Di Pantai Sepanjang Semua Pasti Senang

Rate this post

LiburMulu.com – Kalau ingin merasakan Pantai Kuta dengan suasana jawa, ada baiknya teman – teman traveler mencoba berkunjung ke Pantai Sepanjang yang berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Iya, berkunjung ke Pantai Sepanjang teman – teman akan merasa sedang berada di Pantai Kuta yang masih sepi seperti jaman dulu. Bisa dibilang pantai ini tergolong pantai yang baru dikenal di Yogyakarta.

Nama pantai Sepanjang ini bukan sekedar nama, tetapi kata “Sepanjang” diberikan karena memang ciri khas pantai ini memiliki garis pantai yang panjang. Bahkan salah satu pantai dengan garis pantai terpanjang di antara semua pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantainya juga sangat alami. Cocok buat siapapun yang suka dengan suasana pantai alami.

Selamat Datang di  Pantai Sepanjang!
Selamat Datang di Pantai Sepanjang!

Pantai Sepanjang bisa menjadi primadona pantai di Yogyakarta. Sepanjang bibir Pantai Sepanjang dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering untuk beristirahat. Karang di wilayah pasang surut pantai sepanjang masih cukup terawat terawat. Laut berwarna biru menjadi bukti kalau air laut di Pantai Sepanjang yang belum banyak tercemar. Dengan suasana seperti itu, Pantai Sepanjang adalah salah satu pantai yang penuh potensi wisata di Yoggyakarta.

Suasana yang unik terjadi ketika air laut di Pantai Sepanjang sedang surut. Ketika ini terjadi teman – teman traveler akan bisa melihat karang-karang muncul dibibir pantai yang landai. Karang tadi adalah tempat tinggal dan hidup habitat dari aneka kehidupan biota laut. Pantas saja dapat ditemukan dengan mudah ditemukan bintang laut, anggang laut, bulu babi, kerang-kerangan, ikan-ikan kecil, dan rumput laut yang terdapat dalam cekungan atau lubang pada batu karang tersebut.

Senja di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Yogyakarta.
Senja di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kondisi air laut surut biasanya juga dimanfaatkan para penduduk setempat untuk berburu mencari rumput laut, kerang-kerangan dan lainnya untuk dimakan sendiri ataupun untuk selanjutnya diolah dan dijual kembali. Disana juga terdapat beberapa gubuk yang beratapkan daun kering di beberapa tempat di sekitar pantai menyediakan aneka makanan dan minuman yang menyediakan aneka makanan hasil laut.

Uniknya lagi, di dekat Pantai Sepanjang juga terdapat sebuah situs bersejarah. Nama situs bersejarah itu sendiri yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya Banyusepuh ini berarti membasuh dengan air. Memang tempat ini tadinya berupa mata air yang pernah digunakan untuk memandikan atau membasuh. Konon banyusepuh ini pernah dipakai oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Sayangnya situs bersejarah ini sekarang hanya tinggal berupa sebuah kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar.

Lokasi Pantai Sepanjang ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini juga berada tak jauh dari beberapa pantai terkenal di Yogyakarta. Misalnya pantai terdekat adalah berjarak sekitar 1 km, Yaitu Pantai Kukup yang berada di sebelah timur dan satu pantai di sebelah barat yaitu Pantai Drini.

Pantai Sepanjang Sudah dekat.
Pantai Sepanjang Sudah dekat.

Akses menuju Pantai Sepanjang cukup mudah, rute umum dari Pusat Kota Yogyakarta sudah cukup jelas. Jalur untuk menuju Pantai Sepanjang kira – kira seperti ini : Yogyakarta – Piyingan – Patuk – Sambipitu – Lapangan Uddara TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pertigaan masuk ke kawasan Pantai Baron ke arah Timur – Pintu masuk pantai Kukup  masih ke Timur – Sampai di Pantai Sepanjang. (Peta Lokasi Pantai Sepanjang).

Harga Tiket tidak terlalu mahal, dan tiket ini masuk ketiket paket wisata 8 pantai. Yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pulang Syawal dan Pantai Poktunggal. Harga tikey masuk adalah sebesar IDR 4.000. Sementara fasilitas yang tersedia di pantai Sepanjang lumayan lengkap. Seperti rumah makan dan beberapa tempat penginapan bisa disewa untuk bermalam di pantai ini.

Fasilitas di Pantai Sepanjang sudah cukup memadai.
Fasilitas di Pantai Sepanjang sudah cukup memadai.

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Sepanjang yang ada di Yogyakarta ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: