Cianjur Namanya Mungkin Sedikit Tenggelam Oleh Bandung, Tetapi

Cianjur Namanya Mungkin Sedikit Tenggelam Oleh Bandung, Tetapi Destinasi Liburan Di Cianjur Ini Pasti Membuat Kalian Terhibur

LiburMulu.com – Kabupaten Cianjur, adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukota kecamatannya sendiri terletak di kecamatan Cianjur. Secara langsung kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta di Utara , Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Garut di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Sukabumi di barat.

Sebagian besar orang yang akan menuju ke Bandung lewat puncak pasti akan melewati Cianjur. Sayangnya, sampai sekarang ini orang lebih banyak mengetahui Cianjur sebagai kota transit saja. Enggak seperti Bandung yang sudah menjadi tujuan berlibur utama. Nah, kalian pasti banyak yang belum tahu kan kalau di Cianjur ini juga banyak tempat untuk berlibur?

Iya, Cianjur Namanya Mungkin Sedikit Tenggelam Oleh Bandung, Tetapi Destinasi Liburan Di Cianjur Ini Pasti Membuat Kalian Terhibur! Baca deh!

1. Cianjur Bisa Menghibur Dengan Situs Megalitik Terkeren Di Asia Tenggara, Situs Gunung Padang

Cianjur Bisa Menghibur Dengan Situs Megalitik Terkeren Di Asia Tenggara, Situs Gunung Padang!
Cianjur Bisa Menghibur Dengan Situs Megalitik Terkeren Di Asia Tenggara, Situs Gunung Padang! (sumber)

Pemandangan di foto ini bukanlah batuan yang berserakan dan tersebar secara acak. Percaya atau tidak ini adala situs Gunung Padangd Cianjur yang terkenal itu. Disebutkan kalau ini adalah sebuah situs prasejarah Megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Luas bangunan purbakala Situs Gunung Padang ini mencapai 900 meter persegi, sementara luas total areal situs Gungun Padang sendiri kurang lebih sekitar 3 ha.

Situs megalitik Gunung Padang ini berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, atau sekitar 50 kilometer di sebelah selatan kota Cianjur. ditempuh 1,5 jam atau 45 km dari kota Cianjur. Dari Jakarta jaraknya 165 km dan dari Bandung sektar 110 km. Perjalanan akan melalui jalur naik-turun, kadang aspalnya mulus dan kadang jalanan berlubang dan berbatu.

2. Gunung Gede Yang Mempesona, Bisa Kalian Daki Dari Jalur Cibodas Yang Terletak Di Cianjur

unung Gede Yang Mempesona, Bisa Kalian Daki Dari Jalur Cibodas Yang Terletak Di Cianjur
unung Gede Yang Mempesona, Bisa Kalian Daki Dari Jalur Cibodas Yang Terletak Di Cianjur (sumber).

Gunung Gede berlokasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Ini adalah salah satu taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Ditetapkan pada tahun 1980, taman nasional ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia.

TN Gunung Gede Pangrango terutama didirikan untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan yang cantik di Jawa Barat. Dengan luas 21.975 hektare, wilayahnya terutama mencakup dua puncak gunung Gede dan Pangrango beserta tutupan hutan pegunungan di sekelilingnya.

Gunung Gede adalah salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki. Entah pendaki yang sudah berpengalaman atau pendaki gunung yang masih pemula. Cantiknya pemandangan sunrise di puncak yang tingginya 2.958 mdpl banyak menarik para pendaki.

Selain itu pada sepanjang jalur pendakiannya kalian juga akan disuguhi panorama dari Telaga Biru, Curug Cibereum, dan padang edelweis Alun-Alun Suryakencana yang mempesona. jalur pendakian yang sudah biasa dipakai para pendaki untuk menuju ke puncak Gunung Gede atau puncak Gunung Pangrango adalah lewat Jalur Cibodas yang terletak di Cianjur.

3. Curug Citambur Yang Ada Di Cianjur Bisa Sangat Menghibur

Curug Citambur Yang Ada Di Cianjur Bisa Sangat Menghibur.
Curug Citambur Yang Ada Di Cianjur Bisa Sangat Menghibur (sumber).

Karena sebagian wilayah Cianjur adalah merupakan daerah pegunungan, tidak aneh lagi kalau disini bisa ditemui air terjun. Salah satu air terjun di Cianjur yang bisa kalian nikmati keindahannya adalah Curug Citambur. Curug ini berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda. Atau untuk menuju ke Curug Citambur kalian perlu menempuh perjalanan sekitar 66 Km ke arah selatan Kota Cianjur.

Alternatifnya bisa ditempuh dengan jarak 40 Km dari kawasan Ciwidey, Bandung. Curug Citambur dengan ketinggian sekitar 40 meter ini masih begitu alami, udara disekitarnya pun begitu sejuk, pasti membuat kalian betah berlama – lama disini. Nah, buruan deh liburan ke Cianjur

4. Kebun Raya Cibodas Siap Membuat Hari – Hari Kalian Menyenangkan

Kebun Raya Cibodas Siap Membuat Hari - Hari Kalian Menyenangkan.
Kebun Raya Cibodas Siap Membuat Hari – Hari Kalian Menyenangkan (sumber).

Seorang ahli fisiologi tumbuhan Dr. F.W. Went menganalogikan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu surga di Bumi. Analogi Dr. F.W. Went ini mungkin saja benar. Karena jika kalian berkunjung langsung ke wisata Kebun Raya Cibodas ini, suasana tenang dan keindahannya memang bak surga di dunia. Tumbuhan yang hijau terhampar di sepanjang mata memandang, udara yang sejuk membuatnya makin menyenangkan.

Kebun Raya Cibodas terletak di Desa Rarahan, Cimacan, Cianjur. Atau sekitar 86 km dari Jakarta. Menempuh perjalanan sekitar 90 menit jika melewati jalan raya Bogor – Puncak – Cianjur. Dari pinggiran jalan raya kalian masih harus berjalan kaki atau dapat juga naik kendaraan kurang lebih sekitar 4 km lagi untuk tiba di Kebun Raya Cibodas. Kebun ini terletak di ketinggian 1.500 m dan memiliki hawa yang sejuk rata sekitar 18 derajat celcius! Pas sekali untuk suasana liburan!

5. Di Kabupaten Cianjur Ada Waduk Jangari, Disini Kalian Bisa Kuliner Dan Menikmati Suasana Tenangnya

Di Kabupaten Cianjur Ada Waduk Jangari, Disini Kalian Bisa Kuliner Dan Menikmati Suasana Tenangnya.
Di Kabupaten Cianjur Ada Waduk Jangari, Disini Kalian Bisa Kuliner Dan Menikmati Suasana Tenangnya (sumber).

Jangari adalah nama dari sebuah Waduk Buatan di Cianjur. Pun ini adalah waduk buatan, pesonanya bisa membuat liburan kalian akan menyenangkan. Coba saja datang ke Waduk Jangari yang terletak di desa Bobojong, Kecamatan Mande, Cianjur. Kalian bisa menikmati suasana waduk, lengkap dengan kehidupan masyarakat yang sederhana.

Di Waduk Jangari Kalian tidak cuma bisa berkeliling dengan perahu, atau melihat pertunjukan kesenian tradisional seperti jaipong dan dangdutan juga sering diadakan disini. Tetapi kalian juga bisa mencicipi kuliner ikan segar hasil tangkapan dari Waduk Jangari.

6. Meskipun Agak Jauh, Danau Kecil Leuwi Soro Bisa Menjadi Alternatif Untuk Destinasi Yang Anti Mainstream Di Cianjur

Meskipun Agak Jauh, Danau Kecil Leuwi Soro Bisa Menjadi Alternatif Untuk Destinasi Yang Anti Mainstream Di Cianjur
Meskipun Agak Jauh, Danau Kecil Leuwi Soro Bisa Menjadi Alternatif Untuk Destinasi Yang Anti Mainstream Di Cianjur (sumber)

Leuwi Soro ini adalah danau kecil yang berada di tengah – tengah perkampungan. Leuwi sendiri berarti danau kecil yang berlokasi di Kecamatan Pagelaran. Leuwi Soro bisa dikunjungi setelah menempuh jarak sekitar 65 Km dari pusat kota Cianjur. Pun kecil, danau ini dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan dan udara pedesaan yang segar. Cocok untuk kalian yang bosan dengan udara perkotaan yang biasanya penuh polusi.

7. Cianjur Juga Punya Pantai, Beranjaklah Ke Pesisir Selatan Dan Kalian Akan Menemukan Pantai Jayanti

Cianjur Juga Punya Pantai, Beranjaklah Ke Pesisir Selatan Dan Kalian Akan Menemukan Pantai Jayanti.
Cianjur Juga Punya Pantai, Beranjaklah Ke Pesisir Selatan Dan Kalian Akan Menemukan Pantai Jayanti (sumber).

Pantai Jayanti ini merupakan pantai indah yang berdampingan dengan cagar alam dan daerah pelabuhan ikan. Sebuah pantai dengan ombak yang indah dan angin bertiup perlahan-lahan menambah kenyamanan Jayanti sebagai pantai rekreasi. Pantai ini terletak di desa Cidamar, Cidaun, Cianjur kabupaten desa provinsi Jawa Barat. berjarak 139 km dari kota Cianjur.

Ini adalah sebuah pantai menawan, yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. Kalau kalian berkunjung ke Pantai Jayanti, siap-siap saja dibelai dengan segarnya angin laut yang beraroma garam tipis. Tidak lupa gugusan karang di bibir pantai ini juga menarik untuk diabadikan dengan kamera kalian.

8. Taman Bunga Nusantara Akan Semakin Membuat Kalian Jatuh Hati Dengan Cianjur Deh!

Taman Bunga Nusantara Akan Semakin Membuat Kalian Jatuh Hati Dengan Cianjur Deh!
Taman Bunga Nusantara Akan Semakin Membuat Kalian Jatuh Hati Dengan Cianjur Deh!

Berlibur ke taman bunga mungkin terlihat sebagai liburan yang biasa. Namun jika kalian berkunjung ke Taman Bunga Nusantara yang berada di Cianjur ini, liburan kalian akan menjadi luar biasa. Hamparan bunga berwarna-warni di Taman Bunga Nusantara yang di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi ini akan menyihir kalian. Apalagi lokasinya enggak begitu jauh dari kawasan Puncak.

Areal Taman Bunga Nusantara yang seluas 35 hektare ini tidak akan membuat kalian bosan. Apalagi taman disini dibagi menjadi beberapa bagian dengan konsep yang tematik. Ada Taman Air, Taman Labirin, serta Rumah Kaca. Indahnya dekorasi dan kumpulan bunga di Taman Bunga Nusantara yang asri membuat tempat ini menjadi salah tempat favorit untuk prewedding di Cianjur.

9. Curug Cikondang Cianjur Bisa Menjadi Alternatif Seru Untuk Kalian Penyuka Wisata Air Terjun Di Cianjur

Curug Cikondang Cianjur Bisa Menjadi Alternatif Seru Untuk Kalian Penyuka Wisata Air Terjun Di Cianjur.
Curug Cikondang Cianjur Bisa Menjadi Alternatif Seru Untuk Kalian Penyuka Wisata Air Terjun Di Cianjur (sumber).

Curug Cikondang ini lokasinya berada sekitar 37 km dari kota Cianjur. Untuk menuju Curug Cikondang akan memerlukan sedikit perjuangan karena jalanan sedikit rusak. Lokasinya di Desa Sukadana, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat Indonesia.

Dengan ketinggian Curug Cikondang sekitar 50m dan berada di tengah – tengah perkebunan teh PTP VIII Penyairan. Lokasinya dihimpit oleh sawah – sawah teras siring yang membuat Curug Cikondang ini tidak kalah indah jika dibandingkan dengan suasana di Ubud, Bali.

Perjalanan ke curug cikondang ini biasanya adalah lanjutan perjalanan dari situs gunung padang, karena jaraknya hanya sekitar ±7km dari situs Gunung Padang. Namun perlu dicatat, dari total 7km perjalanan, kira – kira sekitar 5 km adalah jalanan melewati perkebunan teh yang rusak dan berbatu. Persiapkan kendaraan yang kalian pakai dalam kondisi prima.

10. Siapa Bilang Istana Kepresidenan Cuma ada Di Jakarta Dan Bogor? Di Cianjur Ada Istana Presiden Cipanas Lho!

Siapa Bilang Istana Kepresidenan Cuma ada Di Jakarta Dan Bogor? Di Cianjur Ada Istana Presiden Cipanas Lho!
Siapa Bilang Istana Kepresidenan Cuma ada Di Jakarta Dan Bogor? Di Cianjur Ada Istana Presiden Cipanas Lho! (sumber)

Istana presiden di Cipanas, Kabupaten Cianjur, ini tidak kalah luasnya dengan istana yang di Bogor. Luasnya sekitar 26 hektar. Istana Cipanas memang tidak seperti Istana Bogor yang terlihat seperti istana. Namun Istana Cipanas tampil mirip seperti rumah tempo dulu. Luas bangunan induknya pun hanya 980 meter persegi. Kalau dijumlahkan dengan bangunan lainnya, total mencapai 7.760 meter persegi.

Yang khas dari Istana Cipanas antara lain pembagian halaman istana. Yaitu menjadi bagian taman istana dan hutan istana. Tamannya sih biasa, tetapi hutannya itu yang luar biasa. menurut catatan LIPI, hutan Istana Cipanas menyimpan sekitar 1.334 spesimen, yang berasal dari 171 spesies tanaman dan pohon. Hal unik lainnya adalah di belakang Istana Cipanas ini terdapat sumber mata air panas yang dialirkan ke dua gedung pemandian. Satu gedung untuk presiden dan satu gedung lagi adalah untuk tamu.

11. Jangan Lupa Mencicipi Kulinernya, Ke Cianjur Belum Lengkap Tanpa Makan Tauge Tauco Atau Geco

Jangan Lupa Mencicipi Kulinernya, Ke Cianjur Belum Lengkap Tanpa Makan Tauge Tauco Atau Geco.
Jangan Lupa Mencicipi Kulinernya, Ke Cianjur Belum Lengkap Tanpa Makan Tauge Tauco Atau Geco (sumber).

Jika kalian sedang liburan ke Cianjur jangan lupa mencoba Kuliner Khasnya yaitu Geco. Geco ini adalah makanan yang merupakan singkatan dari tauge dan tauco. Dan, diklaim menjadi makanan khas Cianjur yang rasanya cukup menggoda lidah. Maklum ciri khas dari makanan ini adalah lumuran tauco yang merupakan bumbu makanan khas dari Cianjur.

Bumbu tauco geco sendiri terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi). Fermentasi tauco dengan direndam dengan air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan. Selamat mencoba Geco ketika berlibur ke Cianjur!

Banyak Dicari

  • backpacker ke cianjur

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
5 Responses
%d bloggers like this: