Back to Nature – Liburan Yang Beda Dengan Camping di Tebing Watu Mabur

Back to Nature – Liburan Yang Beda Dengan Camping di Tebing Watu Mabur
5 (100%) 13 votes

Pergi berlibur adalah salah satu cara paling efektif untuk melepas penat karena rutinitas dan ketegangan. Dan untuk melakukannya, kamu tidak perlu melancong jauh-jauh ke luar negeri, karena di Indonesia saja sudah cukup banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Tebing Watu Mabur di Jogja.

Yogyakarta adalah salah satu destinasi yang menyenangkan. Selain keramahtamahan dan kesederhanaan penduduknya, lokasi wisata alam banyak tersedia. Bantul adalah salah satu kabupaten di propinsi ini, yang menyimpan banyak lokasi-lokasi wisata alam yang keren, yang tentunya bisa menjadi penyeimbang gaya hidup urban. Dan salah satunya adalah kawasan Tebing Watu Mabur.

Sunrise di Tebing Watu Mabur juga oke punya loh! via @suryojdb
Sunrise di Tebing Watu Mabur juga oke punya loh! via @suryojdb

Untuk merasakan suasana yang beda, di kawasan ini kamu tidak hanya menikmati suasana alam. Lebih dari itu, kamu bisa sesekali memanfaatkan Camping Ground dengan menginap di dalam tenda. Tentu saja kamu bersama sahabat seperjalananmu harus mau sedikit repot dengan persiapan tenda dan perbekalan yang cukup.

Tebing Watu Mabur memang pada dasarnya adalah bumi perkemahan yang sudah terkenal, sehingga cukup banyak orang yang datang dan berkemah di sini. Menyaksikan fenomena alam adalah tujuan utamanya, selain merilekskan pikiran untuk siap diisi dengan inspirasi baru. Jadi sangat direkomendasikan untuk liburan ke Tebing Watu Mabur ini.

Selain untuk camping, kamu juga bisa sekedar bersantai di Tebing Watu Mabur via IG @rbmdka
Selain untuk camping, kamu juga bisa sekedar bersantai di Tebing Watu Mabur via IG @rbmdka

Mulai dari pemandangan yang sangat alami, yaitu hamparan hutan hijau dari ketinggian dengan aliran sungai Oyo, menikmati sunset dan sunrise, karena begitu bangun tidur kamu bisa segera berolahraga sambil menikmati fajar yang menakjubkan, atau memasang aksi dengan kamera ala profesional. Sudah jelas tempat ini akan cocok untuk kamu yang suka dengan tempat wisata ketinggian di Jogja bukan?

Tidak hanya matahari terbit yang bisa kamu saksikan, tapi juga kabut pagi yang pekat, yang membuatmu seolah-olah sedang berada di sebuah “Negeri di awan”. Konon, kata “Mabur” pada nama lokasi ini merujuk pada fenomena kabut pagi ini. Mabur dalam bahasa Jawa berarti melayang. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke sini untuk memburu momen kabut pagi ini, selain sunrise dan sunset yang sama-sama menakjubkan.

Ada spot foto seperti ini misalnya via IG @andinugrahaa_
Ada spot foto seperti ini misalnya via IG @andinugrahaa_

Selain sebagai obat rindu bagi jiwa petualangan para pecinta alam, lokasi tebing ini juga menyediakan spot selfie sebagai background berfoto. Dengan spot selfie ini, tentunya feed instagram kamu juga lebih bervariasi dan kekinian. Spot berupa Gardu Pandang, yang dibuat seperti dermaga yang menjorok ke tebingnya atau dalam bentuk rumah pohon bisa kamu manfaatkan dengan membayar seikhlasnya.

Rute Cara Pergi Ke Tebing Watu Mabur

Untuk menemukan lokasi Tebing Watu Mabur ini tidak sulit, karena kamu akan menemukan cukup banyak penunjuk jalan ke lokasi-lokasi wisata alam di Kecamatan Dlingo ini. Namun lokasi tebing ini tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan yang juga cukup terkenal di media-media sosial seperti Instagram. Tepatnya kawasan perkemahan ini berada di Dusun Desa Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Jika bingung, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Tebing Watu Mabur di Google Maps disini.

Sebuah tempat liburan sempurna untuk menenangkan diri bukan via IG @kevinali33
Sebuah tempat liburan sempurna untuk menenangkan diri bukan via IG @kevinali33

Untuk menuju ke sana, kamu bisa mengikuti rute perjalanan yang menuju Kebun Buah Mangunan. Kalau dari Terminal Giwangan melalui Jl. Imogiri Timur. Dalam perjalanan ke arah Kebun Buah, kamu akan sampai di Kantor Desa Mangunan. Ambillah arah ke kanan, ke arah Kebun Buah. Baru setelah itu, sebelum persimpangan terakhir akan ada penunjuk jalan ke Goa Gajah dan Tebing Watu Mabur.

Harga Tiket Masuk Tebing Watu Mabur

Tempat wisata di Jogja yang satu ini juga cukup fotogenik kok via @vembri_prima
Tempat wisata di Jogja yang satu ini juga cukup fotogenik kok via @vembri_prima

Karcis masuk ke Tebing Watu Mabur cukup murah lho. Untuk berkunjung kamu hanya perlu membayar tiket IDR 2.000 per orang. Sedangkan untuk camping kamu hanya perlu membayar IDR 10.000 per malam untuk tiap orang. Itu semua belum termasuk bayar parkir kendaraan sebesar IDR 2.000, dan membayar spot selfie dan Gardu Pandang untuk berfoto.

Tips Untuk Camping Di Tebing Watu Mabur

Segarkan harimu dengan menikmati suasana pagi Jogja via IG @vembri_prima
Segarkan harimu dengan menikmati suasana pagi Jogja via IG @vembri_prima
  • Prinsipnya, untuk bersahabat dengan alam semua harus aman dan terkendali. Untuk menginap kamu harus menyediakan perlengkapan seperti: tenda, keperluan-keperluan lain seperti bekal makanan dan minuman yang cukup, obat-obatan dan keperluan sanitasi yaitu sabun antiseptik, tisu, dan sebagainya.
  • Bawa pakaian tebal untuk malam hari, sunglass untuk siang hari, payung juga perlu, dan gunakan sepatu yang tidak licin.
  • Untuk membawa perlengkapan kamera, isi penuh baterai dan persiapkan dalam wadah yang aman. Ini sebagai antisipasi perangkat terkena air, misalnya.
  • Jaga kondisi fisik: badan dan kendaraanmu. Persiapkan semuanya dengan prima agar semua berjalan lancar. Selamat berlibur.

Nah, sekarang kamu tertarik untuk liburan ke Jogja dan mungkin, cobain camping bersama teman-teman kamu di Tebing Watu Mabur? Yuk, tunggu apa lagi!?

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: