Traveling ke Taiwan, Kalian Harus Mampir ke Jiufen!

Jika berencana traveling ke Taiwan, apalagi saat menjelang tahun baru seperti ini, ada sebuah kota unik yang wajib banget kamu kunjungi. Letaknya tidak jauh dari Taipei, hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam berkendara dengan bus. Kota ini bernama Jiufen. Letaknya yang tidak jauh dari Taipei membuat kota ini sangat digemari oleh turis. Selain itu, di Jiufen kamu akan lebih merasakan sisi lain dari Taiwan, terutama bagi yang lebih suka dengan culture sebuah negara. Yuk, kita lihat apa saja yang menarik di Jiufen!

Jiufen terletak di bagian timur laut Taiwan dan dikelilingi oleh pegunungan. Dulunya, Jiufen ini merupakan tambang emas pada masa penjajahan Jepang. Dengan ditemukannya tambang emas, Jiufen pun berkembang pesat menjadi sebuah kota pertambangan. Nah, jika kamu ke Jiufen, jangan heran jika masih melihat bangunan-bangunan lama dan beberapa bentuknya seperti rumah-rumah Jepang.

Traveling ke Taiwan mampirlah ke Jiufen
Pernah dengar Kota Jiufen? Begini pemandangan dari atas Kota Jiufen

Kota Jiufen mulai booming dengan turis terutama turis Jepang karena kabarnya Jiufen menginspirasi seorang animator dan juga sutradara film dari Jepang bernama Hayao Miyazaki. Beliau menciptakan sebuah film anime yang terkenal dan juga telah memenangkan banyak penghargaan, judulnya adalah Spirited Away. Kalian sudah pernah nonton? Kalau sudah, mungkin kamu harus benar-benar pergi ke Jiufen!

Jiufen ini bisa dicapai dari Taipei dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan. Nah, untuk pergi ke Taipei Ibukota Taiwan bisa beli tiket pesawat di Traveloka. Soalnya selain beli tiket di Traveloka itu lebih murah, caranya juga paling mudah. Cukup dengan install aplikasi mobile Traveloka, sudah bisa pesan tiket PP ke Taipei.

Beli Tiket Pesawat di Traveloka
Beli tiket dengan aplikasi mobile traveloka memang paling mudah

 

Sekarang, mari keliling Jiufen dan melihat beberapa hal menarik disana!

Jiufen Old Street

Karena letaknya yang berada di daerah pegunungan, bentuk kota Jiufen ini sangat unik. Hanya ada dua jalan utama disini, yang satunya naik turun, yang satunya lagi datar. Jalannya tidak terlalu besar juga, jadi kalau ada dua mobil berpapasan harus berhati-hati. Selain jalan utama, banyak gang-gang kecil dengan tangga-tangga karena posisinya yang tidak rata, atau naik turun.

Lampion di sepanjang Jiufen Old Street
Lampion di sepanjang Jiufen Old Street

Inilah salah satu daya tarik dari Jiufen, menelusuri gang-gang kecil dengan tangga naik-turun. Di sekeliling, banyak toko-toko yang menjual beraneka ragam suvenir maupun makanan. Salah satu spot paling terkenal di sini adalah A Mei Tea House. Pada malam hari, A Mei Tea House terlihat indah dengan lentera-lentera merah menyala di sekitar bangunan model kayu ini.

Jalanan di Jiufen Old Street
Jalanan di Jiufen Old Street

Di Jiufen Old Street, juga ada sebuah bioskop tua yang merupakan tempat hiburan bagi para pekerja tambang. Kalau sedang cerah, kamu juga bisa melihat pemandangan indah lautan yang dikelilingi pegunungan dari salah satu spot di Jiufen Old Street. Jangan lewatkan waktu untuk mencicipi berbagai makanan khas di sini, seperti Taro Soup, Rice Cake, atau ‘nge-teh’ ala-ala Taiwanese.

Rice Cake khas Jiufen
Rice Cake khas Jiufen
Taro Rice Ball Jiufen
Taro Rice Ball Jiufen

 

Gold Ecological Park

Di Gold Museum, kamu bisa melihat-lihat dan mempelajari sejarah pertambangan di area Jiufen. Letaknya berada di kota sebelah bernama Jinguashi. Dari Jiufen Old Street kamu bisa naik bus menuju Gold Museum. Tiket masuk dewasa untuk Gold Museum adalah 80 NTD. Disini kamu bisa melihat-lihat rumah-rumah model Jepang, salah satu yang paling indah adalah Crown Prince Chalet.

Teruslah berjalan, akan ada anak tangga yang menaiki sisi sebuah bukit dan diujungnya ada sebuah temple Jepang, Golden Shinto Shrine. Disekitar sana juga ada sebuah air terjun menarik bernama Golden Waterfall. Aliran airnya mengalir di dinding berwarna keemasan yang merupakan hasil dari larutan beberapa mineral.

Area sekitar bekas tambang Gold Museum Jiufen
Area sekitar Gold Museum dikala hujan
Kamar di rumah Direktur Pertambangan Gold Museum Jiufen
Salah satu kamar di rumah Direktur Pertambangan Gold Museum Jiufen
Cafe Alchemy Golde Museum Jiufen
Cafe Alchemy di Gold Museum
LiburMulu lagi menyusuri Gold Musem di Jiufen
LiburMulu lagi menyusuri Gold Musem di Jiufen
Area Sekitar Golde Museum Jiufen
Area disekitar Gold Museum

 

Cyuanji Temple

Masih didekat Gold Museum, ada sebuah kuil mencolok yang bernama Cyuanji Temple. Menariknya, di atas kuil ini ada sebuah patung raksasa yang merupakan seorang jendral ternama bernama Guangong.

Cyuanji Temple Jiufen
Cyuanji Temple Jiufen

 

Qitang Old Street

Berbeda dengan Jiufen Old Street yang selalu ramai dan sibuk dengan turis, Qitang Old Street lebih sepi. Banyak gang-gang kecil dan rumah-rumah model lama, cocok bagi kamu yang lebih suka ketenangan. Dikelilingi oleh pegunungan membuat Qitang Old Street terlihat lebih asri. Ketika kabut turun dari gunung, kota kecil ini terlihat makin indah.

Qitang Old Street Jiufen
Qitang Old Street

 

Tips mengunjugi Jiufen

Ada dua cara untuk pergi menuju ke Jiufen dari Taipei. Bisa dengan naik kereta api atau dengan naik bus. Berikut panduannya ada di bawah ini:

  1. Ke Jiufen naik kereta api dari Taipei
    Dari Taipei Main Station belilah tiket kereta menuju Stasiun Ruifang. Setelah tiba di Stasiun Ruifang, keluarlah ke pintu utama dan seberangi jalan menuju stasiun bus. Bus menuju Jiufen Old Street bernomor 788. Harga tiket kereta adalah NTD 60 dan bus menuju Jiufen dari stasiun Ruifang adalah NTD 20.
  1. Ke Jiufen naik bus dari Taipei
    Jika kamu ingin mencoba bus langsung dari Taipei, pergilah ke Zhongxiao Fuxing Station dan ambil exit nomor 2. Bus menuju Jiufen adalah bus dengan nomor 1062. Harga bus ini adalah NTD 100.
Jiufen di malam hari
Jiufen di malam hari
Kabut di Jiufen
Kabut di Jiufen

Biasanya, turis hanya berada di Jiufen satu hari atau one day trip dari Taipei. Ada baiknya, coba tinggal satu malam karena kamu bisa explore Jiufen lebih puas. Selain itu, kamu akan lebih santai ketika berkeliling Jiufen bukan?

Terus, untuk catatan tambahan, di Jiufen akan sangat ramai pada saat sore hari dari jam 4 sore sampai 8 malam. Jika kamu menginap di Jiufen, kamu bisa jalan-jalan di sekitar Jiufen Old Street setelah jam sibuk jadi akan lebih sepi dan kamu bisa lebih leluasa berfoto.

Nah, apakah kamu tertarik menjadikan Jiufen sebagai destinasi berlibur saat akhir tahun? Yuk, jelajahi Asia lebih luas lagi!

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Entrepreneur, dan Travel Blogger di virustraveling.com

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: