Saung Angklung Mang Udjo, Tempat Liburan Sambil Belajar Angklung Di Bandung!

Saung Angklung Mang Udjo, Tempat Liburan Sambil Belajar Angklung Di Bandung!
5 (100%) 16 votes

LiburMulu.Com – Saung Angklung Udjo kalian pernah tahu!? Ya, selain seru-seruan di Trans-Studio Bandung, sekarang kalian bisa liburan ke Bandung sekaligus belajar musik!, Asiknya lagi, musik yang dimainkan adalah dengan bermain angklung alat musik khas Jawa Barat! Bandung memang tidak pernah kehabisan tempat menarik ya?

Bandung ini memang kota yang penuh dengan kreatifitas dan kesenian. Salah satu tempat yang asik untuk dikunjungi sambil mencoba kesenian di Bandung adalah Saung Angklung Udjo atau sering disingkat SAU dan juga dikenal sebagai Saung Angklung Mang Udjo. Pun dikenal dengan banyak nama, sebenarnya ini hanyalah satu tempat.

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo Dibuka dengan pertunjukan wayang golek
Pertunjukan di Saung Angklung Udjo Dibuka dengan pertunjukan wayang golek

Sesuai dengan nama tempatnya, Saung Angklung Udjo ini didirikan oleh soerang Udjo Ngalagena didampingi oleh istrinya tercinta Ibu Uum Sumiati. Saung Angklung Udjo adalah satu-satunya tempat di Bandung yang menjadi pusat dari kesenian angklung yang sekaligus memproduksi angklung. Orang Bandung harus bangga dong?

Inilah juga yang kemudian pada akhirnya menjadikan Saung Angklung Mang Udjo sebagai salah satu pusat pendidikan dan penelitian angklung, kesenian dan kebudayaan Sunda yang ada di Bandung. Bisa dibilang, tempat ini adalah tempat yang keren di Bandung! Setuju nggak?

(Baca Juga : Ide Destinasi Liburan Ke Bandung Yang Asik Nan Seru!)

Disusul dengan tari-tarian unik khas sunda.
Disusul dengan tari-tarian unik khas sunda.

Siapapun pasti setuju sih, karena mang Udjo Dengan kreatifitasnya bisa menyatukan budaya dan alam sekaligus. Saung Angklung Udjo ini juga berhasil menyita banyak perhatian turis baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri dengan Saung Angklung Mang Udjo. Kalau kamu penasaran seperti apa video pertunjukan di Saung Angklung Udjo, bisa lihat dulu videonya di bawah ini.

 

Saung Angklung Udjo memainkan lagu Bohemian Rhapsody!

 

 

Hal itu bisa dibuktikan dari setiap kegiatan pertunjukan angklung di Saung Angklung Udjo yang selalu penuh dengan para wisatawan lokal dan mancanegara. Wajar, selain menarik, lokasinya juga sangat mudah ditemukan. Lokasi berdirinya SAU ini berada di area Bandung Timur. Jadi bisa dibilang Saung Angklung Udjo ini adalah tempat yang tepat dan tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung untuk menikmati keunikan alat musik tradisional yang berasal dari bambu tersebut.

Seperti pertunjukan jaranan ini.
Seperti pertunjukan jaranan ini.

Alamat lengkap Saung Angklung Udjo sendiri tepatnya berada di Jalan Padasuka no 118, Bandung Timur, Jawa Barat. Tenang saja, akses menuju SAU ini sangatlah mudah karena hanya melewati jalan utama Bandung saja. Entah kalian mengendarai mobil pribadi atau mungkin menyewa sepeda motor di Bandung, semua cara menuju kesini sangatlah mudah.

Jika kalian naik mobil dari Jakarta, pastikan kalian keluar di tol Pasteur lalu kalian tinggal melewati flyover Pasupati hingga kemudian kalian sampai ke jalan Surapati. Setelah itu kalian tinggal mengarah ke kiri hingga kalian mencapai jalan Padasuka. Namun jika menggunakan Sepeda motor sewaan di Bandung, cari saja ke arah flyover Pasupati dan ikuti seperti petunjuk sebelumnya.

(Baca Juga : Bosen Liburan Ke Bandung? Ini Dia Tempat Liburan Anti Mainstream Di Bandung Yang Nggak Bikin Bosen!)

Lalu juga ada pertunjukan pertunjukan Helaran di Saung Udjo.
Lalu juga ada pertunjukan pertunjukan Helaran di Saung Udjo.

Papan petunjuk yang mengarahkan ke Saung Angklung Udjo juga mudah ditemukan, pasti deh kalian tidak akan tersasar menuju tempat ini. Untuk kalian yang memilih untuk naik angkutan umum, silahkan naik angkot dengan jurusan Cicaheum. Pastikan sebelum naik bilang pada supir angkot bahwa kalian ingin turun di Saung Mang Udjo. Soalnya lokasi tempat pertunjukan Angklung di Bandung tersebut kurang lebih hanya berjarak sekitar 500 meter sebelum angkot mencapai terminal Cicaheum.

Setelah itu kalian bisa melanjutkan ke tempat tujuan dengan berjalan kaki atau jika tidak mau capek kalian bisa menyewa ojek. Ketika kalian melihat pelataran parkir yang luas dan dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, itu berarti kalian sudah sampai di Saung Angklung Mang Udjo yang ada di Bandung. Segera saja kalian menuju lobi untuk membeli tiket masuk disini. Untuk harga tiket Saung Angklung Mang Udjo, harganya adalah IDR 60.000 rupiah pada hari biasa dan IDR 75.000 pada hari Sabtu dan Minggu atau Weekend.

Sebagian besar pertunjukan dimainkan oleh anak kecil.
Sebagian besar pertunjukan dimainkan oleh anak kecil.

Harga tiket tersebut tidak terlalu mahal, karena harga tersebut sudah termasuk welcome drink, plus menonton pertunjukkan keren di SAU selama 2 jam. Perlu kalian ingat kalau pertunjukkan di Saung Angklung Udjo ini diadakan setiap harinya pada jam 9.00 dan pukul 15.30.

Pastikan tidak datang terlambat, dan lebih baik datang lebih cepat. Karena jika datang lebih cepat, kalian bisa berkeliling area sekitar sebelum nanti masuk ke aula pertunjukkan. Disana kalian bisa berjalan-jalan di sekeliling Saung Mang Udjo untuk melihat hasil kerajinan dan cinderamata yang juga diperjual belikan disitu. Kalau memang ingin membeli untuk souvenir, pilih saja yang kalian suka dan beli. Ada banyak pernak-pernik unik seperti gantungan kunci berupa miniatur angklung yang bisa kalian beli untuk dibawa pulang.

(Baca Juga : Panduan Dan Tips Ke Tebing Keraton, Wisata Keren Di Bandung!)

Iya, anak-anak yang lucu
Iya, anak-anak yang lucu.

Setelah puas berkeliling, pastikan sudah siap beberapa saat sebelum pertunjukkan dimulai. Segeralah mempersiapkan diri untuk mengambil tempat duduk yang strategis. Jangan sampai terlambat datang di pertunjukan Saung Angklung Udjo. Soalnya, jika kalian datang terlambat kalian akan mendapat tempat duduk di belakang atau yang kurang strategis. Itu bisa berakibat kalian tidak bisa menikmati dengan maksimal dong?

Kalian boleh membawa snack untuk teman menikmati pertunjukan di SAU. Pertunjukkan akan berlangsung selama 2 jam, cukup lama untuk membuat perut kalian jadi lapar. Atau sebisa mungkin kalian sudah mengisi perut terlebih dahulu, agar tidak kelaparan ketika pertunjukan di Saung Angklung Udjo sedang berlangsung.

Tetapi mereka adalah anak-anak berbakat dari Saung Angklung Udjo.
Tetapi mereka adalah anak-anak berbakat dari Saung Angklung Udjo.

Pembukaan pertunjukan di Saung Angklung Mang Udjo ini biasanya adalah sebuah demonstrasi Wayang Golek. Lama pertunjukkan wayang golek di SAU ini akan berlangsung sekitar 10-20-an menit. Karena tidak terlalu lama, pertunjukan wayang golek di sini akan mempertunjukkan cerita yang ringan. Seperti misalnya akan bercerita tentang kisah rakyat yang tentunya sudah dengan humor khas urang Bandung.

Mungkin ini berupa pertunjukkan yang sederhana namun tentunya akan dapat membuat kalian tertawa terpingkal-pingkal oleh dialog kocak sang dalang di SAU. Pertunjukkan lainnya yang unik adalah pertunjukan Helaran. Helaran ini pada kehidupan sehari-hari sebenarnya adalah ritual dalam melangsungkan syukuran untuk anak yang baru di khitan/sunat. Nah, di Saung Angklung Udjo dipertunjukkan sebagai pertunjukan seni yang apik dan menarik.

Tak hanya menyanyi, mereka juga bisa menari.
Tak hanya menyanyi, mereka juga bisa menari.

Selain itu, pada pertunjukan ini juga terdapat macam-macam tarian Sunda. Dimana pada pertunjukan akan ada banyak yang menyanyi dan pertunjukan alat musik angklung tentunya. Uniknya, pertunjukan ini akan dipentaskan oleh anak-anak didik dari Saung Angklung Mang Udjo sendiri. Yang umur mereka rata-rata masih dibawah 10 tahun.

Pertunjukkan lainnya yang menarik di tempat wisata Saung Angklung Mang Udjo adalah Arumba dan Angklung Mini. Nantinya kalian akan bisa menyaksikan bagaimana indahnya alat-alat musik khas Sunda yang keren dipadukan dengan tari-tarian Jawa Barat yang cantik. Pastinya akan menghasilkan kesenian yang sangat menarik dengan diiringi alat musik yang begitu merdu dong?

(Baca Juga : Bukit Moko, Menikmati Malam Hari Bandung Dari Ketinggian)

Mereka menari dengan sepenuh hati.
Mereka menari dengan sepenuh hati.

Menarik bukan liburan di Saung Angklung Udjo? Tenang, masih ada yang menarik lagi! Setelah semua pertunjukkan dipentaskan tadi ada satu lagi pertunjukan di SAU yang melibatkan semua penonton yang ada. Pada pertunjukan ini setiap penonton yang ada akan diajak untuk bermain angklung bersama dengan para pemain angklung dari SAU. Tiap penonton akan dipinjamkan 1 buah angklung yang tujuannya nanti akan dimainkan secara bersama-sama.

Nantinya setiap penonton akan memiliki tugas masing-masing, menggoyang Angklung yang dipegangnya untuk memainkan sebuah nada. Tenang saja, jangan takut salah karena kapan pelaksanaannya akan langsung dipandu oleh seorang dirigen musik yang ada di tengah arena pertunjukan.

Di Saung Mang Udjo, pengunjung akan dipinjamkan sebuah angklung, untuk dimainkan bersama sama.
Di Saung Mang Udjo, pengunjung akan dipinjamkan sebuah angklung, untuk dimainkan bersama sama.

Pada waktu yang ditentukan, para penonton akan diberi instruksi untuk mengikuti aba-aba dari sang dirigen. Penonton hanya boleh memainkan angklung yang dipegang, jika sang dirigen telah memberi kode dengan tangannya. Percaya atau enggak, setelah ikut memainkan angklung secara bersama-sama di Saung Angklung Mang Udjo ini, kalian akan merasa kalau memainkan angklung itu ternyata tidak terlalu sulit.

Namun, tetap saja ketika pertama kali, untuk membunyikan sebuah angklung pun kalian harus mengetahui tekniknya. Jangan sampai salah pegang, karena jika kalian sampai salah memegangnya, maka bisa-bisa angklungnya tidak mengeluarkan bunyi sama sekali.

Pertunjukan angklung adalah puncaknya disini.
Pertunjukan angklung adalah puncaknya disini.

Tapi tenang saja, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nanti sebelum pertunjukkan dimulai, kalian akan diajari bagaimana cara membunyikan angklung dengan benar. Setelah itu, baru pertunjukan musik dengan angklung yang dipegang penonton akan berjalan. Baru kalian akan mulai merasakan bagaimana rasanya menjadi pemain orkestra di tengah-tengah pusat kesenian Sunda yang menawan. Tentu itu akan menjadi pengalaman belajar alat musik khas sunda yang tak akan terlupakan bukan?

O iya, jika mungkin kalian merasa betah di Saung Angklung Udjo, kalian bisa mencoba menginap di sini. Karena selain sebagai pusat pertunjukan Angklung terbaik di Bandung, Saung Angklung mang Udjo ini juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan atau guest house dengan harga sewa kamar yang tidak terlalu mahal.

Pada penghujung acara, semua pengunjung diajak berbaur dan bergembira bersama
Pada penghujung acara, semua pengunjung diajak berbaur dan bergembira bersama.

Namun tentu saja, jika kalian tidak berminat bermalam disini, jangan sampai lupa membeli oleh-oleh di souvenir shop SAU.  Di Saung Mang Udjo dijual berbagai macam kerajinan tangan mulai dari gantungan kunci, boneka wayang golek, tas unik hingga mungkin set angklung untuk kalian berlatih di rumah. Siapa tahu, setelah kalian pulang dari Saung Angklung Udjo kalian tertarik menjadi pemain Angklung professional!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: