Air Terjun Sumber Pitu Di Pujon Malang Ini Ternyata Nama Lain Dari Coban Pitu Loh!

LiburMulu.Com – Sebelumnya perlu kalian ketahui kalau di sekitar malang ini ada dua Air Terjun Coban Pitu. Namun yang dimaksud disini adalah Air Terjun Coban Pitu yang juga dikenal dengan Air Terjun Sumber Pitu. Disekitar Malang ini memang ada Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Desa Duwet Krajan (Kecamatan Tumpang).

Sementara  Air Terjun Sumber Pitu ini adalah yang berada di Pujon. Lokasi keduanya terpisah jauh. Satunya di ujung timur, dan satunya lagi berada di ujung barat Kabupaten Malang. Air Terjun Sumber Pitu yang dimaksud pun bisa ditemukan lokasinya di google maps disini.

Air Terjun Coban Sumber Pitu ini berada di Pujon Malang via @tyoperdana
Air Terjun Coban Sumber Pitu ini berada di Pujon Malang via @tyoperdana

(Baca Juga : Sumber Sirah, Wisata Baru Di Malang Penghilang Gerah!)

Air terjun Sumber Pitu ini bisa dibilang masih begitu alami serta lokasinya agak tersembunyi di tengah hutan. Masyarakat Pujon Kidul sendiri biasa menyebut air terjun di Malang ini dengan Sumber Pitu atau air terjun Tujuh.

Cara menuju Coban Gerojokan Pitu atau nama lain Sumber Pitu ini adalah searah dengan jalur menuju menuju Coban Rondo. Yaitu melewati jalan utama Malang – Jombang – Kediri. Ikuti saja jalur tadi hingga kalian melihat ada sebuah pertigaan jalan di sebelah utara Patung Sapi Pujon. Persimpangan itu adalah jalur masuk menuju Dusun Tulungrejo (Desa Pujon Kidul), tempat dimana Coban Gerojokan Pitu berada.

Setelah melewati patung tugu sapi, kalian akan menemui pertigaan Ringin Punden lalu berbelok ke kiri. Setelah itu lurus saja menuju arah ke barat sampai masuk Desa Pujon Kidul dan menemukan air terjun. Jika bingung, jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar.

Jalur menuju Air Terjun Coban Pitu yang penuh perjuangan via @4ndr0_id
Jalur menuju Air Terjun Coban Pitu yang penuh perjuangan via @4ndr0_id

(Baca Juga : Wisata Air Terjun Coban Jahe Malang Untuk Yang Suka Bertualang)

Menuju Coban Pitu atau Air Terjun Sumber Pitu juga bisa menggunakan kendaraan umum. Kalian bisa berangkat dari Terminal Landungsari Malang, dengan naik bus Puspa Indah jurusan Jombang-Kediri. Alternatifnya kalian bisa naik angkutan jurusan Batu-Ngantang-Kasembon, jika kalian dari Terminal Batu. Setelah pertigaan patung sapi, lalu turun di pertigaan ojekan Ringin Punden. Dari sini kemudian bisa naik ojek menuju ke Pujon Kidul.

Direkomendasikan hanya bagi pecinta alam maupun wisatawan berminat khusus yang berkunjung ke kompleks coban ini. Beratnya medan tidak hanya pada jalur yang bisa dilalui kendaraan roda dua jenis motor trail, tapi juga dalam perjalanan yang harus diempuh dengan berjalan kaki.

Kalian harus menempuh jarak sekitar 7 kilometer dari pemukiman terdekat. Selama perjalanan menggunakan motor trail dan berjalan kaki, harus melintasi jalan setapak ekstrem dan melalui sejumlah perbukitan. Menembus hutan pinus, hutan belantara, hingga rumput padang ilalang dengan jurang yang amat dalam.

Untuk mencapai Sumber Pitu sendiri kalian masi harus menempuh tiga jalur yang cukup menantang. Jalur pertama adalah jalur offroad yang harus melewati jalan yang berlubang, berbatu, naik, dan turun serta menanjak dengan jauh sekitar 2,5 kilometer dari Dusun Tulungrejo.

Kalian nggak pengen foto seru di Coban Pitu? via @dyana_dy
Kalian nggak pengen foto seru di Coban Pitu? via @dyana_dy

(Baca Juga : Destinasi Di Malang Dan Sekitarnya Ini Begitu Instagramable Hingga Membuatmu Pengen Liburan Kesana!)

Jalur menuju Air Terjun Sumber Pitu yang ini bisa dilewati dengan mobil offroad, sepeda motor ataupun jalan kaki. Untuk yang membawa kendaraan, bisa dititipkan di ladang penduduk setempat, karena jalur selanjutnya harus berjalan kaki. Jalur kedua adalah jalur climbing (mendaki). Di medan ini, pengunjung harus mendaki sejauh sekitar 3 kilometer ke jalur berikutnya dengan kontur tanah yang naik turun melewati semak berduri dan rumput ilalang.

Meski menantang, di jalur ini, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan gunung dan tebing yang indah serta cukup curam berada di sisi kanan kiri. Perjalanan kalian sesekali akan dihibur oleh suara cuitan burung yang berkicau, lengkap dengan gemericiknya air dan juga hembusan angin sepoi-sepoi.

Sampai di jalur terakhir, ini termasuk penentuan untuk sampai di Sumber Pitu. Berbeda dengan jalur kedua, untuk jalur ketiga ini harus melewati jalan sempit dengan tebing curam di samping kanannya. Kemudian dilanjutkan dengan menembus tebing yang diselimuti oleh tumbuhan yang lebat.

Perjuangan memang cukup berat untuk mencapai Air Terjun Sumber Pitu. Tetapi, ketika sudah sampai di Air Terjun, kalian akan terpesona dengan keindahannya. Gemericik air terjun akan terdengar menyenangkan. Pemandangannya pun bisa membuat mata segar, sehingga rasa lelah akan terlupakan seketika.

Foto-Foto Instagram Air Terjun Sumber Pitu Atau Coban Pitu

Sumber Pitu, salah satu wisata air terjun yang Instagramable di Malang via @rodhatulj
Sumber Pitu, salah satu wisata air terjun yang Instagramable di Malang via @rodhatulj

Wisata Alama Air Terjun Coban Sumber Pitu yang perlu kamu tahu via @ramansyah_asta

Siapa mau liburan kesini? via @kusumotricahyo
Siapa mau liburan kesini? via @kusumotricahyo
Meski perjuangan cukup berat, tetapi nanti akan terbayarkan dengan keindahan air terjun via @memomobona
Meski perjuangan cukup berat, tetapi nanti akan terbayarkan dengan keindahan air terjun via @memomobona
Keindahan alam seperti Coban Pitu ini harus terus dijaga ya! via @ighbalachmad
Keindahan alam seperti Coban Pitu ini harus terus dijaga ya! via @ighbalachmad

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: