Cara Asik Liburan di Pantai Tebing Cluak’an Yang Curam!

Ingin menemukan pantai yang unik? Coba deh liburan ke Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul! Selain Pantai Watu Lumbung yang unik karena batu raksasanya, kamu bisa mengunjungi pantai di Kecamatan Tepus, yaitu Pantai Tebing Cluakan atau Pantai Tebing Cluak’an, yang juga unik juga karena letak pantai yang membentuk tebing.

Pantai yang berbentuk tebing ini pinggirannya lebih tinggi dari laut, berupa bukit karst yang kokoh dengan tumbuhan yang tumbuh liar. Pantai ini tampak sepi, karena pengunjung tidak bisa turun ke pinggir pantai yang curam.

Tapi jika kamu mendapatkan spot yang strategis, kamu bisa mengamati pantai yang menghadap laut selatan Jawa ini dengan debur ombaknya yang khas. Di pinggiran tebing pantai ini, kamu akan menemukan nelayan yang memasang jala mereka untuk menangkap lobster.  Lobster merupakan komoditi yang harganya lumayan mahal karena bisa diolah menjadi hidangan yang lezat.

Cara Asik Liburan di Pantai Tebing Cluak’an Yang Curam! via IG @chyo_sastrowardoyo
Cara Asik Liburan di Pantai Tebing Cluak’an Yang Curam! via IG @chyo_sastrowardoyo

Memang, sebaiknya pergi ke Pantai Tebing Cluakan jangan membawa anak-anak. Selain tidak begitu banyak yang mereka bisa lakukan, curamnya pinggir pantai ini menuntut kewaspadaan lebih. Namun kalau kamu penasaran, ingin menyaksikan sendiri pantai yang tinggi ini, kamu bisa mengajak beberapa temanmu.

Di sini, kamu bukan hanya akan melihat ombak yang bergulung-gulung dan menimbulkan suara geloranya. Pantai ini termasuk strategis untuk kamu menyaksikan sunset yang dramatis. Jangan lupa, aktifkan kameramu untuk mengabadikan pantai yang unik dan cantik dengan sunsetnya yang menghangatkan hati.

Kamu bisa berburu foto Instagram yang keren di tempat wisata Pantai Tebing Cluakan ini. via IG @awangdrmwn
Kamu bisa berburu foto Instagram yang keren di tempat wisata Pantai Tebing Cluakan ini. via IG @awangdrmwn

Jangan khawatir mengenai fasilitasnya, karena di pantai ini sudah disediakan mushola, area parkir, toilet untuk MCK, tempat istirahat dan warung makan khas hidangan laut.

Cara Pergi Ke Pantai Tebing Cluakan Jogja

Pantai Tebing Cluakan ini sangat layak untuk kamu kunjungi ketika liburan. Letaknya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Secara geografis, pantai ini terletak di antara Pantai Seruni dan Pantai Ngetun.

BACA JUGA :  Destinasi Terbaik Dunia Untuk Cewek Yang Suka Traveling Sendiri!

Dari kota Jogja, kamu butuh waktu tempuh sekitar 2 jam untuk sampai lokasi pantai. Yaitu melalui Jl. Imogiri, lalu ke arah Jl. Siluk ke arah Jl. Raya Panggang. Dari sana lanjut ke kawasan Ngetisrejo, lalu  ke Tepus, sampai ke lokasi parkir pantai tebing ini.

Kira-kira siapa yang mau liburan ke Pantai Tebing Cluakan ini! via IG @oewidarto
Kira-kira siapa yang mau liburan ke Pantai Tebing Cluakan ini! via IG @oewidarto

Atau agar lebih gampang untuk menemukan lokasi Pantai Tebing Cluakan, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Tebing Cluakan di Google Maps disini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Tebing Cluakan

Untuk masuk ke kawasan pantai tebing ini, pengunjung perlu membayar retribusi sekitar Rp10.000, dan parkir kendaraan, yaitu rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Sebaiknya berkunjung ke Pantai Tebing Cluakan bersama teman-teman! via IG @iqbalcules
Sebaiknya berkunjung ke Pantai Tebing Cluakan bersama teman-teman! via IG @iqbalcules

Tips Wisata Ke Pantai Tebing Cluakan

  • Persiapkan kesehatanmu terlebih dahulu. Dengan kondisi yang prima, kamu bisa menikmati alam pantai dari atas, dengan pemandangan samudera yang luas.
  • Sebaiknya bawa makanan dan minuman yang cukup. Air minum tentu sangat penting untuk menggantikan cairan yang keluar lewat keringat, sementara makanan selain sebagai sumber energi juga untuk menemanimu menikmati suasana.
  • Gunakan pakaian kasual yang nyaman dan sepatu yang tidak licin. Semua perlu dipersiapkan agar perjalananmu nyaman sehingga kamu bisa fokus pada kondisi pantai yang benar-benar beda.
  • Lokasi pantai ini memang minim pengawasan meskipun tebingnya lumayan curam. Sebaiknya jangan nekat mendekat ke pinggir pantai meskipun kamu tergoda untuk selfie di bibir pantai.
  • Jangan lupa untuk mengisi penuh daya baterai ponsel dan kameramu! Di pantai ini, selain merilekskan diri kamupun bisa berfoto bersama teman dan sahabat. Apalagi di bawah sunset yang keren.
  • Waktu liburan di pantai ini bisa juga kamu manfaatkan untuk menyaksikan kegiatan nelayan dan warga setempat, bahkan jika mungkin bercakap-cakap tentang bagaimana aktivitas nelayan di sana, dan mengenai tebing yang menghadap pantai ini. Selain dapat info berharga, liburanmu juga makin berwarna.
BACA JUGA :  Pantai Watulawang dengan Upacara Nyadran Penduduk Setempat
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar