Pantai Kukup Di Yogyakarta Yang Terkenal Dengan Keindahan Ombaknya

LiburMulu.Com – Yogyakarta bagian selatan memang terkenal dengan wisata pantainya. Seperti salah satunya adalah Pantai Kukup. Untuk yang belum tahu, Pantai Kukup ini terkenal dengan gulungan ombaknya yang indah nan menawan. Pemandangan itu tadi kemudian menjadi daya tarik bagi turis yang kemudian datang berkunjung kesana.

Nggak hanya itu saja, kalau liburan ke Pantai Kukup kalian bisa menikmati hamparan pasir yang luas. Tidak ketinggalan beberapa pulau karang yang ada di sekitar Pantai Kukup menambah keindahan dari pantai yang ada di pesisir selatan Yogyakarta ini. Tentu itu akan menambah suasana nyaman untuk kalian yang ingin liburan dengan suasana sempurna di Yogyakarta.

Mungkin akan banyak yang bertanya, bagaimana cara untuk sampai ke Pantai Kukup? Tenang, pantai di Yogyakarta yang satu ini gampang untuk dicapai kok! Pantai Kukup ini lokasinya berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Atau lokasi Pantai Kukup ini berjarak sekitar 1 km dari sebelah timur Pantai Baron.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Keindahan pantai di Yogyakarta memang bisa menarik hati
Keindahan pantai di Yogyakarta memang bisa menarik hati via https://www.instagram.com/p/_3r_ApGPeD/

Pantai ini berada hampir sekitar 25 km di sebelah selatan kota Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Jika kalian membawa kendaraan pribadi dan kalian berangkat dari Kota Yogyakarta, maka kira-kira kalian akan memerlukan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Perlu diperhatikan kalau jalur utama untuk menuju Pantai Kukup ini cukup berkelok-kelok juga naik turun. Oleh karena itu, kalian harus selalu waspada ketika mengendari kendaraan selama di perjalanan. Tentunya itu semua untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika liburan.

Pastikan saja kalian memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat. Terutama kondisi mesin yang prima, juga rem yang bisa bekerja. Kalau semuanya sudah siap, perjalanan menuju pantai Kukup pun akan terasa sangat menyenangkan. Selain perjalanan yang nyaman, selama dalam perjalanan, kalian akan bisa menikmati keindahan panorama alam yang indah. Berbeda jauh dengan hiruk pikuk kota-kota besar.

(Baca Juga : Liburan Ke Yogyakarta? Pantai Di Yogyakarta Ini Bisa Jadi Ide Liburanmu Selanjutnya!)

Kukup Beach, salah satu pantai di Yogyakarta yang ramai pengunjung
Kukup Beach, salah satu pantai di Yogyakarta yang ramai pengunjung via https://www.instagram.com/p/_5-YNXjfXw/

Sebagai tempat wisata pantai di Yogyakarta, Pantai Kukup ini memiliki fasilitas untuk liburan yang cukup lengkap. Fasilitas yang sudah tersedia di Pantai Kukup ini misalnya adalah tempat parkir yang luas dan aman. Kalian tidak perlu khawatir akan keamanan kendaraan selama berlibur di pantai ini.

Perlu diketahui kalau tempat parkir di Pantai Kukup terletak di pintu masuk yang letaknya agak jauh dari bibir pantai. Oleh karena itu, setelah sampai, kalian akan perlu berjalan kaki untuk dapat tiba di pantai. Tiket masuk diberlakukan untuk masuk ke area Pantai Kukup.

Namun tenang saja, harga tiket masuk nggak mahal kok. Setiap pengunjung pantai ini diwajibkan untuk membayar biaya masuk sekitar IDR 5.000. Setelah itu, kalian bisa dengan bebas menikmati keindahan Pantai Kukup bersama keluarga. Bisa dibilang, pantai ini adalah salah satu pantai terindah yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Terutama deretan karang yang berdiri tegak di sekitar pantai.

Pulau Karang di Pantai Kukup
Pulau Karang di Pantai Kukup via https://www.instagram.com/p/_6LjfsAbug/

Pantai di Yogyakarta yang satu ini memang tempat liburan yang menyenangkan. Akan ada banyak hal yang bisa kalian nikmati ketika liburan ke Pantai Kukup. Seperti misalnya kalian bisa menikmati indahnya deburan ombak yang bergulung-gulung, datang silih berganti. Memang ombak di Pantai Kukup ini tergolong besar, karena itu sebaiknya tidak berenang di pantai ini dan perlu berhati-hati jika kalian mungkin membawa anak kecil.

Kalian juga bisa berjemur, menikmati terik matahari tropis di Yogyakarta. Pun, liburan di pantai bukan berarti hanya dengan menikmati terik matahari saja loh. Kalian nanti juga boleh kok menikmati nuansa yang sejuk yang bisa kalian dapatkan ketika sedang berada di pulau karang yang ada di dekat pantai. Angin sepoi-sepoi yang dibawa dari tengah laut biasanya bertiup cukup kencang. Inilah yang akan membuat suasana di Pantai Kukup akan menjadi terasa sejuk, segar dan nyaman.

Keindahan dari pantai Kukup juga bukan hanya itu saja. Karena Pantai Kukup ini juga memiliki beberapa aneka ragam biota laut seperti beberapa jenis species ikan hias yang bisa ditemui. Kalau beruntung, kalian akan bisa melihat ikan yang ada di pantai ini  yang mempunyai warna yang beraneka ragam. Beberapa binatang yang kerap ditemui di pantai seperti kepiting yang berjalan mondar-mandir untuk mencari makanan juga bisa dilihat disini.

(Baca Juga : Semuanya Ingin Tinggal Di Pantai Pok Tunggal)

Enjoy pantai di Yogyakarta yang super keren ini dengan mengabadikannya!
Enjoy pantai di Yogyakarta yang super keren ini dengan mengabadikannya! via https://www.instagram.com/p/_9GocYL1Ri/

Jika kalian tertarik dengan ikan, kepiting dan ubur-ubur untuk di konsumsi, kalian tidak perlu bersusah payah untuk menangkapnya. Kalian hanya perlu membelinya dari nelayan setempat yang mungkin sedang menangkap mereka. Karena memang ada cukup banyak pedagang yang berjualan ikan hias dan beberapa binatang laut tadi disepanjang pantai.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di Pantai Kukup terdapat sebuah pulau karang yang bisa dikunjungi. Untuk menuju pulau karang yang ada di Pantai Kukup, kalian hanya tinggal menyeberang lewat jembatan yang sudah disediakan. Disana terdapat sebuah jembatan permanen yang khusus dibuat untuk menghubungkan antara pulau karang dengan bibir pantai.

Jika kalian juga penggemar kegiatan budaya, mungkin sebaiknya kalian berkunjung ke pantai Kukup pada bulan Suro sesuai penanggalan Jawa. Karena pada bulan itu terdapat kemungkinan kalau kalian akan bisa menyaksikan kegiatan ritual sedekah laut yang biasanya akan dilakukan oleh masyarakat sekitar.

(Baca Juga : Jogja Bay Dan Waterpark Di Jogja Lain Yang Asik Buat Liburan!)

Jernihnya air di Pantai Kukup pasti membuat siapapun betah bermain air disini
Jernihnya air di Pantai Kukup pasti membuat siapapun betah bermain air disini via https://www.instagram.com/p/_96ZrAnXSX/

Disebutkan kalau ritual sedekah laut yang mereka lakukan ini ditujukan untuk persembahan kepada Nyai Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan. Sedekah laut ini dilakukan dengan melakukan larung sesaji ke pantai yang dipimpin oleh juru kunci Pantai Kukup.

Masyarakat setempat memang masih percaya dengan Kejawen. Mereka masih percaya kalau dengan melakukan ritual ini maka pantai selatan sebagai tempat untuk mencari nafkah akan selalu membawa berkah dan terhindar dari marabahaya.

Jika mungkin kalian datang di sore hari, dan air pantai sedang surut, kalian akan bisa berjalan-jalan sambil menikmati tepian pantai juga bermain dengan pasir putih Pantai Kukup. Selain itu, kalian juga bisa mengabadikan dan mengambil foto dari berbagai sudut pantai untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna dari Pantai Kukup. Pastinya setiap sudut pandang pantai mempunyai keindahan tersendiri untuk diabadikan.

Sunset yang cantik di Pantai Kukup, pantai di Yogyakarta yang indah!
Sunset yang cantik di Pantai Kukup, pantai di Yogyakarta yang indah! via https://www.instagram.com/p/_-0YRjEFeo/

Bukan hanya ikan saja yang dapat kalian peroleh di Pantai Kukup, disini kalian juga bisa menikmati makanan lokal berupa seafood dan makanan lainnya. Jangan sungkan untuk membeli untuk mengisi perut kalian yang mungkin sedang kelaparan setelah bermain-main dengan air. Tenang saja, kalian tidak perlu membayangkan harga mahal ketika membeli makanan di pantai ini. Karena hampir semua makanan dan jajanan disini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

(Baca Juga : Pantai Parangkusumo Dan Legenda Penguasa Laut Kidul)

Tips Asik Liburan Ke Pantai Kukup

Pantai yang sempurna untuk sunset!
Pantai yang sempurna untuk sunset! via https://www.instagram.com/p/_9XgZqte2Z/

Tidak ada tips khusus untuk kalian yang ingin liburan ke pantai di Yogyakarta yang satu ini. Namun, ada baiknya kalian membaca beberapa tips asik liburan ke Pantai Kukup ini, agar liburan kalian nanti lebih menyenangkan!

  1. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Kukup, sebaiknya kalian perlu mengenakan topi. Mengingat cuaca yang panas. Apalagi jika kalian tidak ingin terbakar sinar matahari! Karena itu bawalah sunblock dan pakailah agar kulit anda tidak menghitam dan terpapar sinar ultraviolet.
  2. Meski ada banyak penjual makanan disana, disarankan kalian membawa air minum dan snack sendiri. Untuk menghindarkan kemungkinan ada makanan dan jajanan yang tidak cocok dengan selera kalian.
  3. Pantai Kukup ini biasanya akan penuh sesak karena banyak pengunjung ketika akhir pekan dan liburan. Jadi, jika kalian ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang dan santai, mungkin kalian bisa berkunjung pada hari biasa seperti hari selain atau hari kerja yang lain. Dengan begitu, tentu kalian akan bisa menikmati tiap momen sambil bermain-main dengan air dan pasir putih yang terhampar luas di Pantai Kukup.
  4. Jika kalian liburan ke Pantai Kukup, dan ingin bermain air, maka akan lebih baik jika kalian membawa pakaian ganti sendiri. Jangan lupa untuk mematuhi peraturan yang ada, terutama menghindari tempat berbahaya untuk berenang. Karena pada saat ombak tinggi, bisa saja kalian akan dilarang untuk mendekati pantai demi keselamatan dan keamanan.
Siang hari main ke Pantai Kukup juga seru
Siang hari main ke Pantai Kukup juga seru via https://www.instagram.com/p/_9hOM1KVYE/

Jadi gimana, kapan kalian akan liburan ke Yogyakarta dan menghabiskan waktu bersantai bersama keluarga di Pantai Kukup? Selaman berwisata, selamat berlibur bersama keluarga!

Banyak Dicari

  • pantai kukup

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips – tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: