Catet Ya! Ini Penting! Tentang 10 Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui!

LiburMulu.com Pernahkah kalian bertanya-tanya kenapa makanan hilang rasanya ketika kalian sakit flu dan hidungmu tersumbat? Faktanya, perasa pada lidah memungkinkan kita untuk bisa merasakan manis, asin, pahit atau gurih. Indera pencium atau pembau pada makanan dapat memberikan kita sensasi rasa paling banyak. Pada akhirnya, selera adalah kombinasi dari rasa dan pembau.

Dari semua indera yang dipunyai manusia, penciuman merupakan indera yang paling sensitf dan juga paling kompleks. Selain itu, indera pengecap juga lebih rumit dibandingkan dengan indera lainnya. Meskipun setiap indera memiliki organ reseptor sendiri, indera penciuman dan pengecap ternyata sangat berhubungan erat.

Catet Ya! Ini Penting! Tentang 10 Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui!

Catet Ya! Ini Penting! Tentang 10 Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui!

Salah satu hal yang paling menyenangkan dari makanan adalah baunya. Bau inilah yang bisa membangkitkan selera makan kalian. Sayangnya, tidak semua makanan dapat menciptakan perasaan senang untuk konsumennya, sebaliknya ada beberapa yang kurang sesuai dengan perut kita, terlepas dari rasanya yang sangat enak.

Nah, penasaran enggak? Catet Ya! Ini Penting! Tentang 10 Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui! Jangan sampai, kalian bermasalah karena membawa makanan ini ke kantor, atau bahkan ke tempat umum lainnya!

1. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Durian

Durian

Durian

Yang paling mengejutkan dari daftar ini adalah buah. Hasil alami dan satu-satunya makanan dalam daftar ini yang tidak di-fermentasi, disimpan, dipasterisasi atau direndam dengan sesuatu yang tak lazim. Durian adalah buah asli Asia Tenggara, sering digunakan untuk membuat smoothies atau isi roti, dan disukai oleh orang karena kematangannya dan baunya yang tajam.

Namun, buah ini sangat dibenci oleh Andrew Zimmern, pembawa acara‘Bizzare Foods’ di Travel Channel yang membandingkannya dengan bau bawang yang busuk. Selebriti koki Amerika,Anthony Bourdain menambahkan, “Durian meninggalkan bau seperti bau napas nenek tua.”

Sementara itu, kritikus terkenal Richard Sterling mendeskripsikannya seperti kotoran babi dan bawang. Sebenarnya merupakan hal illegal ketika membawa durian menggunakan transportasi umum di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk taksi Thailand dan kereta di Singapura.Seperti makanan berbau tajam lainnya, banyak yang menyukai durian atau bahkan membencinya.

2. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Natto

Natto

Natto

Beralih ke sayur-sayuran, Natto memiliki aroma bau yang paling tajam.Makanan Jepang yang berlendir, yang juga merupakan kedelai yang difermentasikan. Makanan ini biasanya dikonsumsi saat sarapan pagi sebagai pendamping nasi, isi sushi atau tambahan mie. Sedikit saus kedelai dan mustard cina ditambahkan sebelum kedelai dicampur dengan menggunakan sumpit, hingga menghasilkan banyak buih yang terasa lengket dan berlendir.

Selain lengket dan penampilannya tidak menarik, Natto juga memiliki aroma kotor, serta berbau seperti kaus kaki yang berkeringat.Namun begitu, seseorang berhasil menyajikannya dengan versi yang berbeda dan bebas bau. Meyenangkan bukan?

3. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Surströmming

Surströmming

Surströmming

Ikan berikutnya yang tidak enak, fermentasi ikan swedia yang sangat berbahaya.Bahkan dalam situs milik pemerintah Swedia menyebutkan ikan ini memiliki bau yang menyengat seperti ikan busuk. Situs ini juga merekomendasikan agar kamu mencucinya terlebih dahulu sebelum menyajikannya, dan memperingatkan untuk membuka wadah kalengnya di luar ruangan. Namun, isinya akan lebih baik dinikmati saat berada di dalam ruangan, karena baunya yang menyengat dapat mengundang lalat.

4. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Hongeo Atau Hongeohoe

Hongeohoe

Hongeohoe

Ikan yang berasal dari Korea ini memiliki bau ikan yang membusuk.Hongeo hoe atau ikan merah hongeo, merupakan ikan mentah busuk dimana urin yang tersimpan di dalam daging ikan berubah menjadi ammonia. Faktanya, ammonia dapat menimbulkan rasa ingin muntah secara alami ketika seseorang mencium bau itu.Uniknya, ikan ini disajikan mentah, dan kelezatannya benar-benar menjadi sebuah tantangan bagi siapapun yang ingin menikmatinya.

5. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Ikan Kering

Ikan Kering

Ikan Kering

Makanan paling konvensional dari daftar ini adalah ikan kering, yang dimakan sebagai makanan ringan di Korea, Cina dan negara Asia lainnya.Bau yang sangat tidak enak ini pun langsung diakui oleh para wisatawan dan tenaga kerja asing yang telah menghabiskan waktu di Asia.

Saat pertama kali mencobanya, seringkali sulit menahan untuk tidak muntah karena baunya, seperti ikan kering yang disimpan dalam ruangan dalam waktu lama dan membusuk. Tentunya, ini bukan pilihan makanan yang tepat saat kamu sedang asyik menonton film.

6. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Kusaya

Kusaya

Kusaya

Ikan berbau tajam berikutnya berasal dari Jepang, yakni ikan yang di rendam dalam air garam, kemudian dikeringkan dibawah matahari. Hasil tangkapan dari air garam yang sama digunakan berkali-kali lagi, dan rupanya Kusaya terbaik berasal dari air garam yang telah digunakan ratusan tahun lamanya.

Ingat juga, bahwa air garam ini bukan didinginkan tapi pada dasarnya di-fermentasikan dalam sebuah wadah selama berabad-abad lamanya. Ternyata, bukan hal yang mengejutkan juga ketika kata ‘Kusaya’ diterjemahkan kepada kata pertama yang terlintas di pikiran ketika melihatnya dari mana saja, yakni “yang bau”.

7. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Keju Époisses de Bourgogne

Keju Époisses de Bourgogne

Keju Époisses de Bourgogne

Setelah ikan, bau khas dan aroma tajam berikutnya datang dari keju.Salah satu makanan favorit Napoleon, Époisses de Bourgogne yang biasa disebut “Rajanya Keju” oleh gastronom terkenal Jean Anthelme Brillat Savarin.Ternyata keju yang satu ini sangat berbau dan telah dilarang di transportasi umum di Perancis berdasarkan laporan BBC.

8. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Vieux Boulogne

Vieux Boulogne

Vieux Boulogne

Kelezatan keju dari Perancis Utara, Vieux-Boulogne, yang juga dikenaldengan sebutan Sablé du Boulonnais, tidak di-pasteurisasi, keju susu sapi dan aromanya sering di bandingkan dengan bau busuk atau kotoran. Pertama kali muncul di tahun 2004.

Seorang Ahli Penelitian di Universitas Cranfield di Bedfordshire, Inggris, membuatnya lebih lembut, dan krim keju yang sangat bau ini diuji coba kepada 15 orang Perancis dan Inggris.  Selain itu, pada tahun 2007, uji coba lanjutan dilakukan oleh institusi yang sama dengan menggunakan sensor ‘hidung elektronik’ yang akhirnya menegaskan status Vieux- Boulogne sebagai keju berbau tajam di dunia.

9. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Telur Pitan

Telur Pitan

Telur Pitan

Makanan berbau tajam yang tidak terkenal lainnya adalah telur. Beberapa orang tidak tahan pada bau telur, tapi mungkin tidak ada satupun orang yang tahan pada telur yang satu ini. Meskipun tidak secara harfiah diartikan sebagai telur tua berabad-abad lamanya, namun ternyata aromanya sama-sama tidak enak.

Untuk menghasilkan telur ini, maka telur ayam, bebek atau burung puyuh dilumuri dengan lumpur dan garam (terkadang ditambahkan lemon, abu dan air teh), sebelum akhirnya direndam di dalam beras dan disimpan selama 3 tahun. Ketika dibuka, warnanya akan berubah menjadi hijau kehitam-hitaman. Teksturnya terasa lembut dan seperti gelatin dan menimbulkan bau seperti urin kucing.

10. Makanan Berbau Tajam di Dunia Yang Perlu Kalian Ketahui : Tahu Bau (chòu dòufu)

chòu dòufu

chòu dòufu

Sesuai dengan namanya, tahu bau. Sebenarnya tahu segar ini dilumuri oleh fermentasi susu, daging, sayuran, dan makanan laut lainnya yang sudah kadaluwarsa. Banyak yang menyebutnya sebagai ‘tahu keju biru’ dan jenis tahu ini memang sangat populer di China, dimana telah dikenal di sebagai camilan di kalangan ‘street food’ di China. Bahkan Taiwan pun mengikuti tren ini. Faktanya, tahu bau ini benar-benar sangat menjijikan hingga Andrew Zimmern tidak mau memakannya.Dia mengatakan bahwa tahu bau merupakan satu-satunya makanan yang telah berhasil mengalahkannya.

Banyak Dicari

  • sayuran yang baunya khas
  • sayuran atau buah yang berbau tidak enak atau tajam
  • sayuran berbau khas
  • Sayuran yang bau nya khas
  • sayuran yang baubya khas
  • sayuran yang baunya khas disebut
  • sayuran yang baunya/khas

Berbagi itu menyenangkan!

1 Response

  1. Widya Adja says:

    Yang telur pitan dsni g bau

%d bloggers like this: