Pantai Nglolang, Suasana Sepi Justru Cocok untuk Relaksasi

Tentu hampir semua dari kita menyukai rekreasi ke pantai. Namun kebanyakan dari kita justru menyukai suasana pantai yang sepi. Memang, pantai yang relatif ramai cenderung berfasilitas lengkap. Tapi bukan berarti fasilitas yang seadanya tidak menyenangkan. Contohnya Pantai Nglolang, yang secara administratif berada di Kabupaten Gunungkidul.

Nama pantai ini sendiri belum begitu terkenal sehingga belum banyak yang tahu. Lokasinya cukup tersembunyi, di sebelah barat Pantai Sepanjang. Karena ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Jogja, jadi mungkin pantai ini tidak seramai pantai di Jogja lainnya. Namun tentu saja itu akan lebih menyenangkan, karena seakan pantai ini akan menjadi pantai pribadi.

Pantai Nglolang adalah salah satu pantai tersembunyi di Yogyakarta via @luynf
Pantai Nglolang adalah salah satu pantai tersembunyi di Yogyakarta via @luynf

Keheningan Pantai Nglolang Merupakan Hiburan Tersendiri

Pantai ini sangat indah dengan pasir putih dan ombak yang bergulung-gulung dan menghempas karang ini masih terbilang sepi. Dan mengunjungi pantai yang masih sepi ini pastinya obat yang sangat manjur untuk menghilangkan kejenuhan. Setelah sehari-hari berkutat dengan kesibukan, deburan ombak yang menggulung-gulung dan menghempas karang, dan pemandangan cakrawala jauh di depan menjadi obat penetral suasana hati yang ampuh. Apalagi pemandangan di sekitar pantai ini dipercantik dengan dua tebing yang mengapit pantai.

Apa saja yang bisa kamu lakukan dengan berlibur di pantai ini? Selfie, tentu saja. Datanglah ke pantai ini bersama teman-teman dan saudaramu, agar acara selfie dengan latar yang keren akan semakin seru! Selain itu, kamu bisa melakukan banyak hal asalkan tidak mengganggu pengunjung lainnya. Seperti beach camping, memancing ikan, mengolah ikan di pinggir pantai dan menyantap bersama, bernyanyi di pantai dengan gitar, atau snorkeling saat air pantai surut. Yang pasti, sunset itu sesuatu yang jangan sampai terlewatkan.

Selain menikmati keindahan Pantai Nglolang, kamu juga bisa camping disini. via @nurulmuhsin
Selain menikmati keindahan Pantai Nglolang, kamu juga bisa camping disini. via @nurulmuhsin

Pantai Nglolang juga indah dengan pantainya yang bersih dan airnya yang jernih. Kamu memang tidak dianjurkan snorkeling di sekitar pantai ini karena ombak yang terlalu besar. Namun kamu tetap bisa menyaksikan pemandangan biota laut yang keren, seperti ikan yang warna-warni, bintang laut dan sebagainya berenang di sekitar karang laut. Satu hal yang harus kamu waspadai, yaitu bulubabi dari balik karang, yang sengatannya berbahaya.

Pantai ini memang sedang dalam tahap pengembangan. Penampilannya alami, dan fasilitas pantai ini sedang dalam tahap pengembangan. Untuk urusan MCK ataupun warung penjual makanan memang belum banyak, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Dan untuk urusan MCK, kamu harus sedia uang receh setiap kali menggunakan fasilitas ini. Yang jelas, dengan tetap tersedianya fasilitas ini, kegiatan beach camp masih bisa diteruskan.

Meski kurang terkenal, namun keindahan Pantai Nglolang di Jogja ini tidak diragukan lagi! via @nurfiafiana
Meski kurang terkenal, namun keindahan Pantai Nglolang di Jogja ini tidak diragukan lagi! via @nurfiafiana

Cara Pergi Ke Pantai Nglolang

Pantai Nglolang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Tepatnya berada di sebelah barat Pantai Sepanjang. Jaraknya dari Kota Jogja bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi selama 2 jam perjalanan.

Siapa sih yang gak ingin liburan ke Pantai Nglolang! via @objekwisatagunungkidul
Siapa sih yang gak ingin liburan ke Pantai Nglolang! via @objekwisatagunungkidul

Melewati Jl. Wonosari, lalu Perempatan Sampan, arahkan kendaraanmu menuju Jalan Baron, lalu ke arah Kemadang. Baru dari sana arahkan kendaraan melewati Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang dan terakhir di Pantai Nglolang.

Alternatifnya kamu bisa menggunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps untuk menunjukkan arah ke pantai ini. Petunjuk lokasi Pantai Nglolang di Google Maps bisa kamu temukan disini.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglolang

Tiket masuk sangat terjangkau. Yaitu Rp 10.000 itupun sepaket dengan jejeran pantai lainnya, mulai dari Pantai Baron sampai Poktunggal yang kamu bayarkan di Pantai Baron. Sementara, parkir kendaraan tidak jauh dari lokasi pantai, dengan retribusi Rp 3.000. Tiket masuk ke Pantai Nglolang ini tidak terlalu mahal bukan?

Camping di Pantai Nglolang, menikmati suara debuarn ombak menghantam pantai tentu akan menyenangkan! via @oktavianadyah
Camping di Pantai Nglolang, menikmati suara debuarn ombak menghantam pantai tentu akan menyenangkan! via @oktavianadyah

Tips Wisata Ke Pantai Nglolang

Agar liburan ke Pantai Nglolang kalian lebih menyenangkan, mungkin sebaiknya diperhatikan beberapa tips wisata pantai penting berikut ini ya!

  • Liburan ke pantai yang hening memang sangat menyenangkan. Kalau bisa sebaiknya memang kita cari tahu dahulu cuaca di lokasi.
  • Meskipun kamu sudah mendapat info mengenai cuaca, tetap persiapkan keadaan dengan membawa jas hujan dan payung, terutama kalau kamu sudah memutuskan camping bersama teman-teman.
  • Bawa saja makanan dan minuman yang cukup. Keberadaan warung makan mungkin jangan terlalu diandalkan, melainkan anggap saja bonus ketika bisa makan dengan menu warung.
  • Jangan lupa membawa persiapan camping dengan terencana, termasuk perlengkapan untuk membasuh, tisu bahkan antiseptik.
  • Merencanakan camping bareng, selain kamu nggak kesepian, kalian bisa berbagi tugas agar bawaan terasa lebih ringan.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: