Pantai Krakal Yang Makin Terkenal!

Deretan wisata pantai yang ada di Gunungkidul memang tidak ada habisnya untuk dikunjungi. Salah satu pantai di Gunungkidul yang cukup terkenal adalah Pantai Krakal. Dulu ini adalah pantai tersembunyi di Gunungkidul, namun perlahan tapi pasti pantai ini mulai menjadi terkenal. Salah satu yang membuat Pantai Krakal makin terkenal adalah ombaknya yang cocok untuk olahraga surfing.

Pantai Krakal ini memang dikenal sebagai destinasi wisata Jogja yang menawan. Pantai ini sejak lama sudah dikenal sebagai salah satu pantai terindah yang ada di pesisir selatan Yogyakarta. Garis pantai dari tempat ini cukup landai, dilengkapi dengan hamparan pasir putihnya yang menawan.

Ditambah lagi, hempasan ombak pantai selatan yang tidak terlalu besar membuat Pantai Krakal ini kemudian menjadi salah satu primadona wisata pantai di Yogyakarta. Siapapun yang berkunjung ke pantai ini pasti bisa menikmati suasana yang tiada duanya itu. Ini juga tujuan liburan yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh siapapun

Pantai Krakal Memiliki Bentangan Garis Pantai Yang Panjang!

Pantai Krakal Yang Makin Terkenal!

Apalagi kalau juga disebutkan jika tempat wisata Pantai Krakal ini ternyata mempunyai bentangan garis pantai yang sangat panjang. Bahkan ada yang bilang kalau ini adalah pantai dengan garis pantai yang terpanjang diantara daftar di Gunungkidul, Yogyakarta yang lainnya. Ada yang tahu berapa panjang garis pantai ini?

Tak cuma pemandangan di pantai yang apik. Namun di sepanjang perjalanan menuju wisata pantai di Gunungkidul ini juga memiliki pemandangan yang fotogenik. Menuju ke pantai di selatan Jogja ini sendiri tidak terlalu susah. Pengunjung hanya melintasi jalanan aspal mulus di perbukitan kapur daerah Gunungkidul.

Disini sebagian berupa perbukitan karang yang kering. Memang disini terdapat banyak bebatuan karang yang sebagian besar menghiasi bibir Pantai Krakal. Disitu pula yang merupakan tempat bersembunyi para ikan kecil yang berwarna-warni. Keberadaan ikan ini pun menjadi daya tarik tersediri untuk pengunjungnya, terutama para anak kecil.

Rute Menuju Ke Pantai Bagus Jalannya

Pantai Krakal Yang Makin Terkenal!

Seperti yang sudah disebutkan diatas, akess rute menuju ke Pantai Krakal ini sudah bagus. Jalan menuju ke pantai di Gunungkidul ini bisa dicapai dengan melewati jalanan bagus yang membentang sepanjang 6 kilometer dari area Pantai Kukup yang berada di dekat Krakal. Memang Krakal ini adalah ujung dari beberapa rangkaian pantai indah di Gunungkidul, yaitu Pantai Baron dan Pantai Kukup.

Jarak pantai ini dari pusat kota Yogyakarta sih lumayan jauh. Jika dihitung jarak Pantai Krakal dari pusat Jogja adalah sekitar 65 kilometer. Dalam kondisi jalanan yang lancar, perjalanan ke pantai ini akan ditempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam saja. Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai di Gunungkidul, sebaiknya kamu menginap saja disekitar sini. Ada banyak penginapan di dekat Pantai Krakal kok.

 

Banyak Hal Yang Bisa Kamu Eksplore Di Tempat Wisata Jogja Ini

Karena di pantai ini terdapat dua buah bebatuan karang menjulang tinggi, Batu karang ini juga berfungsi sebagai pembatas dengan pantai yang berada sebelahnya. Ini juga yang mebuat keberadaan Pantai Krakal ini menjadi sebuah pantai Gunungkidul yang unik. Menariknya bebatuan karang di pantai tadi malah banyak ditumbuhi berbagai macam tumbuhan hijau. Pada area kedua karang itu juga kamu bisa menikmati pesona keindahan Pantai Krakal. Paling asik sih kamu bisa bersantai di beberapa gazebo yang ada di dekat pantai dan memang sudah ada untuk disediakan bagi para pengunjung Pantai Krakal.

Pantai Krakal Yang Makin Terkenal!

Tentu saja, apabila kamu ingin berjalan, mengeksplore dan kemudian menaiki batu karang yang ada di sebelah barat, terdapat sebuah jalan setapak yang memudahkan para pengunjung Pantai Krakal untuk menaiki gunung karang tadi. Mungkin sebaiknya kamu kunjungi saja, daripada nanti malah penasaran ketika sudah pulang.

Namun kamu harus ekstra waspada kalau menuju ke tempat ini ya. Karena banyak tanaman berduri tajam yang bisa melukai kulitmu kapan saja. Tentu saja, kamu harus membawa kamera untuk mengabadikan keindahan sekitar tempat ini. Terlebih lagi, dari tempat ini kamu bisa menikmati keindahan Pantai Krakal dari lokasi yang agak tinggi.

Masyarakat Sekitar Banyak Yang Berprofesi Sebagai Nelayan

Masyarakat yang tinggal di dekat lokasi Pantai Krakal ini sebagian besar bekerja sebagai seorang Nelayan. Setiap harinya sering ditemui beberapa orang nelayan yang sedang melintas dengan perahu tradisionalnya. Kadang juga terlihat sedang memancing ikan dari tepi pantai. Memang disini terdapat banyak ikan.

Sesekali mereka mencari yang namanya Umbal yang merupakan hewan laut kecil banyak ditemukan pada karang Pantai Krakal. Umbal ini biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk bahan makanan. Biasanya sih dijadikan rempeyek untuk lauk pauk ya. Melihat kehidupan sehari hari masyarakat pesisir pantai Gunungkidul adalah bonus yang kamu dapatkan kalau berkunjung kesini.

Ya, selain bisa melihat keindahan Pantai Krakal, atau melihat liku-liku kehidupan masyarakat setempat yang tinggal di dekat pantai ini, ada satu hal lagi yang menarik disini. Karena ombaknya cukup menantang, sesekali ada peselancar yang menunggang ombak di pantai ini. Pun para surfer itu harus berjalan melewati bebatuan karang terlebih dahulu sebelum menunggang ombak menantang yang memiliki tipe reef break.

Pantai Krakal Yang Makin Terkenal!
Pantai Krakal memang untuk berselancar, namun hanya untuk yang berpengalaman saja.

Pantai Krakal Cocok Untuk Peselancar Berpengalaman

Pantai Krakal Yang Makin Terkenal!

Mengingat bagian pantai ini sebagian besar berupa bebatuan karang tajam, lokasi pantai ini hanya cocok untuk peselancar berpengalaman. Karena kalau kurang hati-hati, bisa bisa jatuh menghujam bebatuan karang Pantai Krakal. Biasanya bulan Maret sampai September yang merupakan musim kemarau adalah waktu terbaik untuk surfing di salah satu pantai untuk surfing di Gunungkidul ini.

Perlu dicatat, tidak seperti Pantai Kuta di Bali, tak ada yang menyewakan papan selancar disini. Jadi kamu harus membawa sendiri papan selancar untuk digunakan surfing di Pantai Krakal. Namun untuk fasilitas penunjang pariwisata lainnya sudah lumayan lengkap, dan bisa menunjang aktifitas pariwisata.

Iya, tersedia fasilitas yang cukup lengkap di wisata pantai yang beralamat di Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia ini. Sudah terdapat banyak  warung makan juga beberapa penginapan untuk menginap para wisatawan di dekat Krakal. Jadi buat kamu yang ingin bermalam di dekat pantai ini juga bisa.

Cara Pergi Ke Pantai Krakal

Pantai Krakal Yang Makin Terkenal!

Krakal ini alamatnya berada di Desa Ngastiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul. Tepatnya berada sekitar 65 km dari pusat Kota Jogjakarta. Lokasi pantai ini bisa dikunjungi dari berbagai daerah di Jogja. Paling dekat sih dari daerah Wonosari yang jaraknya hanya sekitar 21 km saja. Alternatifnya, kamu juga bisa berkunjung kesini dari arah Solo dan Sukoharjo. Jalanan menuju ke Krakal ini rata-rata bagus kok. Kamu tinggal ikuti saja petunjuk lokasi Krakal Beach di Google Maps.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: