho! @nanang_a_e

Lepas dari itu, pemandangan di sekitar pantai ini sangat bagus, membuat pengunjung yang masuk kawasan ini suka bahkan betah berlama-lama dengan ketenangan yang sudah terkondisikan demikian rupa. Mau mengambil gambar pemandangan Pantai Watu Kodok dan Sanglen dari arah atas? Coba kamu naik ke atas bukit yang ada di sisi kanan Pantai Watu Kodok!

Cara Pergi Ke Pantai Sanglen

Pantai ini mungkin cukup minim fasilitas ya, namun bukan berarti berbagai kebutuhan itu tidak masuk dalam agenda pengelolaan pantai. Selain ada beberapa warung yang dibuat tak permanen dari bambu, penyewaan alat pancing, toilet, fasilitas listrik juga disediakan buat yang ingin camping menikmati alam di sini. Jadi, kalau ponsel kamu kehabisan daya tak perlu khawatir.

Di Pantai Sanglen kamu bisa bersantai diatas hammock seperti ini. via @gesangsanget
Di Pantai Sanglen kamu bisa bersantai diatas hammock seperti ini. via @gesangsanget

Pantai yang berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari ini bisa kamu capai dari Kota Jogja dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Dari Jl. Wonosari arahkan kendaraanmu ke arah jl. Baron lewat Piyungan. Dari Jl. Baron, kamu bisa mengikuti papan penunjuk yang menunjukkan arah Pantai Watu Kodok.

Kamu hampir tidak akan menemukan bangunan di sekitar pantai ini, karena penduduk di sini memang dilarang membuat bangunan, terutama bangunan permanen agar keasrian dan kealamian pantai tertap terpelihara. Untuk menuju kesini, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Sanglen di Google Maps disini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen

Di Tempat Penarikan Retribusi untuk masuk kawasan jejeran pantai di sana, kamu harus membayar tiket Rp10.000 per orang, kemudian lanjut perjalanan ke Pantai Sanglen. Sedangkan untuk menginap kamu perlu membayar tambahan sebesar Rp10.000 per orang.

Pantai Sanglen memiliki pasir pantai yang halus seperti ini. @nanang_a_e
Pantai Sanglen memiliki pasir pantai yang halus seperti ini. @nanang_a_e

Tips Wisata Pantai Sanglen

  • Hati-hati terhadap bulubabi kalau kamu memutuskan bermain air di kawasan pantai.
  • Di sini tersedia penyewaan alat camping ground kalau kamu tidak punya. Tapi alangkah baiknya kamu bawa semua keperluanmu untuk camping, termasuk makanan dan minuman secukupnya.
  • Bawa hammock untuk bersantai di pantai yang tenang pastinya sangat menyenangkan. Kamu bisa merilekskan diri di sekitar tenda sambil baca buku dan menikmati suara alam dari deburan ombak dan burung pantai.
BACA JUGA :  Air Terjun Dan Pantai Jogan, Dua Tempat Wisata Dalam Satu Lokasi Di Selatan Yogyakata!
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar