10 Hal Menyenangkan Yang Bisa Kalian Lakukan di Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer adalah salah satu kawasan wisata di Yogyakarta yang suasananya sangat asyik dan menyenangkan untuk didatangi. Hampir setiap harinya di kawasan ini selalu marak dengan geliat aktivitas pengunjungnya. Baik dari yang muda hingga yang tua semuanya terlihat menikmati aktifitas di kawasan ini.

Mungkin karena lokasinya yang strategis, dikelilingi oleh loji-loji atau bangunan tua bergaya kolonial, menjadikan kawasan Nol Kilometer Yogyakarta ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak muda Yogyakarta ya. Selain itu, ternyata memang ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini lho.

Simak baik-baik ya !?

10 Hal Menyenangkan Yang Bisa Kalian Lakukan di Titik Nol Kilometer Jogja by IG @evanswantoro
10 Hal Menyenangkan Yang Bisa Kalian Lakukan di Titik Nol Kilometer Jogja by IG @evanswantoro

1. Menikmati Romantisme Sore Yogyakarta Di Bangku Yang Ada Di Sekitar Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Menikmati suasana sambil nongkrong di bangku-bangku yang tersebar disini juga bisa jadi kegiatan yang asyik loh! Apalagi untuk menghabiskan sore di Titik Nol Km Yogyakarta. Kalian bisa mengobrol bersama teman sambil menikmati kopi atau makan sate yang memang banyak dijual oleh pedagang keliling disekitar sana. Ditambah lagi dengan beberapa pertunjukan pengamen bersuara merdu akan menambah semaraknya sore di tempat ini. Duh, bahagia di Yogyakarta itu memang sederhana ya!

2. Main ke Museum Benteng Vredeburg, Dan Mengenal Lebih Dekat Dengan Sejarah Perjuangan Para Pahlawan Indonesia di Yogyakarta

Lokasinya hanya beberapa langkah dari titik nol KM. Benteng Vredeburg ini adalah salah satu benteng yang kini dijadikan sebagai museum bersejarah di kawasan itu. Dari dulu Vredeburg juga sering dikenal sebagai Loji Besar. Sekarang ini, benteng ini dijadikan sebuah museum yang di dalamnya dipamerkan berbagai koleksi keren.

Koleksi bersejarah yang pernah menjadi saksi bisu sejarah perjuangan kemerdekaan RI. Dari berbagai senjata, lembaran surat kabar era zaman perjuangan, pakaian pejuang, hingga berbagai diorama-diorama yang menceritakan kisah-kisah kepahlawanan para pejuang di Yogyakarta. Tertarik untuk bergi kesana?

Sampai sekarang ini Benteng Vredeburg masih terawat dengan baik. Bahkan kadang tempat ini bisa menjadi tempat perhelatan bermacam acara, mulai dari pentas seni sampai kuliner. Jadi, kalau kalian main-main ke KM Nol Yogyakarta ini, jangan sampai gak mampir ke museum ini deh!

3. Pasanglah Sebuah Gembok Bertuliskan Nama Kalian Dan Pasangan Di Gembok Cinta, Siapa Tahu Langeng Sampai Kakek Nenek!

Pasanglah Sebuah Gembok Bertuliskan Nama Kalian Dan Pasangan Di Gembok Cinta
Pasanglah Sebuah Gembok Bertuliskan Nama Kalian Dan Pasangan Di Gembok Cinta

Ini mungkin adalah salah satu hal unik yang ada di dekatkawasan Nol Km Yogyakarta. Disana ada Gembok Cinta yang merupakan tempat untuk mengunci gembok cintamu sendiri. Lokasinya berada di depan Gedung Agung. Sebenarnya ini adalah sebuah karya seni berbentuk hati yang terbuat dari besi.

Bertajuk Digital Heart, namun sekarang lebih dikenal dengan Gembok Cinta. Di sini, kalian bisa menautkan gembok bertuliskan namamu dan pasanganmu dengan harapan cinta kalian bisa langgeng sampai kapanpun. ciee!

O iya, sebenarnya, Gembok Cinta ini dibuat bukan cuma untuk melambangkan cinta muda mudi loh! Tetapi juga untuk melambangkan perdamaian dunia. Konon, asal usul dibuat Gembok Cinta ini cukup unik. Diceritakan kalau seniman pembuatnya, I Made Arya Palguna, pernah dipalak preman di kawasan ini. Namun gara-gara itulah ia akhirnya justru menemukan gadis yang kini menjadi istrinya. wah, kok bisa ya? Mungkin itu namanya jodoh ya!

4. Berburu Kuliner Yang Bertebaran Di Sekitar Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Iya, dalam jarak jalan kaki dari titik nol kilometer kota Yogyakarta ini kalian bisa berburu banyak kuliner. Ada banyak macam pilihannya, sesuaikan saja dengan kondisi kantong dan selera. Tentusaja, buat yang pengen cobain Gudeg Yogyakarta, ini saatnya kalian untuk mencobanya! Yuks!

5. Beraktifitas Seperti Beberapa Komunitas Lokal Di Yogyakarta

Tiap hari kawasan Nol Kilometer Yogyakarta ini ini menjadi semakin terasa hidup. Terutama ketika di malam hari, karena sejumlah komunitas lokal turut menjadikan tempat ini sebagai salah satu pusat aktivitas mereka. Ada banyak komunitas lokal yang sering mangkal di sini. Misalnya para komunitas pecinta sepeda BMX, fixie, sampai sepeda onthel. Selain itu ada juga komunitas skateboarding dan in-line skating. Pokoknya, tempat ini gak pernah sepi dari mereka deh! Kalau terttarik, tinggal tongkrongin aja komunitas yang kalian suka, siapa tahu ada menarik untuk diikuti!

6. Titik Nol Kilometer Yogyakarta Adalah Tempat Sempurna Untuk Berburu Foto

Titik Nol Kilometer Yogyakarta Adalah Tempat Sempurna Untuk Berburu Foto
Titik Nol Kilometer Yogyakarta Adalah Tempat Sempurna Untuk Berburu Foto

Buat yang hobi fotografi, atau yang suka berburu foto instagram di Yogyakarta jangan sampai ketinggalan kameranya. Pastikan kalian membawanya untuk berburu foto di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Ada banyak objek foto menarik disini. Mulai dari kendaraan yang lalu lalang di perempatan Titik Nol Km, hingga suasana sore hari disini yang begitu syahdu.

Foto dengan teknik slow shutter sangat cocok untuk dicoba disini. Dengan teknik itu kalian menangkap jejak garis-garis cahaya berwarna warni berasal dari lampu kendaraan yang lewat tempat ini. Ditambah dengan latar belakang objek foto yang berupa bangunan-bangunan kolonial dengan diterangi lampu-lampu jalanan berwarna kuning, pasti membuat hasil foto kalian lebih keren bukan?.

7. Melihat Oyot Godhong Cabaret Show

Melihat Oyot Godhong Cabaret Show Di Yogyakarta by IG @bayu.handono
Melihat Oyot Godhong Cabaret Show Di Yogyakarta by IG @bayu.handono

Pengen nonton Cabaret Show? Ngggak perlu jauh-jauh ke liburan ke Thailand. Kalian tinggal menonton Cabaret Show yang diadakan setiap malam Minggu di kafe Oyot Godhong. Gak perlu terbang jauh-jauh kan? Bisa main ke Yogyakarta lalu menonton kelihaian mereka menghibur penontonnya. Para lady boy di Kafe Oyot Godhong ini akan menghibur penonton dengan kelihaian mereka melakukan lipsync sekaligus menari di atas panggung. Jangan heran kalau kalian mungkin akan dibuat kagum hingga sampai terpingkal-pingkal karena aksi mereka.

8. Berburu Barang Bekas Murah Di Pasar Sore Yang Berada Tak Jauh Disamping Pasar Beringharjo

Nah buat yang suka belanja barang murah, kalian bisa mencoba keisni nih. Selain juga bisa cari pernak-pernik dan berburu oleh-oleh, disini kalian juga bisa sekalian cuci mata. Datang aja ke Pasar Sore Malioboro yang terletak di sebelah selatan Pasar Beringharjo. Disini ada berbagai barang dagangan yang masih bisa kalian tawar harganya. Barang yang dijajakan di sini bervariasi. Mulai dari pakaian, aksesoris, makanan oleh-oleh, sampai onderdil bekas bisa kalian temukan loh kesini. Awas! Jangan sampai kalap belanjanya ya!

9. Mampirlah ke Taman Budaya Yogyakarta

Meski lokasi Taman Budaya Yogyakarta terletak agak dalam di belakang Taman Pintar, tempat ini layak dikunjungi kalau main kesana. Biasanya taman ini berfungsi sebagai gedung eksibisi dan pertunjukan seni. Sering sekali diadakan pameran maupun pentas kesenian yang berkelas di tempat ini. Mulai dari pameran seni rupa, seni fotografi, sampai pertunjukan tari dan musik. Nah, kalau kebetulan sedang diadakan pameran, nggak rugi untuk menengok tempa ini barang sekali :)

10. Berfoto Sama Makhluk Jadi-Jadian Bergentayangan Di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Berfoto Sama Makhluk Jadi-Jadian Bergentayangan Di Titik Nol Kilometer Yogyakarta
Berfoto Sama Makhluk Jadi-Jadian Bergentayangan Di Titik Nol Kilometer Yogyakarta by IG @kresnace

Nggak usah takut! Karena makhluk yang ada disini memang benar-benar jadi-jadian. Maksudnya ya cuma manusia yang menggunakan kostum hantu indonesia gitu. Ada banyak makhluk jadi-jadian seperti pocong dan kuntilanak berkeliaran di sini. Mereka adalah seniman-seniman lokal yang berdandan seram ala makhluk halus. Uniknya, kadang penampilan mereka pun gak begitu menyeramkan. Misalnya ada yang berdandan hantu pocong tetapi pakai kain kafan warna-warni. Eh Gimana?

***

Nah, setelah tahu beberapa hal di kawasan Titik Nol Kilometer tadi, apakah kalian jadi pengen pergi kesana?

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: