Pantai Watu Lumbung, Pantainya Pecinta Alam

Pantai Watu Lumbung, Pantainya Pecinta Alam
5 (100%) 30 votes

Kalau kamu bukan tipe penjelajah alam yang biasa-biasa saja, kamu patut mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai Watu Lumbung yang berada di Gunungkidul ini menyimpan pesona alami, dengan adanya batu raksasa yang bentuknya mirip dengan lumbung padi sehingga diberi nama Watu Lumbung, dan batu-batu yang berserak di sekitarnya. Bebatuan ini unik karena latar belakang terjadinya, yang berasal dari letusan gunung api jaman purba.

Kalau kamu perhatikan, batu-batu ini memang lebih mirip dengan batu kali, jenis batu yang berasal dari muntahan gunung. Sementara, letak Watu Lumbung ini menjorok ke laut, terpisah dengan pantai yang lebih didominasi pasir putih dan bukit-bukit karst. Dengan mengunjungi pantai ini, kamu yang memiliki jiwa petualangan tidak hanya akan menyaksikan keindahan alam, tapi juga tracking, menyusuri jalan setapak dan kawasan pantai dengan topografi yang naik turun.

Pantai Watu Lumbung ini memang memiliki panorama yang begitu menawan! via IG @joeluluk
Pantai Watu Lumbung ini memang memiliki panorama yang begitu menawan! via IG @joeluluk

Selain menantang naluri petualangan alam, pantai ini juga sangat bagus untuk kamu yang hobi memancing. Memancing sambil menikmati alam laut yang luas dengan suasana yang sepi tentunya memberimu kesempatan untuk menjauh dari kota yang sibuk. Bawa saja makanan ringan dan minuman, tapi kamupun harus menjaga kebersihan pantai ini dengan menyimpan sampah plastik dalam tasmu sebelum dibuang ti tempat yang disediakan.

Buat para pecinta kegiatan alam, mengunjungi Pantai Watu Lumbung pastinya akan jadi pengalaman yang mengesankan. Bukan sekadar untuk bercerita di media sosial, tapi kegiatan ini justru akan menyegarkan pikiran setelah berhasil mengalahkan ketakutan dan menyerap kesegaran yang disediakan alam.

Kalau kamu suka dengan alam, kamu pasti suka dengan Pantai Watu Lumbung ini! via IG @taufiqrahmanmustoffa
Kalau kamu suka dengan alam, kamu pasti suka dengan Pantai Watu Lumbung ini! via IG @taufiqrahmanmustoffa

Cara Pergi Ke Pantai Watu Lumbung Jogja

Pantai ini terletak di antara Pantai Wediombo dan kawasan Gunung Batur Gunungkidul yang sekarang dijadikan Cagar Alam Geologi Gunung Batur. Tepatnya pantai ini beralamat di Desa Balong Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Rute menuju pantai ini bisa kamu lalui dari arah Wonosari, lalu ke Semanu. Sampai pertigaan Jepitu, ambil arah ke kanan menuju Wediombo. Alternatifnya, kamu bisa menggukan petunjuk lokasi Pantai Watu Lumbung di Google Maps disini.

Pantai Watu Lumbung juga bisa dibilang sebagai salah satu pantai di Yogyakarta yang instagramable dan instagramgenik! via IG @arifdharma01
Pantai Watu Lumbung juga bisa dibilang sebagai salah satu pantai di Yogyakarta yang instagramable dan instagramgenik! via IG @arifdharma01

Untuk masuk ke kawasan Watu Lumbung kamu perlu membayar retribusi sebesar Rp5.000 dan biaya parkir motor Rp3.000. Dari area parkir, kamu perlu melewati jalan yang curam sebelum sampai ke tepi pantai. Akses ini biasa dilalui petani dan penduduk setempat. Di sekitar pantai ini memang terdapat ladang-ladang, dan peternakan, di mana para petani terbiasa naik dan turun untuk mengerjakan ladang dan menyediakan rumput untuk ternak mereka.

Keadaan mereka tentu bukan berarti tidak beruntung dibanding pengunjung yang lebih biasa hidup di kota, lho! Justru apa yang kamu temui di kehidupan yang masih sangat alami ini bisa kamu ambil menjadi pelajaran berharga, karena dari situlah kehidupan yang kuat berasal sebelum teknologi berkembang memudahkan segalanya.

Wajar saja kalau banyak fotografer sering mengunjungi Pantai Watu Lumbung! via IG @asmasyarief
Wajar saja kalau banyak fotografer sering mengunjungi Pantai Watu Lumbung! via IG @asmasyarief

Tips Wisata Ke Pantai Watu Lumbung

Bisa juga loh jogging di Pantai Watu Lumbung pagi hari! via IG @yud104
Bisa juga loh jogging di Pantai Watu Lumbung pagi hari! via IG @yud104
  • Untuk kamu yang masih awam dan ingin mencoba tantangan ini, sebaiknya memang kamu mengajak beberapa orang kawan yang lebih berpengalaman dan sudah pernah mengunjungi kawasan Watu Lumbung.
  • Persiapkan kondisi tubuh, karena medan yang cukup melelahkan butuh kondisi prima. Selain itu bawa makanan dan air putih sebagai pengganti cairan dan sumber energi sangat penting. Jangan terlalu khawatir, dalam perjalananmu ke pantai ini juga terdapat warung makanan, area parkir dan toilet yang disediakan untuk pengunjung.
  • Sesekali duduk untuk beristirahat tentu lebih baik daripada memaksakan tenaga lalu kelelahan. Makanan atau minuman yang mengandung gula sering bermanfaat untuk energi instan.
  • Datang saat musim panas lebih baik daripada saat musim penghujan. Jalan yang naik turun sangat riskan saat jalanan licin dan becek. Selain itu, tetap waspada dengan menggunakan sepatu yang nyaman di kaki dan solnya tidak licin.
  • Jangan malu untuk membawa keperluan dasar P3K dalam tasmu! Hal ini tentu penting untuk berjaga-jaga, kan?
  • Tentunya membawa kamera saku dan ponsel sangat menghibur, ketika kamu sukses tiba di lokasi Watu Lumbung. Kamu bisa mengabadikan gambar dan membagikannya kepada teman media sosial. Bawa perangkatmu berikut powerbank, yang sudah kamu charge penuh!
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: