Pantai Ngetun, Teluk yang Indah untuk Camping

Pantai Ngetun, atau yang sering disebut Pantai Ngitun ini menyuguhkan pemandangan yang indah dengan pasirnya yang putih, bersih, dan bukit-bukit di sekitar Gunungkidul. Pantai ini sudah cukup mulai dikenal oleh wisatawan, tapi masih cukup sepi dan tampak alami dengan dua bukit yang mengapit. Pantainya sendiri tidak besar.

Keadaannya tampak bagaikan teluk mungil. Kalau kamu datang ke pantai ini, kamupun bisa mendaki bukit karangnya yang cukup tinggi, dan mendapatkan angle pemandangan yang lebih luas, eksotis, termasuk tentunya pemandangan sunset. Para penyuka senja pasti betah berlama-lama berada di pantai ini!

Pantai Ngetun ini merupakan teluk yang Indah untuk Camping! via @shenwansan
Pantai Ngetun ini merupakan teluk yang Indah untuk Camping! via @shenwansan

Yang Menarik dari Pantai Ngetun

Sekitar pantai ini banyak sekali terdapat batu-batu karang kecil, dan bebatuan yang terjal. Wisatawan yang datang justru banyak yang memanfaatkan batu-batu karang yang terjal sebagai latar berfoto. Seperti Watu Gentong yang tinggi, dan untuk mencapainya kamu harus naik ke atas karang yang letaknya menjorok ke tengah laut. Tentu setiap orang yang mau melakukannya harus sadar dengan risikonya, karena selain curam, risiko tercebur ke laut juga lumayan besar.

Puas berfoto, pada sebagian sudut pantai ini terdapat pepohonan yang cukup rindang, sebagai tempat melepas letih dan berteduh dari sengatan matahari. Dan di tengah suasana yang sepi, tentunya sangat nyaman kalau kamu sempat memasang hammock, dan beristirahat sambil menikmati hembusan angin segar, kan? Dan saking sepinya, pantai ini juga bisa jadi camping ground yang nyaman.

Kalian gak ingin liburan ke Pantai Ngetun ini! via @ajisptr_98
Kalian gak ingin liburan ke Pantai Ngetun ini! via @ajisptr_98

Untungnya, Pantai Ngetun yang belum begitu ramai ini sudah diberi fasilitas yang cukup. Minimal ada toilet untuk MCK, dan area parkir untuk kendaraan wisatawan. Namun rupanya pengelola pantai ini mendengarkan aspirasi wisatawan juga, dengan menyediakan fasilitas mushola. Begitu pula dengan diadakannya warung yang menyediakan makanan terjangkau buat wisatawan yang kebetulan datang tanpa membawa bekal.

Namun tetap saja, sebaiknya kamu bawa bekal terutama minuman yang cukup, untuk mengantisipasi kehilangan cairan karena terik dan banyak bergerak. Toh, di pantai ini kamu bukan hanya bisa bersantai dan menikmati pemandangan saja. Selain siap sedia dengan kamera untuk menangkap view yang keren, di sini pengunjung juga bisa ikut berenang, atau memancing ikan.

Pasir di Pantai Ngetun juga asik untuk bermain! via @vckyrstywn
Pasir di Pantai Ngetun juga asik untuk bermain! via @vckyrstywn

Cara Pergi Ke Pantai Ngetun

Alamat tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunugkidul. Kalau sebelumnya kamu sudah pernah berkunjung ke Pantai Siung atau Pantai Poktunggal, Pantai Ngitun atau Ngetun ini letaknya di antara pantai-pantai ini. Nah, tentunya semakin mudah untuk mencapai pantai ini dengan mengetahui patokan atau ancar-ancar lokasinya, ya?

Dari Kota Jogja butuh waktu 2 jam untuk sampai sini. Antara lain, kamu bisa lewat Jl. Wonosari ke arah Playen. Dari sana, ke arah Pemda Wonosari, lalu ke arah pertigaan Wonosari. Dari pertigaan itu belok ke kanan menuju Jl. Baron, hingga ke pertigaan Mulo.

Banyak yang liburan ke Pantai Ngetun untuk camping bersama teman! via @saturnsky_
Banyak yang liburan ke Pantai Ngetun untuk camping bersama teman! via @saturnsky_

Ambil kiri ke arah Tepus, dari sana kamu menemukan papan penunjuk arah menuju kawasan Pantai Ngitun. Pantai ini berada dalam deretan pantai-pantai selatan, di Kabupaten Gunungkidul. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Ngetun di Google Maps disini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Ngetun

Tiket masuknya murah, koq. Per orang hanya ditarik Rp6.000 berikut parkir kendaraan Rp3.000 per motor, atau Rp5.000 per mobil. Nah, dengan tiket semurah itu, siapa yang nggak tertarik liburan jauh dari keriuhan suasana kota?

Tips Wisata Ke Pantai Ngetun

Pantai Ngetun tampak cantik dari udara! via @beautiful_indonesia_official
Pantai Ngetun tampak cantik dari udara! via @beautiful_indonesia_official

Agar liburan kalian lebih menyenangkan, ada baiknya kalian membaca tips wisata ke Pantai Ngetun dibawah ini!

  • Datanglah camping ke pantai ini, beramai-ramai dengan teman-temanmu! Jangan sendirian, supaya kalian bisa saling meringankan bawaan, baik tenda, tikar, dan perbagai peralatan.
  • Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti, untuk antisipasi kalau kamu sempat main air atau mendaki karang sampai pakaianmu kotor. Gunakan sunglass untuk melindungi matamu, juga sunblock kalau tak ingin kulitmu terbakar.
  • Untuk camping sampai bermalam, sebaiknya bawa makanan dan minuman dari rumah. Jangan sepenuhnya mengandalkan warung, yang bukanya tidak 24 jam.
  • Baterai ponsel penuh itu syarat mutlak, untuk menjamin kamu tetap terhubung dengan keluarga di rumah. Bawa selalu powerbank, dan jika mungkin kamera saku agar penggunaan daya ponsel lebih irit.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: