Bukit Jaddih, Ketika Luka Alam Berubah Menjadi Tempat Wisata!

Bukit Jaddih, Ketika Luka Alam Berubah Menjadi Tempat Wisata!
5 (100%) 18 votes

LiburMulu.Com – Potensi wisata di Madura selama ini seakan tidak terdengar. Tertutup oleh hingar bingar destinasi wisata lainnya di Jawa, terutama di sekitar Surabaya. Padahal, tempat wisata untuk liburan di Madura ini juga tidak kalah dengan tempat lain loh! Sebut saja Bukit Jaddih, yang mungkin belum banyak yang tahu.

Lengkapnya lebih banyak dikenal dengan Bukit Kapur Jaddih, namun sebagian besar orang lebih suka menyebutnya Bukit Jaddih saja. Bukit ini sebenarnya adalah sebuah penambangan batu kapur putih, dan bukan sebagai tujuan wisata seperti umumnya. Kondisinya agak mirip dengan Brown Canyon yang ada di Semarang yang juga tempat penambangan pasir. Hanya saja kalau Bukit Jaddih ini adalah penambangan batu kapur putih. (Baca Juga : Brown Canyon, Salah Satu Tempat Wisata Yang Instagram Able Di Semarang)

Bukit Jadih tempat yang cukup fotogenik, atau bahkan bisa buat prewedding loh!
Bukit Jadih tempat yang cukup fotogenik, atau bahkan bisa buat prewedding loh! (sumber)

Namun, nasib Bukit Jadih jauh lebih beruntung daripada si Brown Canyon yang ada di Semarang. Meskipun sebelumnya Bukit Jaddih ini tidak dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan tidak dibuka untuk umum, namun sekarang ini Bukit Jaddih telah difungsikan menjadi lokasi wisata yang dibuka untuk umum.

Lokasi tempat wisata Bukit Jaddih ini berada di dekat penambangan batu kapur di wilayah Bangkalan, atau lebih jelasnya, lokasi wisata bukit di Madura ini berada di Desa Jaddih. Jika kalian ingin liburan ke tempat ini, kalian harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam – 1,5 jam atau sekitar 28 km dari pusat kota Surabaya melalui jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Madura dengan Surabaya. (Baca Juga : Bukit Moko, Menikmati Malam Hari Bandung Dari Ketinggian)

Akses menuju Bukit Jaddih bisa dicapai baik dengan Mobil atau Sepeda Motor. Namun harap diperhatikan karena jalur menuju Bukit Jaddih cukup susah dan jalurnya lumayan terjal. Jadi diharapkan untuk selalu berhati – hati di perjalanan. Jika kalian mengunjungi Bukit Jaddih di Madura dengan sepeda motor, sebaiknya kalian mengambil jalur alternatif lewat jalan raya Labang, sehingga tidak perlu memutar melewati Kota Bangkalan terlebih dahulu.

Bisa terlihat dengan Jelas Untuk Menuju tempat ini cukup sulit jalanannya
Bisa terlihat dengan jelas untuk menuju tempat ini cukup sulit jalanannya (sumber)

Sementara itu jika kalian menuju kesana dengan menggunakan mobil, mau tidak mau kalian harus memutar terlebih dahulu melewati Kota Bangkalan. Lalu untuk arah pulang ke Surabaya, kalian barulah bisa melewati jalur alternatif jalan raya Labang. Namun perlu dicatat, jalur ini akan melewati medan yang terjal. Pilihan lain adalah kembali melewati jalan dimana kalian datang.

Wisata alam Bukit Jaddih tidak hanya menawarkan Panorama Alam berupa bukit kapur yang pemandangannya sebelas dua belas dengan Cappadocia yang ada di Turki, tetapi disana juga terdapat kolam renang yang bernama “Goa Potte”. Selain itu karena disini adalah tempat pertambangan kapur, tentunya juga ada banyak goa – goal kecil sisa penambangan. Namun tidak disarankan untuk memasuki goa tadi karena cukup rapuh dan bisa runtuh kapan saja.

Di Bukit Jaddih juga terdapa kolam untuk berenang
Di Bukit Jaddih juga terdapat kolam untuk berenang (sumber)
Penambangan batu kapur aktif di sekitar Bukit Jaddih
Penambangan batu kapur aktif di sekitar Bukit Jaddih (sumber)

Sebenarnya, daya tarik utama dari kawasan wisata Bukit Jaddih yang ada di madura ini adalah panorama alam sekitarnya yang fotogenik. Dengan suasana dan cuaca yang mendukung, kalian yang berkunjung ke tempat ini pastilah berkesempatan untuk mendapatkan foto yang bagus.

Perlu dicatat juga, meski tempat ini bagus dan layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata, namun masih banyak penambangan batu kapur yang masih aktif. Sehingga para pekerja penambang kapur di dekat Bukit Jaddih masih banyak terlihat.

Selain itu, sebaiknya kalian memanfaatkan GPS atau peta untuk menemukan lokasi Bukit Jaddih di Madura ini karena petunjuk untuk menuju ke tempat ini masih terhitung kurang. Tiket masuk ke Bukit Jaddih adalah IDR 2000 dan biaya parkir disini adalah IDR 5000. (Baca Juga : Punthuk Setumbu Dan Pemandangan Sunrisenya Yang Syahdu)

Peta Lokasi Bukit Jaddih

Panorama alam di sekitar bukit jaddih begitu memukau
Panorama alam di sekitar bukit jaddih begitu memukau (sumber)

Bukit Jaddih ini berada tidak jauh dari penambangan batu kapur di wilayah Bangkalan, atau lebih jelasnya, lokasi wisata bukit di Madura ini berada di di Desa Jaddih, sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Untuk peta lokasi Bukit Jaddih di Google maps bisa dilihat di bawah ini. Klik untuk melihatnya dalam aplikasi google maps.

Peta Lokasi Bukit Jaddih
Peta Lokasi Bukit Jaddih

Foto Ala Instagram Di Bukit Jaddih Madura

Foto by IG @ellenamonica
Foto by IG @ellenamonica
by IG @feliciasuwandii
Foto By by IG @feliciasuwandii
Foto by IG @antoniboska
Foto by IG @antoniboska
Foto by IG @selasancia
Foto by IG @selasancia
Foto by IG @cath_devera
Foto by IG @cath_devera
Foto by IG @christinasusilo
Foto by IG @christinasusilo
Foto by IG @dessyys
Foto by IG @dessyys
Foto by IG @didiffaca
Foto by IG @didiffaca
Foto by IG @isalardyansyah
Foto by IG @isalardyansyah
Foto by by IG @miss_lx
Foto by by IG @miss_lx
Foto by IG @rahmatullahromadhon
Foto by IG @rahmatullahromadhon
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
1 Response
  1. Nanda Setiawan

    Bondowoso jawa timur. : stonehange … di bndwso px batu so’on. Padang ilalang ada di kawah ilalang . Ada bukit teletubis… ada kawah wurung. Jika berkenan… mohon admin bkinkan artikel untuk web anda …

%d bloggers like this: