Beragam Kuliner Semarang Yang Nikmat

LiburMulu.Com Sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah, kota Semarang tidak hanya menawarkan beragam keindahan alam serta bangunan bersejarah, melainkan pula kekayaan kuliner dengan beragam cita rasa yang unik. Berikut ragam kuliner yang dapat kalian temukan di Kota Semarang, yang tentunya wajib untuk kalian coba!

Beragam Kuliner Khas Kota Semarang Yang Nikmat, Wajib Kalian Coba!

Dibawah ada beberapa makanan Khas Kota Semarang yang tentunya nggak akan rugi buat dicicipi ketika sedang liburan kesana. Selain bisa dimakan di tempat, beberapa juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Semarang loh!

1. Lumpia Khas Semarang

Lunpia, jajanan khas Kota Semarang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Lunpia, jajanan khas Kota Semarang ( sumber )

Merupakan kudapan yang terbuat dari rebung yang dibungkus dengan lembaran tepung. Selain rebung, juga diisi dengan daging ayam atau sapi yang dirajang kecil-kecil. Lumpia dapat disajikan dengan digoreng terlebih dulu atau tanpa digoreng. Oleh-oleh khas yang satu ini hanya bertahan 1 hari namun memiliki rasa yang begitu lezat.

2. Wingko Babat

Makanan khas andalan kota Semarang ini terbuat dari bahan kelapa dan beras ketan serta memiliki berbagai varian rasa seperti durian, cokelat, nangka, pandan, dll. Wingko Babat tersedia dalam berbagai merek dan dapat diperoleh di Pusat Oleh-oleh Jl. Pandanaran, Stasiun Tawang, Stasiun Poncol dan pusat penjualan Wingko Babat di Jl. Cendrawasih No. 14, Kawasan Kota Lama – Semarang.

(Baca Juga : Kuliner Bandung Emang Nggak Pernah Bikin Kecewa Pengunjung! Seperti Beberapa Tempat Kuliner Yang Ini!)

3. Bandeng Presto

Bandeng Presto salah satu oleh-oleh khas dari Semarang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bandeng Presto, salah satu oleh-oleh khas dari Semarang (sumber)

Ikan Bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi atau presto, sehingga duri ikan bandeng menjadi lunak dan enak untuk dimakan. Tempat penjualan bandeng presto juga menyediakan beragam olahan lainnya seperti pepes, otak-otak, panggang, hingga kremes. Bandeng presto dapat disimpan di lemari pendingin dalam waktu yang cukup lama. Bandeng Presto dapat diperoleh di pusat oleh-oleh di sepanjang Jalan Pandanaran Semarang.

4. Ganjel Rel

Roti manis berwarna cokelat yang diolah dengan bahan baku rempah-rempah, seperti cengkih, gula aren, kayu manis dan kembang lawang. Pada umumnya Ganjel Rel berbentuk balok dan bertabur wijen di atasnya. Keunikan lainnya ialah teksturnya yang tidak lembut sehingga agak alot, namun tetap nikmat. Dinamakan Ganjel Rel karena bentuknya yang besar. Dapat diperoleh di Toto roti HOO Jl. KH. Wahid Hasyim. Pusat oleh-oleh Bandeng Juwana, Tko oleh-oleh Briliant, Toko dryana, Toko Roti Canadia dan Kampoeng Semarang.

5. Wedang Tahu

Wedang Tahu merupakan sejenis minuman yang beraroma jahe dan berisi sari tahu. Minuman khas yang bisa menghangatkan tubuh ini bisa diperoleh di sekeliling kampung-kampung, Waroeng Semawis dan di sekitar toko Roti Swiss di Kota Semarang.

(Baca Juga : Kuliner Yogyakarta Ini Wajib Kalian Coba! Bahkan Rasanya Seperti Belum Ke Jogja Kalau Belum Mencicipinya!)

6. Tahu Pong

Tahu Pong merupakan sejenis tahu yang bagian luarnya digoreng kering sedang bagian dalamnya berongga. Tahu Pong enak dimakan ketika masih panas, di cocol petis udang yang encer, berteman dengan acar dan ulegan kasar cabai hijau. Biasanya tahu pong disajikan dengan gimbal udang dan telur bulat yang digoren. Makanan ini dapat diperoleh di sekitar Jalan Gajah Mada dan Jalan Depok.

7. Mie Kopyok

Makanan yang dijual di pagi hari ini berupa mie kuning yang dicampur tauge dan remah karak atau gendar. Kemudian disiram kuah dengan campuran air bawang putih, ditaburi daun seledri dan bawang goreng lalu diberi kecap manis.

Meski membuat mie kopyok sangat mudah, biasanya orang Semarang lebih memilih membeli si salah satu penjual yang sudah terkenal. Mie Kopyok banyak dijual oleh pedagang keliling di kampung-kampung dan yang cukup terkenal yakni Mie Kopyok Pak Dhuwur di Jl. Tanjung ( depan Kantor PLN)

8. Tahu Gimbal

Racikan tahu gimbal terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, rajangan kubis dan gimbal. Gimbal sendiri merupakan bawan yang berbahan dari udang. Kemudian, campuran bahan tersebut diguyur saus kacang petis udang. Tahu Gimbal banyak dinikmati masyarakat Kota Semarang di siang hari, dan banyak ditemui di daerah Taman KB, daerah Jl. Mentri Supeno dan daerah Simpanglima.

9. Serabi Ngampin

Kudapan yang terbuat dari tepung beras yang dicetak di atas panggangan berbentuk bulat dan disajikan bersama kuah gula merah yang dicairkan. Dinamakan Serabi Ngampin karena makanan ini dapat ditemui di daerah Ngampin, Kecamatan Jambu, tepatnya Jl. Raya Semarang – Magelang.

(Baca Juga : Brown Canyon, Salah Satu Tempat Wisata Yang Instagram Able Di Semarang)

10. Tahu Bakso

Makanan ringan yang terbuat dari tahu yang di dalamnya diberi bakso sapi yang telah direbus dan diolah bersama rempah-rempah. Oleh-oleh andalan khas Ungaran ini dapat dijumpai di sepanjang Jalan utama Kota Ungaran.

11. Tahu Serasi

Tahu serasi merupakan oleh-oleh khas Bandungan, sebuah kawasan wisata unggulan Kabupaten Semarang yang berada di lereng Gunung Ungaran. Seperti olahan tahu pada umumnya, tahu serasi dibuat dari biji kedelai. Nama ‘serasi’ diambil dari slogan kota Ungaran, Ungaran Serasi.

Banyak Dicari

  • beragam kuliner in
  • wingko babat di depok

Comments

comments

1 Response

  1. Ampuh Kurniawan says:

    Nasi Kucing semarang jg enak bgt kak..

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: