Perkenalkan, Ini Dia Salar De Uyuni, Padang Garam Terbesar Di Dunia Yang Ada Di Bolivia!

LiburMulu.com – Salar de Uyuni atau juga dikenal sebagai Salar de Tunupa merupakan dataran garam terluas di dunia dengan luas 10582 kilometer persegi. Salar de Uyuni terletak di Provinsi Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650m.

Disebutkan, kalau sekitar 40.000 tahun yang lalu, danau ini merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar pada masa prasejarah. Dan akhirnya ketika mengering, sekarang ini terdapat 2 danau yang tersisa, yakni Danau Poopó dan Uru Uru, serta 2 gurun garam terbesar, Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni.

Pemandangan yang menakjubkan dari Salar De Uyuni.
Pemandangan yang menakjubkan dari Salar De Uyuni. (sumber)

Diperkirakan juga kalau Salar de Uyuni ini mengandung 10 miliar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun. Selain itu, setiap bulan November, Salar de Uyuni menjadi daerah hunian bagi 3 spesies burung flamingo di Amerika Selatan: burung flamingo chili, andes, dan James. (Baca Juga : Gerhana Matahari Total Akan Lewati Pulau Cantik Faroe Island)

Sekarang ini Salar de Uyuni adalah daerah tujuan wisata terkenal yang telah dikunjungi banyak turis dan wisatawan dari seluruh dunia. Memang, padang garam yang satu ini bisa dibilang unik dan sangat fotogenik. Untuk traveling ke Salar De Uyuni, biasanya turis menggunakan kendaraan 4×4 seperti Toyota Landcruisers untuk 6 hingga 7 orang.

Tur menjelajahi Salar De Uyuni biasanya menggunakan mobil 4x4
Tur menjelajahi Salar De Uyuni biasanya menggunakan mobil 4×4 (sumber)

Kebanyakan penyedia tur Salar De Uyuni menjual 3-4 hari paket tur yang memiliki jadwal sama. Untuk 2 setegah hari pertama adalah eksplorasi dataran garam Salar De Uyuni. Baru kemudian menuju selatan ke sudut barat daya Bolivia, dan kemudian tur akan berakhir sana. (Baca Juga : 13 Distrik Utama Bangkok Yang Harus Dijelajahi Para Traveler)

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengunjungi Salar De Uyuni. Salah satunya adalah kalian bisa memulai perjalanan dari La Paz, dan kemudian mengambil bus ke Oruro dan setelah itu, barulah naik kereta ke Uyuni. Setelah melakukan perjalanan selama sekitar 7 jam, Kalian akan tiba di Uyuni di malam hari.

Salar de Uyuni juga merupakan pertambangan garam aktif
Salar de Uyuni juga merupakan pertambangan garam aktif (sumber)

Kalian bisa menginap di hotel di dekat Salar De Uyuni. Baru keesokan harinya, kalian akan memulai perjalanan menuju Uyuni Salt atau bisa juga mengunjungi Colchani terlebih dahulu. Sebuah kota kecil di mana kalian dapat membeli kerajinan yang terbuat garam. Dari titik ini kalian sudah bisa melihat pemandangan yang spektakuler yaitu padang garam terbesar di dunia, dengan luas perkiraan 12.000 km persegi, Salar de Uyuni!

Pulau Incahuasi yang ada ditengah Salar De Uyuni
Pulau Incahuasi yang ada ditengah Salar De Uyuni

Akomodasi selama tur biasanya sangat sederhana dan cuaca disana bisa sangat dingin ketika malam hari. Namun tur di Salar De Uyuni ini layak untuk dicoba siapapun karena pemandangannya yang menakjubkan. Bisa dibilang, Salar De Uyuni ini adalah salah satu destiniasi di dunia yang wajib untuk dikunjungi setiap traveler!

Foto – Foto Salar De Uyuni

Salar de Uyuni terkenal dengan pemandangan refleksinya yang menawan
Salar de Uyuni terkenal dengan pemandangan refleksinya yang menawan (sumber)
Pemandangan seperti ini yang banyak di cari di Salar De Uyuni
Pemandangan seperti ini yang banyak di cari di Salar De Uyuni (sumber)

(Baca Juga : 5 Destinasi Yang Wajib Dikunjungi Di Kyoto!)

Pemandangan ketika padang garam ini mengering
Pemandangan ketika padang garam ini mengering (sumber)
Paling menyenangkan bertualang dengan mobil disini
Paling menyenangkan bertualang dengan mobil disini (sumber)
Ini adalah salah satu tempat paling fotogenik seduniaIni adalah salah satu tempat paling fotogenik sedunia
Ini adalah salah satu tempat paling fotogenik sedunia (sumber)
Ada yang bilang kalau Salar De Uyuni inii adalah cermin alami terbesar di dunia!
Ada yang bilang kalau Salar De Uyuni inii adalah cermin alami terbesar di dunia! (sumber)
Seperti bukan di dunia, tetapi inilah Salar De Uyuni padang garam terbesar di Dunia
Seperti bukan di dunia, tetapi inilah Salar De Uyuni padang garam terbesar di Dunia (sumber)
Sebuah pulau yang ada di tengah padang garam
Sebuah pulau yang ada di tengah padang garam (sumber)
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
7 Responses
    1. LiburMulu.Com

      nggak ada hubungan diplomatik antara indonesia dan bolivia, jadi kalau mau cari visa, harus ke konsulat bolivia terdekat yang ada di beijing

    2. Indra Alfiansyah

      hahahaha iya yah, baru search google saya. kenapa ngak ada diplomatik yah sma bolivia. sayang sekali yah kita indonesia. optimis deh min kita bisa ke sana

%d bloggers like this: