Siapapun Pasti Suka Ke Pantai Sundak

Pantai di Yogyakarta itu memang tidak ada habisnya buat dikunjungi, terutama jajaran pantai yang lokasinya berada di Gunungkidul. Salah satunya adalah Pantai Sundak yang merupakan sebuah destinasi wisata panta alami yang berada di daerah Wonosari.

Pantai Sundak ini lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Kukup, atau berjarak sekitar 3 Km saja dari tempat wisata Pantai Kukup. Meskipun garis pantai yang berada di pesisir selatan Jogja ini tidak terlalu luas, namun pantai ini paling tidak menyajikan keindahan alam yang menyenangkan untuk dinikmati ketika liburan tiba.

Namun tentusaja daya tarik dari Pantai Sundak ini bukan cuma karena memiliki pemandangan alam yang indah dan asik untuk dinikmati ketika liburan. Namun ternyata keberadaan pantai ini juga menyimpan banyak cerita unik lho. Terutama sejarah dan asal-usul dari namanya yang cukup unik untuk diikuti.

Pantai Sundak Mengalami Banyak Evolusi

Pernah diceritakan kalau nama dari Pantai Sundak ini ternyata pernah mengalami beberapa kali evolusi lho. Salah satu petunjuk yang ada dari evolusi nama pantai ini adalah dari gambaran kondisi pinggiran pantai yang bisa diamati.

Pada bagian barat pantai ini terdapat sebuah masjid. Selain itu juga ada sebuah area kosong yang digunakan untuk fasilitas parkir kendaraan pengunjung yang datang. Sementara pada bagian timur Pantai Sundak ini ada sebuah gua alami. Gua tersebut terbentuk secara alami dari bebatuan karang pantai.

Diperkirakan gua di Pantai Sundak tersebut tingginya adalah 12 meter. Ini juga bukan gua biasa, karena pada bagian dalam gua ini juga terdapat sebuah sumur. Meski berada di tepi pantai, di sumur ini airnya tawar. Dan ini juga merupakan sumber mata air tawar alami penduduk sekitar kawasan pantai.

BACA JUGA :  Tempat Liburan Di Jawa Tengah Untuk Yang Hobi Berburu Foto Instagram!

Siapapun Pasti Suka Ke Pantai Sundak

Padahal katanya pada tahun 1930-an, wilayah dimana terdapat gua karang tersebut masih terendam lautan. Selain itu disebutkan juga kalau tempat berdirinya masjid tersebut masih menjadi lautan. Uniknya, sekarang ini tempat tersebut menjadi daratan kering, dan juga terdapat sumber air tawar segar layaknya sumber air Umbul Manten dan Umbul Ponggok.

Seiring proses perubahan geologi pantai selatan, permukaan laut pun menyusut dan kemudian air lebih menjorok ke laut. Lama kelamaan, batu karang dan area masjid tadi akhirnya menjadi daratan baru sampai sekarang ini.

Terdapat Fenomena Alam Unik Di Tempat Wisata Pantai Di Gunung Kidul Ini

Seperti yang disebutkan, terdapat sebuah fenomena alam yang sangat unik di Pantai Sundak. Terutama jika musim hujan sudah tiba. Ketika sedang hujan, di pantai ini akan ada banyak air yang berasal dari daratan akan mengalir menuju lautan. Gara-gara hal itu, dataran yang berada di sebelah timur pantai ini seakan terlihat terbelah hingga membentuk cekungan yang mirip sungai. Ya, air hujan yang mengalir melalui sungai tadi akan terlihat seperti sedang mbedah pasir. (mbedah ini adalah bahasa jawa yang diartikan dalam Bahasa Indonesia sebagai membelah).

Lalu hal berbeda terjadi ketika musim kemarau datang. Entah kenapa belahan yang dibuat oleh air hujan tadi akan menghilang. Gara-gara fenomena alami yang cukup unik ini kadang Pantai Sundak dikenal juga dengan nama lainnya. Pantai Wedibedah, ada juga yang mengenalnya sebagai nama itu selain Sundak sebagai nama bekennya.

Siapapun Pasti Suka Ke Pantai Sundak

Lalu penamaan Pantai Sundak ini lebih karena terdapat sebuah mitos terkenal mengenai pantai ini. Diceritakan kalau pada suatu hari terdapat seekor anjing lapar sedang bermain berlarian di area pantai. Kemudian anjing tersebut berjalan memasuki gua karang di pantai ini. Nah, ketika sedang berada di bagian dalam gua, si anjing tadi bertemu dengan seekor landak laut.

Pucuk dicinta ulam tiba, karena lapar si anjing tadi bermaksud untuk memakan seekor Landak Laut yang ia temui. Namun ternyata si landak laut ini melawan. Dia berusaha mempertahankan diri dan mencoba menghindari serangan si anjing tadi. Sehingga sebuah perkelahian sengit terjadi disini.

BACA JUGA :  Berburu Spot Selfie Unik Di Bukit Pangguk

Perkelahian pun akhirnya dimenangkan si anjing, yang kemudian berhasil memakan sekitar setengah tubuh landak laut tadi. Beberapa saat kemudian, perkelahian si anjing dan landak laut pun diketahui pemiliknya. Karena si pemilik melihat setengah tubuh landak laut yang ada di mulut anjingnya.

Semenjak saat itu, secara perlahan cerita ini mulai banyak dikenal orang. Entah kenapa lama-kelamaan kisah ini malah menjadikan keberadaan pantai ini dikenal dengan namanya sebagai Pantai Sundak. Ya nama Sundak ini adalah merupakan kepanjangan dari Asu (anjing) dan Landak.

Selain itu, karena perkelahian landak dan anjing tadi, ada berkah yang datang untuk penduduk setempat pantai ini. Karena perkelahian itu mereka jadi menemukan mata air yang berada di dalam gua, yang sebelumnya tak diketahui. Ini sangat berguna buat masyarakat sekitar pantai, karena memang disini sering kekurangan air. Siapapun Pasti Suka Ke Pantai Sundak

Penemuan mata air karena pemilik anjing heran ketika dia keluar gua dengan tubuh yang sudah basah kuyup. Hal itu membuat si pemilik penasaran, lalu dia menyelidiki gua karang. Dari situ dia menemukan mata air yang ada di dalam gua.

Sampai sekarang, mata air dalam gua tadi masih dimanfaatkan sehari harinya oleh para penduduk setempat. Bahkan sekarang ini juga sudah dipasang pipa yang ditujukan untuk menghubungkan air di mata air dengan area perkampungan penduduk.

Tak cuma cerita unik mengenai sejarah nama pantai ini, keindahan suasana malam yang dimiliki Pantai Sundak ini juga sangat menyenangkan untuk dinikmati oleh siapapun. Asiknya, kamu bahkan bisa menikmati segarnaya angin malam dan indahnya bulan sambil membakar kuliner ikan laut. Ya, hanya dengan beberapa ribu kamu bisa dengan mudah mendapatkan kayu bakar disini.

BACA JUGA :  Panduan Dan Tips Ke Tebing Keraton, Wisata Keren Di Bandung!

Tentu saja kalau kamu mungkin tidak mau repot membakar ikan sendiri, kamu bisa langsung pesan ikan laut yang sudah matang dan bisa langsung disantap disini. Kalau mamu menginap, ada beberapa penginapan di dekat Pantai Sundak. Namun, kalau kamu mau camping disini juga bisa kamu lakukan kok.

Siapapun Pasti Suka Ke Pantai Sundak

Lokasi Pantai Sundak

Alamat dari Pantai Sundak ini terletak di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Tepus Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya di Google Maps bisa kamu temukan disini.

Cara Ke Pantai Sundak

Cara pergi ke Pantai Sundak ini cukup mudah. Bahkan kamu bisa naik kendaraan umum untuk pergi ke pantai ini. Kendaraan umum yang berupa bus bisa kamu temukan di Terminal Giwangan. Perjalan dengan kendaraan umum menuju ke salah satu pantai di Gunungkidul ini kira-kira akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai di Pasar Wonosari.

Setelah sampai di Pasar Wonosari, kamu tinggal naik bus kecil jurusan Pantai Baron atau Pantai Krakal. Dari pasar wonosari kira-kira perjalanan akan memakan waktu tempuh sekitar 40 menit, sebelum kamu sampai di Pantai Sundak. Tentu saja, cara paling mudah adalah dengan mengunakan kendaraan pribadi.

Siapapun Pasti Suka Ke Pantai Sundak

Harga Tiket Pantai Sundak

Tiket masuk ke Pantai Sundak ini tidak terlalu mahal. Karean sudah termasuk ke paket wisata 8 pantai yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pulang Syawal dan Pantai Poktunggal sebesar IDR 10.000.

Fasilitas Pantai Sundak

Fasilitas penginapan ini belum tersedia di Pantai Sundak. Namun tempat penginapan terdekat adalah di dekat Pantai Kukup, Pantai Krakal atau Pantai Baron. Pun camping di Pantai Sundak ini diperbolehkan. Untuk masalah makan jangan khawatir, karena disini sudah terdapat warung atau kedai untuk bisa dibeli para pengunjung pantai. Menunya sih rata-rata berupa menu ikan. Selaini itu fasilitas penunjang lain seperti kamar mandi dan musholla juga sudah tersedia di kawasan wisata pantai Gunungkidul ini.

Siapapun Pasti Suka Ke Pantai Sundak
Yuk liburan ke Pantai Sundak!
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?