Liburan Makin Keren Sambil Selfie Di Umbul Ponggok Klaten!

Umbul Ponggok Klaten memang unik nan berbeda. Tempat ini bisa kalian kunjungi di kala liburan. Terutama buat kalian yang mungkin kecewa karena Situ Cilembang di Hariang ternyata tidak bisa digunakan untuk berenang, atau merasa Labuan Cermin yang ada di Kalimantan terlalu jauh untuk kalian kunjungi.

Tentu saja, tempat wisata di Klaten yang satu ini tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan Labuan Cermin yang ada di Kalimantan. Untuk yang belum tahu, Umbul Ponggok Klaten ini dulu sebenarnya adalah sebuah sumber mata air alami yang berbentuk kolam.

Air di Umbul Ponggok Klaten ini begitu jernih dan bening
Air di Umbul Ponggok Klaten ini begitu jernih dan bening via https://www.instagram.com/p/BAYqTGrF1ui/

Namun karena kian hari makin populer, sekarang ini wisata Umbul Ponggok yang ada di Klaten ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata yang keren dan nyaman. Sehingga akhirnya sekarang menjadi lumayan terkenal di Klaten dan sekitarnya.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Umbul Ponggok Klaten memang bukan kolam renang biasa. Karena disini kalian akan merasakan sensasi berenang bareng ikan air tawar yang berwarna-warni yang memang sudah ada sejak lama di Umbul Ponggok. Kalau berenang di tempat wisata Klaten yang satu ini, kalian akan bisa merasakan sensasi menyelam bareng ikan air tawar.

Nyok selfie kan.. ikan~~
Nyok selfie kan.. ikan~~ via https://www.instagram.com/p/BAWSSmpQuBg/

Nggak cuma itu saja, biasanya Umbul Ponggok Klaten ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan diving. Untuk yang nggak berminat dengan kegiatan diving, kalian bisa menikmatinya hanya dengan snorkeling atau berenang lucu disini.

Snorkelling di tempat ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan snorkeling di lautan. Karena kolam renang alami di Klaten ini adalah sebuah sumber mata air alami yang begitu segar dan sangat jernih. Terlebih lagi, tidak ada arus atau ombak sama sekali di Kolam alami Umbul Ponggok ini. Konon kolam renang alami ini keberadaannya sudah ada sejak zaman Belanda.

Umbul Ponggok Klaten ini biasa dipakai untuk latihan scuba dive
Umbul Ponggok Klaten ini biasa dipakai untuk latihan scuba dive. via https://www.instagram.com/p/62Gm0_oF8h/

Belakangan, keberadaan Umbul Ponggok Klaten ini nggak cuma dikenal sebagai tempat berenang, snorkeling atau diving saja. Karena keunikannya, kolam renang alami yang berukuran kira-kira 50 x 25 meter dan kedalaman antara 1,5 – 2++ meter ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan underwater photograpy atau fotografi bawah air.

Memang, jika dilihat dari kedalamannya, kolam renang ini memang cocok untuk kegiatan ini. Baik mulai dari fotografi yang professional, atau hanya pengunjung yang ingin sekedar selfie dibawah air bersama ikan-ikan lucu. Kalian tentu ingin mencoba sensasi berfoto bawah air bareng ikan-ikan lucu kan?

(Baca Juga : Labuan Cermin, Danau Cermin Di Tengah Belantara Berau)

Mancing bareng ikan di dalam kolam ikan! Eh gimana!?
Mancing bareng ikan di dalam kolam ikan! Eh gimana!? via https://www.instagram.com/p/BAQ5s1BIKjy/

Ditambah lagi kolam renang yang satu ini bagian dasarnya bukan berupa keramik seperti kolam renang pada umumnya. Namun, dasar Umbul Ponggok Klaten ini masih sangat alami berupa hamparan pasir halus yang memberikan sensasi tersendiri. Airnya pun selalu segar, karena air sealu mengalir terus dari sumber mata airnya.

Lokasi, Harga Tiket, Dan Daftar Harga Sewa Snorkeling Set Di Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok ini berada tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Lokasi kolam renang alami ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jika kalian datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Umbul Ponggok sendiri buka setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00 WIB.

Untuk masuk ke tempat wisata klaten yang satu ini, kalian hanya perlu membyar tiket sebesar IDR 5.000 per orang. Sebaiknya kalian membawa peralatan snorkeling sendiri jika ingin snorkeling di Umbul Ponggok. Namun jika kalian tidak membawa, kalian bisa menyewanya disini. Tarif penyewaan alat snorkeling di Umbul Ponggok Klaten adalah sebagai berikut : Snorkel IDR 12.000, Kaki katak IDR 7.000, Pelampung IDR 7.000, IDR Rp 5.000 untuk sewa ban.

Ayok sepedahan ke Umbul Ponggok teman-teman~
Ayok sepedahan ke Umbul Ponggok teman-teman~ via https://www.instagram.com/p/BAta_VqFGC7/

Daftar Harga Tiket Masuk, Biaya Dan Sewa Perlengkapan Di Umbul Ponggok

  • Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok: IDR 5000
  • Sewa Masker Atau Snorkel Set: IDR 12000
  • Sewa Pelampung: IDR 7000
  • Harga Sewa Kaki Katak: IDR 7000
  • Harga Kamera Underwater Setengah Jam: IDR 60.000
  • Harga Kamera Underwater Satu Jam: IDR 100.000
  • Sewa ban untuk berenang IDR 5000
  • Harga foto grup underwater untuk 7 orang IDR 100.000 per jam
  • Tarif parkir motor IDR 2000
  • Tarif parkir mobil IDR 4000
  • Tarif ruang bilas IDR 1000

(Baca Juga : Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!)

Rute Dan Cara Menuju Umbul Ponggok Klaten Dari Beberapa Kota Di Dekatnya

Ada banyak cara untuk menuju salah satu tempat wisata air di Klaten dari beberapa kota di sekitarnya. Jika ingin tahu, sebaiknya kalian membacanya dengan seksama ya.

1. Dari Kota Solo Dan Sekitarnya

Kalian yang datang dari arah kota seperti Solo, Wonogiri, Magetan, Sukoharjo, Karanganyar, Atau ngawi, kalian bisa melalui jalan utama yaitu jalan raya Solo-Yogyakarta. Petunjuk paling gampang adalah, ketika sudah melewati Delanggau berhenti dulu di Terminal Penggung Klaten yang ada di di kiri jalan. Terminal ini terletak pada persimpangan lampu lalu lintas jalan menuju ke ke Desa Ponggok.

Dari lampu lalu lintas ini, ambilah arah ke kanan dan lurus terus ikuti jalan sampai bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan dekat pertigaan. Dari pertigaan tersebut tinggal ambil arah ke kanan, lurus ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

2. Dari Arah Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo, Dan Kebumen

Buat kalian yang dari dari arah Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo, dan Kebumen. Rutenya adalah melalui jalan raya Yogyakarta-Solo. Sampai di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro lurus saja lewat tengah kota hinga menuju GOR Gelarsena Klaten.

Brum-brum! Ayo kesini bareng-bareng!
Brum-brum! Ayo kesini bareng-bareng! via https://www.instagram.com/p/_auEvyR32v/

Setelah sampai di GOR Gelarsena Klaten. Silakan ambil kiri ke arah Jatinom atau Polanharjo sampai ketemu persimpangan dekat Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan. Lurus saja, ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

3. Dari Arah Boyolali, Salatiga, Dan Semarang

Buat Kalian yang dari arah Boyolali, Salatiga, Dan Semarang langsung saja menuju klaten melalui jatinom. Setelah sampai pasar jatinom ambil arah menuju ke Terminal Penggung. Sesaat sebelum kalian sampai terminal, kalian akan melihat Markas Koramil di kanan jalan di dekat pertigaan. Dari pertigaan tersebut tinggal ambil arah ke kanan, lurus ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

Jika kalian masih bingung dengan petunjuk diatas, kalian bisa memanfaatkan panduang GPS. Untuk lokasi Umbul Ponggok Klaten di google maps, bisa kalian lihat disini.

Peta lokasi Umbul Ponggok Klaten Yogyakarta di Google maps klik disini
Peta lokasi Umbul Ponggok Klaten Yogyakarta di Google maps klik disini

(Baca Juga : Liburan Ke Yogyakarta? Pantai Di Yogyakarta Ini Bisa Jadi Ide Liburanmu Selanjutnya!)

Review Umbul Ponggok Klaten Dari Beberapa Pengunjungnya

Kolam renang di kalau tampak dari atas air tak jauh bedanya dengan kolam renang lain pada umum nya akan tetapi bila anda menyelam kedalam kolamnya berasa di dalam lautan yang biru nan bersih dan di kelilingi ikan ikan – Muhamad Rusdiantoro

Jangan datang di hari libur dan hari besar. Bisa foto dengan banyak moment tanpa gangguan – The B Hermantoes

Kolam alam dengan air murni yang jernih. Bagus untuk tujuan liburan keluarga. Pastikan bawa kamera underwater kalau datang ke tempat ini untuk mengabadikan moment di bawah air berenang bersama ikan-ikan.

Namun, kebersihan kurang terjaga. Sampah yang dibawa oleh pengunjung banyak yang masuk ke air. – Urza Rumpoko

Nggam hanya sekali, sejak harga tiket 2.000 tahun 2012 sampe tiket 8.000 selalu jadi favorit untuk ngadem… Minimal 6 bulan sekali ke sini… Hahaha – Haydar Chaidir

Mungkin kebetulan ke Umbul Ponggok nya pas hari libur, jadi gak bisa nikmati suasana nya. Overall, tempat ini jadi salah satu destinasi yang oke buat liburan berbudget rendah. – Viar Agastya

Kemarin aku habis kesitu. Rame banget. Pokoknya seru deh!!kapan kapan kesitu lagi bareng keluarga!! : ) – Shafa Azzahra

Umbul Ponggok Klaten adalah tempat paling favorit saya dan tman2 saya, airnya bersih,tp sayang blm ada mushola didalem objek wisata – Muhammad Nuradi

Balapan sama ikan yuk!
Balapan sama ikan yuk! via https://www.instagram.com/p/-s3LfkHKa8/

Nah, jadi bagaimana? Menarik sekali bukan tempat wisata di Klaten yang dikenal dengan nama Umbul Ponggok ini! Yuk, rencanakan liburan kalian bersama teman atau keluarga dan mampir ke Umbul Ponggok Klaten! Rasakan sensasi berenang yang berbeda bersama ikan-ikan lucu disini!

Tips Panduan Berkunjung Ke Umbul Ponggok Klaten

  • Kecuali kalian mau menyewa, sebaiknya membawa sendiri kamera untuk berfoto dibawah air disini. Tapi perlu diingat, foto bawah air umbul di Klaten ini cantiknya luar biasa lho!
  • Sore hari antara jam 3 – jam 4 dan pagi hari antara jam 7- jam 8 adalah waktu terbaik untuk mendapatkan moment foto underwater di Umbul Ponggok
  • Bawa perlengkapan lightning sendiri jika berfoto dalam kondisi cuaca dan cahaya yang kurang mendukung. Sayang banget kan sudah datang tetapi tidak bisa mendapatkan foto underwater yang bagus.
  • Tak perlu keterampilan berenang khusus untuk foto underwater, namun pastikan ada teman yang pandai berenang mendampingi. Terutama untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Selalu sediakan pelampung untuk keadan darurat ketika melakukan foto underwater.
  • Umbul Ponggok Klaten ini sekarang bisa digunakan untuk aktifitas foto prewedding dengan biaya tertentu

Foto Instagram Umbul Ponggok Klaten Untuk Referensi Pose Selfie Kalian Nanti!

Foto keluarga anti-mainstream kesini aja! via @kintaaanwtys
Foto keluarga anti-mainstream kesini aja! via @kintaaanwtys
Foto prewedding seru di umbul yang paling keren ini juga bisa! via @iamhael
Foto prewedding seru di umbul yang paling keren ini juga bisa! via @iamhael
Main jetski underwater ya cuma disini! via @aldyakbarn
Main jetski underwater ya cuma disini! via @aldyakbarn
Main sama ikan disini juga boleh via @adammirzaahmad
Main sama ikan disini juga boleh via @adammirzaahmad
Pose keren yang bisa dilakukan di tempat wisata hits di Klaten ini! via @mirandahariyadi
Pose keren yang bisa dilakukan di tempat wisata hits di Klaten ini! via @mirandahariyadi
Umbul ini tempat wisata paling nge hits di klaten deh! via @dio.bramasto
Umbul ini tempat wisata paling nge hits di klaten deh! via @dio.bramasto

Psst, kalian juga bisa main ke Umbul Manten yang ada tak jauh dari Umbul Ponggok ya!

Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!
Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!

Banyak Dicari

  • wisata umbul ponggok
  • angkutan umum dari stasiun klaten ke umbul ponggok
  • dunia laut unggul ponggok
  • jarak dari prambanan ke umbul ponggok
  • jarak malioboro ke umbul ponggok
  • jarak stasiun tugu ke umbul manten
  • jarak yogyakarta-desa ponggok
  • pake klaten
  • ponggok

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
17 Responses
  1. Fanny Lay Bunga

    sekarang untuk motor sisa motor jadul 1 yg warna merah. sepeda onthel 1 yg warna hijau.
    ga ada lagi motor mewah pada saat saya keasana kemarin.
    HTM 8000 dan kalo paketan 20000 (pelampung+alat snorkle tidak dengan fin).
    banyak yg jorok sekarang bawa goreng2an dibejek2 buat kasih ikan. minyak nya ya kemana2 saya tegur malah bilang ini tempat umum kok pengelola aja ga marah kenapa koe seng sewot.
    ya udah gw bilang aja ke pengelola terus baru mereka ditegur.
    sayang banget ini tempat, tempat yg dulunya biasa aja sekarang jadi hits sebenernya antara menguntungkan atau merugikan.

    1. Handy Setiawan

      Padahal untuk pakan kan sudah di sediakan pelet itu ya mba, cuma seharga 2000rupiah kok malah pada pake gorengan.. hadehh

    2. Jiran Jirien Jaran

      Mbak share trayek angkutan umum yg di pakai dan cost nya dong cz pingin ke situ tp masih bingung dgn rute/naik angkutannya..
      #newbie.

    3. Fanny Lay Bunga

      biasa lah mas mereka baru piknik wkwk makanya kelakuannya ngajago..
      kalo angkot saya ga tau nih mas jiran. karena saya dari semarang pake motor kesini itupun dibawa googmaps nya lewat jalan setapak wkwk tau2 samping umbul ponggok aja.

    4. Handy Setiawan

      Wkkaa, aku motoran di bawa googmap dari wonosobo e malah sudah di klaten nyasar2,oper bodem ketilang dah.. wkkk

      Rutenya gampang kok mas Jiran Jirien Jaran, posisi dari mana ?

  2. Afandi Ys

    Huum uda pernah aku dulu,tp yg gak bisa renang hati2 gan,dalem bgt,sumpah.
    Ada sewa alat ma foto under water jg,mending d fotoin sana aja,hasilnya top markotop,dr pd foto sendiri,nanti jg d kasih tau spot yg bagus bwt foto2

    1. Afandi Ys

      Banyak gan,sekali pose bisa berkali2 cepretan,nanti ganti pose lg jg berkali2 cepretan,aku kmren smpe 120 foto pas tak ambil. Itu 1 stgh jam.
      Msalah nya perlu pnyesuaian jg gan,foto nylem d air agk sulit,tp tnang ada pmandu nya,jd bisa d tlongin kl tenggelem.

  3. Handy Setiawan

    Kalo dari sana + setting di airnya kalo ga salah 75rb mas

    Pas aku bawa sndiri. Cuma suruh bayar 30rb

  4. Lestari

    saya ksana 2014 kalo ga salah.bawa tenda sndri dan blm ada sewaan tenda sama motor pas itu.yg ada cuma sewaan snorkel,kaki katak,kamera,pelampung dan kacamata.pas berdiriin tendanya ampunnn deh susahh.ikannya jg baru satu dua pas dulu.kalo skrg udah ngehitz jd fasilitasnya di upgrade

  5. Handy Setiawan

    Kalo dari jogja ikutin arah yg ke solo aja, nnti pas nyampe pertigaan apa perempatan lah lupa pokoknya terminal penggung lah, belok kiri, ikutin dah deket ko

  6. Roji Doankz

    Hahaha harus yg bisa pose n bisa fotoin jg bro biar hasilnya bagus n jernih biar ga gelap hindari foto menghadap matahari, biar ga backlait hihi fotonya pake kamera biasa nikon coolpix aw110

  7. Subhan Azharullah

    Itu properti sepeda, sepeda motor tenda dan lain lain sudah ada memang yah di dalam kolam. Pengelolahnya yang sediakan.

  8. Kilua Rizqi Edogawa

    Pakek kamera apaan situ om? Nyewa kah? Bening bgt ??
    Pakai kamera cross yg harganya 100rb g sebening itu

  9. Yudh A Rahman

    Itu motor udah disiapin sedemikian rupa utk foto, ga ada bahan bakarnya. Dan lagi itu situasional kok, klo ada pengunjung yg request br disiapkan, nanti tinggal milih mau objek apa, motor/tenda/sepeda/televisit set dll. Jadi bukan permanen di dalam air.

  10. Afandi Ys

    Uda pernah min,tolong di explore lg wisata khususnya d jwa tengah yg top markotop,syp tau bisa bwt refrensi sya nanti kl pas liburan
    Makasih.

  11. Tony Danuarta Putra Zicrazyboy

    Denger2 klaten ada pememuan umbul lagi yang baru dimana sih?katane sih umbul air mineral gitu

%d bloggers like this: