Gua Batu Cermin Si Fenomena Alam Cantik Milik NTT

LiburMulu.Com – Gua Batu Cermin merupakan salah satu gua yang kini sedang hits di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Gua ini ditemukan oleh Theodore Verhoven, yakni seorang misionaris Katolik, pada tahun 1951 yang ternyata sudah cukup banyak diulas di berbagai media masa sebagai tujuan wisata yang unik. Karena kepopulerannya inilah, kalian jadi tidak akan menemukan kesulitan untuk menemukan informasinya.

Salah satu sudut di Gua Batu Cermin

Salah satu sudut di Gua Batu Cermin

Guide setempat menyebutkan bahwa gua ini telah ada kurang lebih sejak enam puluh juta tahun yang lalu. Ketika kalian tiba di lokasi kalian harus terlebih dahulu melewati jalur masuk menuju gua yang terdapat banyak pohon bambu dengan ratusan durinya. Ketika musim kemarau seluruh pohonnya akan terlihat begitu kering namun justru membuat mereka terlihat begitu indah dan menciptakan pemandangan menjadi makin eksotis.

Pemandangan jalan menuju gua ketika musim kemarau

Pemandangan jalan menuju gua ketika musim kemarau

Pepohonan yang kering membuat view menjadi eksotis

Pepohonan yang kering membuat view menjadi eksotis

Gua Batu Cermin memiliki tangga dari semen yang cukup tinggi di pintu masuknya, membuat penampakan gua menjadi semakin megah dengan langit yang tinggi. Setelah masuk ke ‘perut’ gua, kalian akan menemukan banyak ruang-ruang yang sangat besar serta luas.

Meskipun begitu, semua pengunjung diwajibkan untuk mengenakan helm keselamatan dan membawa senter, karena ada bagian gua yang gelap gulita yang bisa kalian jelajahi. Gua ini memiliki berbagai keunikan, salah satunya terdapat bagian dinding gua yang bagaikan layar lebar.

Sementara tidak jauh dari dinding tersebut ada lubang tempat masuknya cahaya matahari. Maka jika pada siang hari, cahaya akan jatuh ke lubang tersebut dan mengenai bagian dinding gua, cahaya yang masuk akan direfleksikan ke seluruh celah gua yang mungkin dijangkau oleh cahaya.

(Baca Juga: Gua Jomblang, Hanya Untuk Para Petualang!)

Terdapat tangga untuk mencapai bagian atas gua

Terdapat tangga untuk mencapai bagian atas gua

Kemegahan di dalam gua

Kemegahan di dalam gua

Alasan gua cantik yang satu ini disebut dengan Gua Batu Cermin sendiri, adalah karena pada musim hujan jika ada genangan air di bagian bawah dekat dinding tersebut maka genangan air tersebut akan ikut direfleksikan ke dinding. Namun pengunjung tidak selalu dapat menyaksikan fenomena tersebut, dikarenakan jarangnya musim penghujan di tanah NTT.

Namun kalian tetap akan dibuat terpesona oleh Gua Batu Cermin ini oleh berbagai keunikannya. Bahkan kalina akan dapat menemukan bagian-bagian dinding gua yang begitu mirip dengan batuan karang di dasar laut, serta seakan memiliki berbagai warna. Warna putih, kuning, cokelat dan hijau bekas lumut jelas sangat terlihat, bikin makin banyak tanda tanya di kepala.

Guanya punya lantai dua :p

Guanya punya lantai dua :p

Keindahan Gua Batu Cermin ini terbentuk karena sebuah fenomena alam yang langka terjadi, yakni akibat aktivitas tektonik atau turunnya permukaan laut, sehingga membuat gua yang jutaan tahun lalu berada di dasar laut akhirnya naik ke permukaan tanah seperti saat ini. Gua Batu Cermin menjadi salah satu hasil kekayaan fenomena alam yang dimiliki oleh Indonesia, jadi tidak ada alasan untuk tidak berkunjung bukan?! Karena liburan paling sempurna adalah liburan yang dapat menambah ilmu pengetahuan. Selamat berlibur!

Berbagi itu menyenangkan!

Tinggalkan Komentar

liburmulu
%d bloggers like this: