7 Pulau di Kepulauan Seribu Ini Wajib Kamu Kunjungi Karena Murah Dan Indah

LiburMulu.com Kepulauan Seribu adalah nama dari gugusan kepulauan yang juga dijadikan sebagai kawasan pelestarian alam laut yang terletak kurang lebih 45 km di sebelah utara Jakarta. Sampai saat ini belum ada data pasti mengenai jumlah pulau di Kepulauan Seribu. Di website pemerintah Jakarta menyebutkan jumlah pulau di Kepulauan Seribu ada sebanyak 110, 128, hingga 342 pulau, yang terdiri dari pulau-pulau berpasir, dan pulau terumbu karang.

Untuk menyeberang dari satu pulau ke pulau lainnya kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam saja, kadang berfariasi karena tergantung dengan jenis kapal yang digunakan. Untuk warga Jakarta sendiri memiliki alternatif penyebrangan beragam, yakni dari Pelabuhan Marina Ancol, Dermaga Pantai Mutiara, Muara Angke atau pantai Tanjung Pasir.

Untuk Pelabuhan Marina Ancol dan Dermaga Pantai Mutiara ini, kamu harus merogoh kocek lebih dalam karena memiliki fasilitas yang lebih memadai. Selain kondisi dermaga yang sangat bersih dan jauh dari kesan kumuh, kapal yang digunakanpun lebih bagus dan sangat baik. Berbeda dengan dermaga lainnya yang menggunakan kapal milik penduduk setempat. Berikut daftar 7 Pulau di Kepulauan Seribu Ini Wajib Kamu Kunjungi Karena Murah Dan Indah:
1. Pulau Untung Jawa cocok bagi para penikmat berbagai macam jenis water sport

jtgf

Penyebrangan akan lebih dekat melalui Pantai Tanjung Pasir yang kini sudah terlalu bagus untuk dinikmati, waktu tempuh untuk menyebrang dengan kapal berukuran sedang kurang lebih 15 menit saja. Harga kapalnya pun masih sangat murah, karena sangat dekat, main ke pulau Untung Jawa ini dapat dilakukan seharian penuh tanpa perlu menginap. Kapal penjemput akan selalu ada maksimal hingga pukul 5 sore. Saat tiba di dermaga kita bisa langsung menemukan kemeriahan para wisatawan lokal baik dewasa maupun anak-anak yang sedang menikmati wisata air yang tersedia seperti Snorkeling, Banana boat dan masih banyak lagi.

2. Pulau Pramuka yang terdapat penangkaran Hiu dan Penyu

Keindahan Pulau Pramuka
Keindahan Pulau Pramuka (source photo)

Pulau Pramuka sangat dikenal sebagai pulau yang memiliki keindahan laut dan pelestarian keanekaragaman hayati biota laut serta mangrove yang sangat baik. Lautnya bersih dan berwarna biru, serta banyak keanekaragaman hayati yang unik hidup di laut yang juga dapat ditemukan. Laut di sekitar tepi pulau Pramuka sangat dangkal sehingga kita dapat melihat bermacam-macam batu koral, rumput laut, dan ikan-ikan kecil yang lucu dan unik yang berenang ke sana kemari. Pembudidayaan penyu juga terdapat dibelakang pulau inni loh. Di pulau Pramuka dapat dengan mudah menemukan banyak kapal nelayan yang bersedia untuk menjadi transportasi berkeliling dari satu pulau ke pulau lain. Atau digunakan untuk mengunjungi penangkaran hiu yang berada tidak jauh dari pulau ini.

3. Pulau Pari yang punya air bening

Keebiruan pantai di Pulau Pari
Keebiruan pantai di Pulau Pari (source photo)

Konon bentuk pulau ini apabila dilihat dari foto udara nampak seperti ikan pari, maka disebutlah sebagai Pulau Pari. Pulau Pari memiliki pemandangan yang sangat indah dan bersih, dengan kondisi pulau yang benar-benar alami ditambah para penduduknya juga ramah-tamah, membuat siapapun betah tinggal di sini. Pulau Pari sendiri memiliki luas sekira 43 hektare dengan populasi penduduk sekira 700 orang. Pulau ini tidak seramai Pulau Pramuka atau pun tetapi suasananya yang sepi dan rapi membuat banyak wisatawan jatuh hati.

4. Pengen Camping?! Pulau Semak Daun cocok banget!

Kemping di Semak Daun
Kemping di Semak Daun (source photo)

Ini dia pulau yang menjadi tujuan favorit para traveller yang berkantung pas-pasan atau backpacker. Karena tidak disediakannya homestay maupun penginapan karena tidak adanya perkampungan penduduk, maka kamu harus membawa tenda sendiri jika ingin menginap di pulau ini. Namun kini telah disediakan penyewaan tenda oleh pihak bumi perkemahan, namun jika ingin lebih menghemat biaya disarankan membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri.

5. Belajar Sejarah di Pulau Onrust

Benteng Martelo di Pulau Onrust
Benteng Martelo di Pulau Onrust (source photo)

Kamu yang bertandang ke Pulau Onrust selain dapat menikmati sunyinya pulau berwisata air, kamu juga dapat sekaligus belajar tentang sejarah. Karena di Pulau Onrust terdapat sebuah benteng warisan Belanda yang masih tegak berdiri. Pada awalnya, pulau ini digunakan sebagai tempat untuk membuat galangan kapal yang rusak milik VOC. Namun setelahnya dibangun hingga menjadi benteng pertahanan dari serangan Inggris. Meski sempat beberapa kali hancur karena perang maupun penjarahan besar-besaran, kita masih dapat menikmati keindahan benteng dengan jelas, maupun sebuah rumah yang masih utuh, yang saat ini digunakan sebagai museum.

6. Menengok jembatan cinta di Pulau Tidung

Jembatan Cinta di Pulau Tidung
Jembatan Cinta di Pulau Tidung (source photo)

Pulau Tidung sebenarnya memiliki 2 bagian pulau, yaitu Pulau Tidung Besar, dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalah pulau yang kini sudah berpenduduk. Jadi jangan heran jika tiba disana kamu menemukan perkampungan, warung, kantor polisi, sampai sekolah setingkat SMU. Sedangkan, Pulau Tidung Kecil tidak berpenduduk. Dan uniknya, terdapat jembatan yang menghubungkan kedua pulau ini, jadi jika ingin berkunjung kesalah sattunya nggak perlu naik perahu ataupun berenang. jembatan ini biasa disebut sebagai Jembatan Cinta.

7. Atau mungkin snorkling di Pulau Harapan?!

pulau harapan
Pulau Harapan (source photo)

Pulau Harapan juga destinasi bagi kalian yang memiliki budget terbatas, meskipun murah pulau ini menyimpan banyak keindahan alam yang membuat semua kalangan datang. Letaknya memang lebih jauh dari daratan Jakarta dibandingkan dengan Pulau Tidung atau Pulau Pramuka, namun Pulau Harapan merupakan salah satu Pulau dengan spot snorkeling yang paling indah di Kepulauan Seribu. Selain itu, beberapa pulau tak berpenghuni lainnya di sekitar Pulau Harapan juga memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, karena memiliki pasir putih dan pemandangan lautnya yang masih sangat terjaga.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
4 Responses
%d bloggers like this: