Liburan Ke Kediri? Cobain Deh Rekomendasi Kuliner Kediri Yang Enak Ini? Biar Nggak Rugi!

LiburMulu.Com Siapa yang pernah mencicipi kuliner Kediri? Iya, kulineran di Kota Kediri gitu! Memang, belakangan ini, nama Kota Kediri makin meninggi karena keberadaan Monumen Simpang Lima Gumul yang digadang-gadang mirip dengan L’arch D’ Triomphe yang ada di Paris, Perancis. Karena itu juga, sebagian orang kadang menyebut nama Kediri sebgai “Paris”-nya Indonesia.

Tetapi, sebenarnya selain karena bangunan Monumen Simpang Lima Gumul yang mirip sebuah bangunan di Paris itu, keberadaan Kuliner Kediri yang bermacam-macam itu juga membuat kota kecil nan nyaman ini layak untuk kalian kunjungi. Entah hanya sekedar liburan ke Kediri, atau mungkin hanya numpang lewat saja.

Rekomendasi Kuliner Kediri Yang Enak Untuk Kalian Coba

Rekomendasi Kuliner Kediri Yang Enak Untuk Kalian Coba

Yang pasti, beberapa Kuliner Kediri yang ada disini, nggak bisa kalian lewatkan begitu saja! Minimak, kalian harus mencobanya, barang sekali saja. Karena, pasti kurang afdol kalau sudah ke Kediri, tetapi nggak coba kulinernya

Nah! Kalian Lagi Liburan Ke Kediri? Cobain Deh Rekomendasi Kuliner Kediri Yang Enak Ini?

1. Bakso Barokah 313 Kediri

Bakso Barokah 313

Bakso Barokah 313

Bakso Barokah 313 Kediri by IG @fikoeskaem

Bakso Barokah 313 Kediri by IG @fikoeskaem

Bakso Barokah 313 Kediri ini adalah bakso legendaris di Kediri. Keberadaanya sudah sejak lama meramaikan dunia perkulineran Kediri. Tentunya Bakso Barokah 313 Kediri adalah salah satu dari beberapa kuliner Kota Kediri yang enak. Kalau nggak salah, bahkan depot bakso ini sampai memotong sendiri Sapi bahan utama bakso untuk menjaga kualitas.

Jangan kaget kalau ketika pesanan kalian datang, kalian akan menemui Bakso yang berukuran besar nan menggoda lidah. Nikmati saja, karena bakso seenak ini sepertinya hanya bisa kalian temui di Kota Kediri. Bakso Barokah 313 Kediri ini alamatnya berada di Jalan Letjend Suprapto 107/55, Kediri. Lokasinya berada nggak jauh dari Stadion Brawijaya kediri atau bisa lihat di Google Maps disini. Jadi cukup gampang ditemukan deh.

2. Stik Tahu Kediri

Stick Tahu, Kuliner Kediri sekaligus oleh-oleh khas yang enak

Stick Tahu, Kuliner Kediri sekaligus oleh-oleh khas yang enak

Nah, kalau kalian lagi liburan ke Kediri, jangan sampai nggak beli oleh-oleh ya! Salah satu oleh oleh yang cukup unik dari Kota Kediri adalah Stik Tahu Kediri. Panganan yang satu ini adalah salah satu variasi dari makanan berbahan dasar tahu. Makanan ringan ini pun juga dibuat dengan cara tradisional, dengan bahan dasar tahu plus berbagai rempah.

Penganan khas Kediri ini katanya juga cocok buat kamu yang lagi diet. Asal jangan kebanyakan aja sih, bisa gagal juga nanti dietnya. O iya, jika dibandingkan dengan keripik lain, Stik tahu ini lebih lembut, namun akan begitu crispy nan crunchy ketika digigit.

Menemukan salah satu kuliner yang juga merangkap sebagai oleh-oleh dari Kediri ini gampang kok! Stik Tahu ini bisa kalian temukan di sebagian besar tempat di Kota Kediri. Salah satunya adalah pusat oleh-oleh yang berada di jalan Pattimura dan jalan Yos Sudarso. Jika kamu berkunjung ke Kediri, nggak afdol rasanya kalau kamu belum makan dan bawa pulang oleh-oleh Stik Tahu ini.

(Baca Juga : Kuliner Yogyakarta Ini Wajib Kalian Coba! Bahkan Rasanya Seperti Belum Ke Jogja Kalau Belum Mencicipinya!)

3. Nasi Pecel Tumpang Kediri

Pecel Tumpang, Kuliner Khas Kota Kediri by IG @mahdadyasnarhidya

Pecel Tumpang, Kuliner Khas Kota Kediri by IG @mahdadyasnarhidya

Kalau ada yang nanya, sarapan pagi di Kediri itu paling enak pake apa sih? Mungkin akan ada yang merekomendaikan Nasi Pecel Tumpang Kediri sebagai menu sarapan pagi kalian deh. Soalnya, kuliner Kediri yang satu ini beneran unik teman!

Nasi pecel tumpang ini mirip dengan nasi pecel pada umumnya, yaitu disajikan dengan cara nasi yang diberi aneka lalapan sayur. Nah, yang membuatnya benar-benar bebeda adalah, nasi ini kemudian disiram dengan sambal tumpang. Sambal yang dibuat dari tempe fermentasi. Lebih enak kalau dinikmatai dengan rempeyek sebagai lauknya.

Biasanya sih, Nasi Pecel Tumpang khas Kediri ini disajikan diatas pincuk yang terbuat dari daun pisang. Kesannya jadi klasik dan tradisional begitu. Kalau sudah begini, kalian bisa menikmati pecel ini dengan sendok atau menggunakan tangan. Bebass deh!

Menemukan keberadaan kuliner Kediri yang satu ini juga gampang. Keliling random pun kadang suka nemu kok. Atau, kalau kalian nggak mau ribet muter-muter, coba deh cari Nasi Pecel Tumpang Khas Kediri di Jalan Doho. Tapi nggak buat sarapan pagi ya kalau disitu. Soalnya biasanya baru buka sekitar jam 3 Sore. Nah, selamat berburu Nasi Pecel Tumpang di Kediri!

4. Soto Bok Ijo Kediri

Soto Bok Ijo, Soto Tamanan dari Kediri by IG @infokediri

Soto Bok Ijo, Soto Tamanan dari Kediri by IG @infokediri

Mungkin buat orang yang baru pertama kali ngelihat, Soto yang terletak di sebelah terminal Kediri ini akan mirip seperti soto Kediri lainnya. Namun Soto Soto Bok Ijo yang dilengkapi dengan kuah santan plus kol, kecambah, cabe rawit, jeruk nipis dan kecap ini akan terasa lebih nikmat setelah dicoba. Kalian bisa menemukan Soto Bok Ijo Kediri itu disini.

Dan, buat yang kurang suka soto, bisa juga cobain makanan lainnya yang juga menjadi andalan di Soto Bok Ijo. Cobain deh ayam bakar kecapnya. Ayam tersebut dibakar di atas tungku arang sambil sesekali diolesi kecap manis. Sudah pasti, bumbu kecapnya akan benar-benar meresap dan menhibur indera pengecap kalian!

5. Kopi Pancal Khas Kediri

Kopi Pancal by IG @pungkyreal

Kopi Pancal by IG @pungkyreal

Sebenarnya sih, rasa kopinya ya sama dengan kopi biasa. Namun, karena namanya yang unik, yaitu Kopi Pancal, jadi deh kalian harus cobain kuliner unik Kediri yang satu ini. Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, pancal ini adalah mengayuh.

Pun, itu bukan berarti kalian akan minum kopi sambil mengayuh becak atau apapun ya! Nama Kopi Pancal sendiri sebenarnya adalah karena penjual kopi menjajakan kopinya di gerobak. Dan tentunya pedagang tadi akan ‘mancal’ gerobak jualannya kemana mana dong?

Harganya nggak mahal kok. Harga Kopi hitam percangkirnya sekitar 2 ribu rupiah saja. Menu yang lain pun seperti Kopi Susu hingga Es Kopi Jeruk harganya nggak jauh berbeda. Warung kopi ini buka mulai pukul 9 malam sampai dini hari, cocok buat kalian yang ingin menikmati suasana kota Kediri di Malam hari.

6. Sate dan Keripik Bekicot Kediri

Berani cobain kuliner ekstrim Kediri Sate Bekicot ini!? by IG @guntur_ming

Berani cobain kuliner ekstrim Kediri Sate Bekicot ini!? by IG @guntur_ming

Semoga kalian doyan makanan yang rada ekstrim ya! Karena di kediri ada kuliner khasnya yang cukup ekstrim menurut beberapa orang. Kalian tahu bekicot atau siput? Nah, kalau cobain sate Bekicot kalian mau nggak?

Pun mungkin buat sebagian orang akan jijik, tetapi bakal rugi kalau kalian sudah jauh-jauh datang ke Kediri tapi nggak cobain kuliner ini. Selain sate, ada juga Keripik Bekicot yang dijual di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kediri.

Cobain, percaya atau enggak, dagingnya enak kok, cuma baunya agak khas gitu. Satu porsi Sate Bekicot akan berisi 50 tusuk, lengkap dengan sambal kacang sebagai bumbu siramnya. Jangan dihabiskan sendiri, karena porsi segitu bisa untuk berdua.

Uniknya, semua menu khas bekicot disini diberi istilah 02. Biar terkesan lokal abis, bilang saja pesan sate 02 atau keripik 02. Nanti Sate atau Keripik Bekicot yang kalian pesan pasti segera datang. Selamat mencoba ya!

(Baca Juga : Liburan Ke Malang? Ini Dia Cafe Dan Restoran Unik Di Malang Yang Wajib Kalian Kunjungi!)

7. Sate Emprit Kediri

Duuh, lezatnya Sate Emprit ini~ by IG @rahmatrizkianto

Duuh, lezatnya Sate Emprit ini~ by IG @rahmatrizkianto

Kalian pasti tahu dengan yang namanya Burung Emprit kan? Itu loh, Emprit itu burung kecil mungil yang biasa banyak ditemui di sawah. Makanan mereka itu ya padi-padi milik petani. Makanya, kadang mereka itu dianggap musuh oleh petani, karena suka makan padi milik para petani.

Nah, mungkin karena para petani di Kediri sebel, jadinya mereka ditangkap lalu dimasak deh. Yak, Kediri ini, burung Emprit malah menjadi salah kuliner khas mereka. Di Kediri, kalian bisa menemukan kuliner sate Emprit ini di jalan Wahidin atau lokasinya di Google maps disini. Bumbu garam, penyedap rasa, kacang dan kecap melengkapi renyahnya daging burung Emprit. Coba nikmati Sate Emprit dengan sambal pedas, pasti makin nikmat!

8. Soto Depot Podjok Kediri

Soto Depot Podjok Kediri

Soto Depot Podjok Kediri (sumber)

Selain Bakso, kediri juga terkenal dengan masakan sotonya. Ada banyak Kuliner Kediri yang berupa soto bisa kalian cicipi ketika liburan ke Kediri. Salah satu kuliner Soto di Kediri yang terkenal adalah Soto Ayam Depot Podjok di jalan Dhoho.

Menurut informasinya, racikan bumbu soto di Soto Ayam Depot Podjok ini masih mempertahankan resep lamanya. Kuah sotonya begitu gurih, dan makin lesat setelah disajikan dengan potongan ayam suwirnya yang enak. Variasinya soto itu bisa kalian tambahkan dengan rempelo ati dan uritan biar makin sip. Atau, jika kalian mau lebih unik, soto ini juga bisa dimakan dengan tahu goreng loh!

9. Tahu Takwa Kediri

Tahu Takwa yang menggoda by IG @dika.zoldyck

Tahu Takwa yang menggoda by IG @dika.zoldyck

Ke Kediri, jangan sampai nggak cobain Tahu Takwa-nya by IG @arifinbh

Ke Kediri, jangan sampai nggak cobain Tahu Takwa-nya by IG @arifinbh

Kediri ini juga dikenal dengan sebutan Kota Tahu. Pasalnya, salah satu kuliner andalan Kota Kediri adalah Tahu. Panganan tahu di Kediri pun bukan tahu biasa loh! Salah satu yang terkenal dan menjadi ikon kota kediri terkenal adalah Tahu Takwa.

Ya! Tahu Takwa ini bahkan sudah menjadi oleh-oleh khas Kediri sejak tahun 1912. Mengenali Tahu Takwa Kediri itu gampang, warnanya kuning tidak seperti tahu biasanya. Rasanya gurih, sedikit kenyal dan tidak ada rasa masam sama sekali. Jadi, jangan lupa untuk beli Tahu Takwa kalau lagi ke Kediri ya!

(Baca Juga : Beragam Kuliner Semarang Yang Nikmat)

10. Tahu Poo Kediri

Tahu Poo, salah satu oleh-oleh Khas Kota Kediri yang nggak bisa ketinggalan buat dibeli by IG @vonnylie19

Tahu Poo, salah satu oleh-oleh Khas Kota Kediri yang nggak bisa ketinggalan buat dibeli by IG @vonnylie19

Masih seputar panganan khas Kota Kediri yaitu Tahu, ada satu lagi jenis panganan Tahu Kediri yang wajib kalian coba. Namannya Tahu Po, tahu yang cocok untuk cemilan di hari yang dingin. Di Kediri, tepatnya di jalan Yos Sudarso, kalian bisa menemui toko Tahu Poo yang penuh dengan orang-orang yang berbelanja oleh-oleh.

Sudah bisa ditebak, Kuliner Kediri yang satu ini juga cocok buat oleh-oleh. Tahu Poo ini berbeda dengan Tahu Takwa ya. Karena ketika Tahu ini digoreng, bagian tengah Tahu Poo bisa mengembang. Karena itu Tahu Poo ini cocok diolah untuk menjadi camilan di hari yang dingin. Kalian bisa langsung memakannya dengan cabe atau dengan sambal petis.

11. Gethuk Pisang

Getuk Pisang, panganan Khas Kediri nih! by IG @edy.s.wignyo

Getuk Pisang, panganan Khas Kediri nih! by IG @edy.s.wignyo

Gethuk Pisang adalah salah satu panganan dan juga oleh-oleh Khas Kediri. Karena ini adalah oleh-oleh, mencari Kuliner Gethuk Pisang di Kediri ini cukup mudah. Kalian tinggal susuri saja sepanjang jalan Dhoho. Dengan gampang kalian akan menemukan lapak-lapak yang berjualan Gethuk Pisang Khas Kediri.

Panganan yang merupakan olahan dari pisang ini rasanya manis, dengan rasasedikit asam juga sedikit rasa legitnya yang bisa membuat lidah terkejut, lalu bahagia keenakan. Tampilan fisik dari Gethuk Pisang ini mirip seperti lontong yang terbalut dengan daun pisang. Sedikit tips buat kalian yang ingin beli Oleh-Oleh Khas Kediri Getuk Pisang ini.

Kalian harus berhati-hati memilih, teliti dengan jeli sebelum membeli. Karena kadang ada oknum penjual yang nakal. Biasanya mereka membuat Gethuk dengan daun pembungkus yang tebal sekali, sementara isinya sangat tipis. Hasilnya, kalian akan membayar lebih mahal untuk gethuk yang tidak seberapa banyaknya.

Banyak Dicari

  • kuliner kediri
  • kuliner kota kediri
  • tempat makan di kediri
  • wisata kuliner di kediri
  • tempat makan yang enak dan murah di kediri
  • tempat mkan enak di kediri
  • tempat makan murah di kediri
  • tempat rekomendasi makan kediri
  • warung makan recommended di Kediri
  • tempat keluar paling enak di kediri

Berbagi itu menyenangkan!

Tinggalkan Komentar

liburmulu
%d bloggers like this: