Pantai Porok, Pantai dengan Bukit-bukit Karst dan Kebun Melon

Pantai Porok, Pantai dengan Bukit-bukit Karst dan Kebun Melon
4.9 (97.78%) 18 votes

Pernah dengan pantai dengan perkebunan melon? Nah, di Gunungkidul kamu bisa menemukannya yaitu di Pantai Porok. Pantai ini bukan hanya indah dengan pasir pantainya yang putih, tapi juga dengan kawasan karst atau bukit-bukit karang. UGM merintis perkebunan melon yang pertama di kawasan Gunungkidul ini sekitar tahun 2012, sampai terdapat beberapa perkebunan melon di kawasan ini. Sesuatu yang unik jika kamu datang ke pantai ini, kamu akan menyaksikan pantai yang indah berdampingan dengan perkebunan melon.

Pantainya sendiri cukup luas. Pohon cemara udang yang tertanam dimanfaatkan juga untuk berteduh sambil beristirahat. Sementara pohon pandan tertanam pada perbatasan antara wilayah yang bertanah dan berpasir. Yang jelas, di pantai ini kalian bisa liburan sambil bersantai. Makanya, ajak teman untuk liburan kesini juga.

Jangan lupa ajakin teman-teman kalian untuk liburan bersama ke Pantai Porok! via @saktiif
Jangan lupa ajakin teman-teman kalian untuk liburan bersama ke Pantai Porok! via @saktiif

Untuk sampai di pantai ini, kamu perlu melewati bukit yang menanjak cukup tinggi. Tapi Setibanya di pantai ini kelelahanmu akan segera terbayar dengan rasa kagum, menyaksikan keindahan pantai yang sangat luas dan asri. Debur ombak yang bergulung-gulung, pecah menghantam karang, mendominasi suasana pantai yang sepi.

Pantai yang berpaduan dengan sentra melon UGM ini sudah diberi fasilitas yang paling penting untuk pengunjung yang datang. Antara lain area parkir, kamar mandi (MCK), tempat istirahat, dan warung makan. Jangan khawatir kelaparan atau takut fasilitas wisata pantai ini tidak lengkap ya!

Pantai Porok adalah salah satu pantai tersembunyi di jogja. via @arioardhi
Pantai Porok adalah salah satu pantai tersembunyi di jogja. via @arioardhi

Cara Pergi Ke Pantai Porok

Kawasan Pantai Porok ini cukup menarik perhatian para penggemar wisata alam, terutama pantai. Selain pantainya luas, pantai yang langsung menghadap Samudera Hindia ini menyajikan pemandangan laut dan pantai yang sangat alami. Saat air tenang, kamu akan menyaksikan garis cakrawala yang menyegarkan mata, dan tempat ini juga sangat ideal untuk menunggu sunset dan sunrise.

Alamat pantai ini bisa kamu cek melalui Google Maps, yaitu di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Kota Jogja kamu butuh waktu sekitar 1,30 menit untuk sampai, dengan menempuh jarak sekitar 70 km. Atau kalian juga bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Porok di Google Maps disini.

Yakin nggak mau berburu foto di Pantai Porok Jogja! via @jogjaku24jam
Yakin nggak mau berburu foto di Pantai Porok Jogja! via @jogjaku24jam

Rutenya? Lewat Jl. Wonosari, ke Piyungan, Patuk lalu sampai di Gading (lapangan terbang). Sampai di Kota Wonosari, masuk Jl. Baron menuju Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, dan melalui Pantai Sepanjang, sampai tiba di Pantai Porok.

Atau dari Piyungan lewat Patuk, lalu Sambipitu, sampai Gading (lapangan terbang). Dari situ kemudian ke arah Kota Wonosari, lalu ke Jl. Baron, Pantai Baron, Pantai Kukup sampai Pantai Porok.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Porok

Retribusi untuk masuk pantai cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000. Mengenai parkir kendaraan, ternyata kamu bukan parkir tepat di pantai ini, melainkan di Pantai Kukup, Pantai Lolang atau Pantai Sepanjang. Lalu dari area parkir kamupun perlu berjalan kaki. Dengan begitu, kamu harus dalam kondisi prima agar menikmati liburanmu dengan maksimal.

Yakin nggak mau berburu foto di Pantai Porok Jogja! via @jogjaku24jam
Yakin nggak mau berburu foto di Pantai Porok Jogja! via @jogjaku24jam

Tips Wisata Ke Pantai Porok

Agar liburan ke Pantai Porok lebih menyenangkan, ada baiknya kalian membaca beberapa tips wisata pantai ini!

Pantai Porok ini bisa dibilang adalah salah pantai instagramable di Jogja. via @infojogja.co
Pantai Porok ini bisa dibilang adalah salah pantai instagramable di Jogja. via @infojogja.co
  • Saat meniatkan perjalanan ke pantai ini, berarti kamu hendak melakukan perjalanan yang cukup jauh, dengan medan yang naik turun. Persiapkan dulu agar fisikmu prima dan kamu punya persediaan energi yang cukup untuk jalan jauh.
  • Jangan lupa mengisi baterai ponsel dan kamera sebelum berangkat. Tentunya sangat sayang kalau pemandangan seindah pantai ini, baik ombak yang bergulung-gulung atau singgah ke perkebunan melon terlewatkan begitu saja, kan?
  • Jangan lupa membawa makanan ringan dan minuman untuk mengganti cairan dan energi yang terbuang.
  • Ingin membawa serta anak yang masih sekolah agar mereka ikut menyaksikan sendiri keindahan Pantai Porok? Tentu tidak masalah asal dipertimbangkan faktor kesehatan dan keamanannya.
  • Jangan lupa untuk membawa uang cash dalam jumlah cukup, terutama receh agar proses transaksi lebih mudah. Mungkin saja kamu akan membeli melon yang ada di salah satu perkebunan melon di sana.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: