Wayang Kulit Di Keraton Yogyakarta

Pertunjukan wayang yang biasa dipertunjukkan di keraton yogyakarta. Kalau berkunjung ke Keraton Yogyakarta, biasanya kamu akan bisa melihat pertunjukan wayang kulit disana. Seperti apa? Lihat saja di vlog pertunjukan wayang kulit dibawah ini ya!

 

Wayang Show Di Keraton Yogyakarta
Watch this video on YouTube.

 

Selama beberapa puluh tahun, wayang sudah menjadi bagian dari seni dan budaya masyarakat Indonesia, khususnya Jawa. Ya, pertunjukan wayang di Indonesia ini adalah salah satu seni dan budaya yang masih dilestarikan di Jawa. Biasanya pertunjukan wayang ini dilakukan ketika ada hajatan atau kegiatan penting. Dan pertunjukan seni ini biasanya diadakan untuk hiburan.

Wayang Kulit Show Di Keraton Yogyakarta

Namun, buat kamu yang tidak ingin menunggu diadakan pertunjukan wayang karena sebuah kegiatan, kamu bisa mencoba main ke Keraton Yogyakarta. Karena disana sering diadakan pertunjukan wayang secara reguler. Ya, kalau kamu liburan ke Jogja, main saja ke keraton jogja. Disana kamu bisa menikmati pertunjukan wayang kulit.

Pertunjukan wayang kulit ini menarik, karena untuk mengadakan pertunjukan ini saja, harus dibuat sebuah panggung khusus. Di panggung tersebut nantinya akan dipasang sebuah layar dari kain berwarna putih. Disitulah pertunjukan wayang akan dimainkan. Normalnya, pertunjukan kesenian wayang ini akan memakan waktu semalam suntuk.

Wayang Kulit Show Di Keraton Yogyakarta
Wayang Kulit Show Di Keraton Yogyakarta

Namun kalau kamu melihat pertunjukan wayang di Keraton Jogja, kamu tidak perlu begadang semalam suntuk. Karena biasanya pertunjukan di tempat wisata Jogja ini diadakan ketika siang hari saja. Soalnya kalau malam hari keraton kan juga tutup. Jadi malah ketika siang hari kamu bisa menikmati pertunjukan wayang yang diadakan di keraton Jogja.

Meskipun pertunjukan di tempat ini dilakukan pada siang hari, jalan ceritanya juga tak kalah menarik dengan pertunjukan wayang kulit yang diadakan malam hari kok. Karena cerita di pertunjukan wayang ini biasanya memang menarik untuk diikuti. Hanya saja, biasanya pertunjukan wayang ini dimainkan dengan menggunakan bahasa jawa.

BACA JUGA :  Makanan Di Resto Ini Dicampur Teh hijau / Matcha! Kayak Apa Rasanya?

Itu berarti, kamu harus tahu bahasa jawa kalau ingin tahu jalan ceritanya. Namun, kalaupun kamu tidak bisa berbahasa jawa, kamu masih bisa menikmati suara alunan gamelan yang mengiringi pertunjukan wayang kulit ini. Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk melihat pertunjukan wayang di Keraton Jogja ini?

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar