Liburan Ke Agrowisata Kebun Teh Tambi

Kamu pernah main ke kebun Teh Tambi di Wonosobo? Meski mungkin tidak banyak yang tahu, namun ini adalah tempat wisata Jawa Tengah yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Terutama kamu yang ingin merasakan bagaimana segarnya alam bebas di daerah Wonosobo Jawa Tengah. Tentu saja kamu bisa bersantai sambil melihat hamparan kebun teh disana.

Tak cuma itu saja, di kebun Teh Tambi ini kamu juga bisa belajar tentang proses pembuatan teh lho. Coba, pernahkah teman – teman tahu? Bagaimana perjalanan daun Teh, dari mulai pemetikan daun di perkebunan hingga siap untuk diseduh dan disajikan? Makanya kalau kamu berkunjung ke Agrowisata Tambi ini kamu bisa belajar hal itu.

Namun, kalau belum sempat main ke Kebun Teh Tambi dalam waktu dekat, Coba lihat travel vlog Indonesia ketika saya berkunjung ke Agrowisata Tambi dibawah ini sampai selesai. Dari video dibawah ini mungkin akan sedikit tergambarkan bagaimana Teh tadi diproses dari waktu memetik daun teh hingga siap untuk diseduh dan menemani hari ceriamu.

Vlog Main Ke Perkebunan Teh Tambi, Seperti Apa Suasananya?

Tentu saja, setelah menonton jangan lupa buat komentar, like, share dan subscribe ke channel youtube.com/catperku ya.

 

Kisah Perjalanan Teh Tambi [ Wisata Kebun Teh Tambi Wonosobo ]
Watch this video on YouTube.

 

—--
My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com
—--

Sejarah Kebun Teh Tambi

Tempat wisata di Wonosobo ini memiliki sejarah yang panjang. Kebun Teh Tambi sendiri sudah ada sejak jaman kolonial, ketika Belanda masih menjajah Indonesia. Awalnya kebun teh di daerah Wonosobo ini dikelola oleh seorang Belanda NV John Peet pada tahun 1885. Kebun ini pun diberi nama Bagelen Thee & Kina Maatschappij sampai kemudian dinasionalisasi ketika Indonesia merdeka.

BACA JUGA :  Terios 7 Wonders : Borneo Wild Adventure 2015

Namun setelah diadakan Konferensi Meja Bundar, kepemilikan perkebunan Teh Tambi ini dikembalikan lagi ke pemilik aslinya. Kira-kira pada tahun 1954, kebun teh ini kemudian kebun Teh Tambi ini berpindah tangan, dan berubah nama dua kali yang pertama NV Tambi dan selanjutnya menjadi PT Tambi.

Bisa dibilang kebun teh ini cukup luas, sekitar 829 Hektar dengan terbagi menjadi 3 Unit. Yaitu Unit Tanjungsari, Bedakah dan Unit Tambi. Kebun Teh Tambi ini lokasinya berada di daerah pegunungan, pada ketinggian mulai dari 800 mdpl hingga 2000 mdpl. Makanya tempat ini suhu udaranya bisa sangat sejuk atau bahkan dingin. Cocok untuk kamu yang suka dengan tempat wisata yang sejuk.

Cara Pergi Ke Kebun Teh Tambi Wonosobo

Kebun Teh Tambi ini lokasinya berada di daerah Kabupaten Wonosobo. Tepatnya sih berada di Desa Tambi, Kec Kejajar Kabupaten Wonosobo. Jaraknya sekitar 18 km dari pusat kota Wonosobo, atau kalau dari daerah Dieng akan lebih dekat karena hanya berjarak sekitar 16 KM saja. Tidak terlalu jauh kan lokasinya? Sementara itu jika kamu berangkat dari arah Kota Jogja, kamu bakal menempuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

Tentu saja cara terbaik adalah dengan mengendarai kendaraan pribadi untuk pergi kesini. Atau kamu bisa juga menyewa mobil dari Jogja. Alternatifnya kamu bisa naik kendaraan umum berupa bus yang melewati rute Yogyakarta – Wonosobo. Lalu dari Wonosobo kamu naik bus jurusan Wonosobo – Dieng dan turun di Desa Tambi.

Liburan Ke Kebun Teh Tambi Bisa Ngapain Saja?
Liburan Ke Kebun Teh Tambi Bisa Ngapain Saja?

Berapa Harga Tiket Masuk Ke Kebun Teh Tambi?

Sebenarnya tiket masuk ke area kebun Teh Tambi ini gratis, namun karena ini masuk ke daerah Kawasan Dataran Tinggi Dieng, jadi kamu harus membayar retribusi sebesar IDR 2000 per orang. Kamu juga bisa menggunakan jasa tour kalau tidak memungkinkan untuk mengunjungi perkebunan ini sendiri.

BACA JUGA :  Pantai Pandawa Bali Dari Udara [ Drone Video Pantai Di Bali]

Liburan Ke Kebun Teh Tambi Bisa Ngapain Saja?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan kalau kamu liburan ke Kebun Teh Tambi Wonosobo.
Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan kalau kamu liburan ke Kebun Teh Tambi Wonosobo. foto : Instagram/bcthr__

Mungkin kamu bertanya-tanya, kalau liburan ke perkebunan Teh Tambi ini bisa ngapain saja sih? Nah karena itu disini bakal berbagi informasi kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan disini.

  1. Melihat kegiatan para pemetik daun teh di perkebunan. Kegiatan seperti itu sangat menarik untuk diamati, dan hanya bisa kamu lakukan kalau berkunjung ke kebun teh. Disini kamu bisa melihat para pemetik teh yang mayoritas perempuan memetik teh dengan alat seperti gunting besar yang dimodifikasi.
  2. Melihat proses pembuatan Teh Tambi. Jadi di dekat Kebun Teh Tambi ini juga sekalian ada pabrik pengolahan teh. Disini kamu bisa belajar bagaimana proses pembuatan Teh mulai dari proses pementikan hingga teh tersebut siap seduh di gelasmu.
  3. Trekking Menyusuri kebun teh juga bisa kamu lakukan disini ya. Cocok untuk kamu yang suka trekking atau jalan kaki. Disini udaranya sejuk, jadi trekking disini bakalan sangat menyenangkan.
  4. Berburu foto instagram di Kebun Teh Tambi. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan para wisatawan kalau berkunjung ke tempat ini adalah berburu foto dengan latar belakang kebun teh. Memang pemandangan hamparan kebun teh menghijau itu akan sangat sempurna untuk dijadikan latar belakang foto ya. Bukan cuma di Bukit Punthuk Setumbu Magelang saja kamu bisa mendapatkan foto cakep ya!
  5. Staycation di hotel yang berada tak jauh dari area perkebunan. Ya, di dekat sini juga terdapat sebuah hotel yang bisa kamu gunakan untuk menginap. Tentu saja menginap di area perkebunan teh akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan menginap di perkotaan.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar