Kalian Suka Menyelam? Sebaiknya Tidak Melewatkan Tempat Menyelam Terbaik Di Indonesia Ini!

LiburMulu.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar. Terdiri dari 17.000 pulau dengan posisi strategis di segitiga karang dunia, menjadikan Indonesia salah satu negara yang kaya akan keaneka ragaman hayati laut. Karena itu tidak heran jika di Indonesia memiliki ratusan tempat menyelam yang menyenangkan.

Dari ujung barat sampai ujung timur, terdapat banyak sekali dive spot dan tempat menyelam yang keren untuk melihat terumbu karang, ikan kecil yang lucu, manta ray, bahkan hiu paus. Nah, berikut adalah tempat menyelam terbaik di Indonesia yang dapat membuat kalian para penyelam menjadi mabuk kepayang:

1. Kepulauan Seribu, Jakarta

Menyelam di Kepulauan Seribu, Jakarta
Menyelam di Kepulauan Seribu, Jakarta (sumber)

Kepulauan Seribu mungkin adalah kepulauan paling favorit karena letaknya yang tidak jauh dari ibukota Jakarta. Di penghujung minggu pulau-pulau sekitar seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Pramuka selalu ramai dengan pengunjung.

Sebenarnya jumlah pulau yang berada di Kepulauan seribu adalah 110 pulau, dimana 78 pulau telah dideklarasi sebagai taman laut nasional. Kepulauan seribu sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar diving ataupun hanya sekedar ingin snorkeling. (Baca Juga : 7 Pulau di Kepulauan Seribu Ini Wajib Kamu Kunjungi Karena Murah Dan Indah)

2. Kakaban, Kalimantan Timur

Pulau Kakaban Dengan Ubur - Ubur Yang Tidak Menyengat
Danau Kakaban Dengan Ubur – Ubur Yang Tidak Menyengat (sumber)

Danau yang satu ini memang unik karena merupakan danau purbakala yang menjadi tempat hidup para ubur-ubur yang jenisnya sangat langka, karena tidak menyengat dan tidak beracun. Terletak di Pulau Kakaban, pulau ini juga sering didatangi bersamaan dengan Pulau Derawan, Maratua, dan Pulau Sangalaki karena sama-sama memiliki palung yang dalam. Di kawasan ini juga dapat ditemukan hiu white tip dan hiu tutul, dan sering dijumpai pula gerombolan baraccuda. Spot paling favorit adalah Blue Light Cave

3. Bunaken, Sulawesi Utara

Bunaken, Manado, Indonesia
Bunaken, Manado, Indonesia (sumber)

Siapa sih yang tidak pernah mendengar nama Bunaken? Pulau Bunaken telah dikenal oleh masyarakat luas maupun orang asing karena keindahan dan keanekaragaman bawah lautnya. Pulau yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi ini merupakan habitat dari 70% jenis ikan yag diketahui di Indo-Western Pacific. Terdapat 33 spesies ikan kupu-kupu dan 390 spesies terumbu karang. (Baca Juga : Hey! Jangan Bengong! 10 Air Terjun Paling Keren Di Indonesia Ini Bisa Menjadi Inspirasi Liburan Kalian Deh!)

4. Togean, Sulawesi Tengah

Togean, Diving Spot
Togean, Diving Spot (sumber)

Mungkin belum banyak yang mengenal Pulau Togean. Terletak di Sulawesi Tengah, pulau ini merupakan pulau yang banyak menyimpan ‘harta karun’ terpendam. Banyak sekali aktivitas diving yang bisa dilakukan disini seperti muck dive, wall dive, dan night dive. Spot terpopuler adalah spot dimana terdapatnya pesawat bomber Amerika pada Perang Dunia II.

5. Nusa Penida, Bali

Mola - Mola di perairan sekitar Nusa Penida.
Mola – Mola di perairan sekitar Nusa Penida (sumber).

Pulau Dewata memanglah pulau yang tidak akan ada habisnya untuk dieksplor. Nusa Penida merupakan spot diving paling populer, karena di spot ini sering dijumpai Manta Ray. Selain itu, penampakan ikan mola-mola yang sangat langka juga tak kalah  menarik peminat diver dari seluruh penjuru dunia. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas diving di Bali tidaklah kalah menarik dan tidak akan pernah membosankan.

6. Kepulauan Gili, Lombok, NTB

Penyu di Kepulauan Gili, Lombok, NTB
Penyu di Kepulauan Gili, Lombok, NTB (sumber)

Selain dikenal dengan party island, tanpa disangka-sangka ternyata kepulauan Gili menyimpan keindahan bawah laut yang sangat kaya dengan biota laut. Disini sangat sering ditemukan penyu berenang kesana kemari, ikan pari, moray eel, serta biota lautnya lainnya yang membuat para diver tentu ingin menyaksikannya sendiri.

7. Disekitar Pulau Komodo, NTT

Tempat menyelam di Pulau Komodo yang dinamakan the cauldron
Tempat menyelam di Pulau Komodo yang dinamakan The Cauldron (sumber)

Keindahan Kepulauan Komodo memang sudah tidak diragukan lagi. Kepulauan dengan landscape yang eksotis dan pengalaman melihat Komodo di habitat aslinya menjadi hal yang sangat menarik. Tidak hanya itu, ternyata Kepulauan Komodo juga menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Terdapat terumbu karang yang masih sehat, kumpulan hiu, paus, juga lumba-lumba, semua dapat ditemukan di pulau ini.

8. Morotai, Maluku

Morotai diving spot
Morotai diving spot (sumber)

Diving di Morotai dapat memberikan kalian serta para diver lainnya pengalaman yang aneh namun unik. Tidak seperti tempat menyelam lainnya di Indonesia, di Morotai lebih dikenal sebagai spot penyelaman bersejarah. Semua itu dikarenakan terdapat banyaknya kapal karam bekas peninggalan Perang Dunia II di spot ini. Tentunya pengalaman menyelam di Morotai ini akan sangat menyenangkan dong? (Baca Juga : Ide Tempat Liburan Di Sumatera Selatan Untuk Traveler!)

9. Teluk Cendrawasih, Papua

Menyelam di Teluk Cenderawasih, bertemu hiu paus
Menyelam di Teluk Cenderawasih dapat bertemu dengan Whale Shark (sumber)

Ingin melihat hiu paus atau Whale Shark? Datang saja ke Teluk Cendrawasih, Papua. Pun sebenarnya hewan ini sangat jarang dilihat di belahan laut lainnya, kalian dapat dengan mudah menemukannya disini. Rasakan sensasi berenang bersama hiu paus yang menegangkan hanya di Teluk Cendrawasih.

10. Raja Ampat, Papua

wobbegong sharks di Raja Ampat
wobbegong sharks di Raja Ampat (via pats0n.livejournal.com)

Raja Ampat, kian hari namanya kian membumbung. Tempat ini memang merupakan salah satu kepulauan paling menakjubkan yang berada di Indonesia. Dengan jarak pandang air yang sangat jernih, terumbu karang warna warni, dan berbagai jenis ikan, Raja Ampat merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi para penyelam baik pemula atau penyelam professional.

Raja ampat adalah salah satu tempat menyelam terbaik di Indonesia
Raja ampat adalah salah satu tempat menyelam terbaik di Indonesia (sumber)

(Baca Juga : Tips Liburan Murah Ala Backpacker Ke Raja Ampat)

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: