Tidak Perlu Ke Luar Kota Untuk Hunting Foto, Jakarta Punya Banyak Tempat Terbaik Yang Harus Kalian Abadikan

LiburMulu.Com Hunting foto kini menjadi kegiatan yang banyak digemari oleh sebagian orang. Semuanya itu demi mendapatkan foto yang bagus. Tidak hanya sekaligus berwisata, berburu foto juga dapat menjadi kegiatan menyenangkan karena dapat melatih tehnik memotret. Baik untuk prewedding ataupun hanya sekedar koleksi pribadi, kegiatan berburu foto ini tidak perlu dilakukan di luar kota.

Karena, selain tidak membutuhkan waktu tempuh yang jauh, kota dimana kalian tinggal tentunya memiliki lokasi-lokasi menarik tersendiri yang patut untuk diabadikan. Dalam kesempatan kali ini, LiburMulu.Com akan memberikan referensi beberapa tempat terbaik untuk hunting dan berburu foto di Ibukota Jakarta.

Jadi bagi kalian yang memang warga ibukota sangat disarankan untuk menyambanginya satu persatu. Tempat-tempat Terbaik Jakarta Yang Wajib Kalian Abadikan tersebut adalah :

1. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta (sumber)

Kota Tua Jakarta (sumber)

Siapapun pasti sudah mengetahuinya atau bahkan sudah berkunjung ke Kota Tua Jakarta. Namun pesona Kota Tua di mata seorang fotografer tetaplah selalu istimewa. Lokasi wisata yang terdapat banyak bangunan dan arsitektur Belanja di ujung Jakarta ini menyajikan pemandangan yang begitu classic dan vintage.

Tak jarang jika banyak muda-mudi yang terlihat membawa kamera kesayangannya ke tempat ini, demi mendapatkan foto yang old style dan classic. Kota Tua pun menjadi pilihan favorite bagi banyak pasangan untuk mengabadikan moment pre wedding-nya, dengan kostum gaun pengantin putih serta tuxedo hitam menjadi alternatif yang sangat pas.

2. Rimba Mangrove, Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove (sumber)

Hutan Mangrove (sumber)

Rimba Mangrove merupakan lokasi suaka yang terdapat di Penjaringan Jakarta Utara, letaknya yang tidak jauh dari permukiman elite (Pantai Indah Kapuk) membuatnya tidak sulit untuk ditemukan. Tempat ini menyajikan panorama berupa rimba bakau hijau yang begitu indah, terdapat pula jembatan kayu yang sangat artistik yang menjadi favorite pengunjung untuk berpose dan berfoto ria.

Jika ingin lebih mengexplore hutan yang satu ini, kalian dapat menyewa perahu-perahu yang merapat di tepi sungai. Namun harus kalian ketahui, bahwa ada biaya tersendiri bagi pengunjung yang membawa peralatan kameranya. Biaya pengambilan foto tersebut cukup tinggi yakni berkisar Rp. 500.000 hingga Rp. 750.000.

3. Taman Menteng

Suasana di Taman Menteng (sumber)

Suasana di Taman Menteng (sumber)

Taman Menteng merupa salah satu taman kota yang cukup rapi di Jakarta, letaknya yang berada di tepi jalan dan komplek perumahan mewah di Menteng membuatnya tidak pernah sepi oleh para anak muda Jakarta. Terlebih jika di hari libur, kalian akan banyak menemukan berbagai pasangan hingga komunitas yang asik bercengkrama di taman ini.

Tidak hanya duduk dan mengobrol, tak sedikit ditemukan pengunjung yang berolahraga. Kegiatan yang beragam tersebut tentunya dapat menjadi objek yang menarik untuk kalian abadikan, atau jika ingin lebih sepi kalian dapat berkunjung ketika hari biasa. Dan tenang saja, karena hunting foto di taman ini gratis tanpa pungutan biaya.

4. Museum Arsip Nasional

Museum Arsip nasional (sumber)

Museum Arsip nasional (sumber)

Seperti bangunan museum Jakarta pada umumnya, bangunan Gedung Arsip Nasional ini juga memiliki arsitektur khas Belanda. Bangunannya yang elegan berdiri tegak di Jalan Gajah Mada tepatnya di dekat halte Mangga Besar. Gedung ini dulunya adalah kediaman Gubernur Jendral VOC, namun setelah direnovasi kini resmikan sebagai cagar budaya nasional. Selain sebagai museum, Gedung Arsip Nasional juga banyak digunakan sebagai tempat diadakannya event pernikahan maupun pameran.

5. TMII A.K.A Taman Mini Indonesia Indah

Taman Burung di TMII (sumber)

Taman Burung di TMII (sumber)

Memiliki area hingga 150 hektar, Taman Mini Indonesia Indah sangat bisa menjadi pilihan kalian untuk berburu foto menarik. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Terdapat berbagai macam anjungan yang dapat kalian pilih, jika ingin mengabadikan sifat kedaerahan kalian dapat berburu di anjungan daerah berarsitektur tradisional.

6. Pelabuhan Sunda Kelapa

OKapal-kapal Besar di Pelabuhan Sunda Kelapa

Kapal-kapal Besar di Pelabuhan Sunda Kelapa

Berlatar kapal-kapal kayu besar yang merapat di sepanjang pelabuhan, Sunda Kelapa menjadi sangat cocok bagi kalian yang ingin mengabadikan foto puluhan kapal super besar, tanpa perlu bersusah payah ketengah laut. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Karena seringnya dijadikan lokasi perburuan foto, kini tidak jarang pemilik/penghuni kapan mengajak pengunjung untuk naik ke dalam kapal, tentunya dengan biaya tersendiri ya!

7. Taman Prasasti

Nisan-nisan Kubur di Taman Prasasti (sumber)

Nisan-nisan Kubur di Taman Prasasti (sumber)

Taman Prasasti bukanlah taman kota seperti pada umumnya, melainkan sebuah kuburan Belanda yang sudah dikosongkan. Namun taman ini tetap menyajikan pemandangan yang unik, karena terdapat banyak nisan-nisa kubur yang berjejer rapi berbagai bentuk. Ukiran dan bentuknya bergaya khas Eropa, kabarnya jasad yang dulunya dimakamkan di taman ini adalah orang-orang berpengaruh di jaman VOC dahulu.

8. Monas A.K.A Monumen Nasional

Monas di malam hari (sumber)

Monas di malam hari (sumber)

Alasan mengapa Monas menjadi tempat terbaik untuk hunting foto tentunya selain karena Monumen Nasional ini adalah icon dari kota Jakarta, Monas yang memiliki berbagai taman luas juga dapat menjadi tempat yang baik untuk mengabadikan berbagai kegiatan yang dilakukan pengunjung.

Tak jarang terdapat anak-anak yang sedang bermain layang-layang, berlari dan juga bersepeda. Monas juga banyak dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan event-event besar dan memiliki atraksi air mancur yang mempesona ketika malam.

9. Bundaran HI

Bundaran Hotel Indonesia (sumber)

Bundaran Hotel Indonesia (sumber)

Keindahan malam di area Bundaran HI (Hotel Indonesia) dan mobil yang berlalu-lalang memang sangat cantik untuk dijadikan obek foto. Terlebih kalian yang ingin belajar cara dan teknik pengambilan foto di malam hari atau teknik memotret slow speed. Umumnya para fotografer datang ke Bundaran HI ini pada saat tengah malam tiba.

10. Car Free day 

Anak-anak yang asik bersepeda di car free day (sumber)

Anak-anak yang asik bersepeda di car free day (sumber)

Kalian menyukai foto urban ataupun human interest?! Artinya ketika minggu pagi kalian wajib untuk mengikuti acara Car Free Day yang rutin dilakukan setiap minggu. Terdapat banyak event yang diselenggarakan tiap minggunya, selain itu kalian juga akan dengan mudah mendapatkan moment-moment menarik di sepanjang jalan Sudirman. Misalnya menemukan pelari yang membawa serta binatang peliharaannya, menciptakan foto berlatar jauh dan panjang di jalanan yang lenggang.

11. Rooftop

City view malam hari kota Jakarta (sumber)

City view malam hari kota Jakarta (sumber)

Jakarta yang jelas memiliki puluhan gedung-gedung pencakar langit tentunya dapat dijadikan tempat berburu foto yang menyenangkan. Meskipun memang dibutuhkan perijinan yang lumayan sulit, namun kalian tidak akan menyesal karena akan mendapatkan city view Jakarta di malam hari yang sangat menakjubkan. Beberapa gedung yang dapat kalian singgahi adalah; Plaza Semanggi, Poins Square dan Sudirman Park.

***

Semoga tempat-tempat hunting foto di jakarta di atas dapat membantu kalian dan menjadi alternatif pilihan ketika kalian rindu dan ingin sekali berburu foto menarik.

Banyak Dicari

  • tempat hunting di jakarta
  • tempat hunting paling bagus
  • Spot hunting di jakarta
  • tempat hunting sekitar Jakarta
  • tempat hunting malam di jakarta
  • tempat hunting jaksel
  • tempat hunting jakarta timur
  • tempat hunting foto di jakarta
  • tempat hunting di jakarta utara
  • tempat hunting di jakarta malam hari

Berbagi itu menyenangkan!

1 Response

  1. Muhyi Mui says:

    ada yg mau backpacker ke bandung.. klo mau pm fb gw

%d bloggers like this: