5 Destinasi Yang Wajib Dikunjungi Di Kyoto!

LiburMulu.com Kyoto adalah salah satu destinasi yang menarik dan menyenangkan di Jepang. Ada banyak hal yang bisa dilihat dan dinikmati ketika kalian mengunjungi kota ini. Mulai kulinernya, pusat perbelanjaan hingga beberapa destinasi bersejarah menarik yang bertebaran di penjuru kota.

Sebut saja Distrik Gion, Rumah kaisar Jepang jaman dulu yaitu Kyoto Imperial Palace, hingga Fushimi Inari yang menawan. Meskipun itu hanya beberapa destinasi menarik di Kyoto yang bisa disebutkan. Memang ada banyak destinasi menarik lainnya di Kyoto, di tulisan ini akan dibahas 5 Destinasi Yang Wajib Dikunjungi Di Kyoto. Minimal, injakkan kaki kalian di 5 destinasi tadi, kalau sedang berada di kyoto. Apa saja itu?

1. Distrik Gion

Distrik Gion

Distrik Gion (sumber)

Gion adalah distrik hiburan terkenal dan tempat dimana kalian bisa bertemu Geisha yang berada di tepi timur sungai Kamo-gawa di Kyoto. Sementara Gion awalnya adalah tempat dimana kedai-kedai teh yang melayani para pengunjung yang kelelahan setelah ke Kuil Yasaka(Yasaka-jinja). Disebutkan kalau pada abad pertengahan ke-18 daerah Gion adalah tempat untuk bersenang – senang yang terbesar di Kyoto.

Meskipun kini arsitektur modern menjulang dimana – mana, lalu lintas sudah padat dan kehidupan malam mulai bermunculan, namun masih ada beberapa tempat yang tersisa di Gion untuk berjalan-jalan sambil menikmati jejak sejarah Gion yang menyenangkan. Gion ini memang kelihatannya cukup membosankan di siang hari, tetapi ketika malam tiba, gemerlap kehidupannya baru terlihat.

Terutama pada bagian selatan yang masih bisa ditemukan deretan restoran tradisional dari abad ke-17 dan rumah minum teh. Banyak dari tempat – tempat tadi adalah untuk pertunjukan skill seorang geisha. Sementara itu di ujung selatan kalian akan menemui Gion Corner, dan Gion Kobu Kaburen-jo Theatre. Selain itu jika kalian berjalan dari Shijo-dori menuju sepanjang bagian utara Hanami-Kōji, kalian akan mencapai Shinbashi-dori dengan deretan restoran tradisionalnya.

Sedikit lebih jauh ke utara adalah Shinmonzen-dori dan Furumonzen-dori yang berjajar dari timur ke barat. Menelusuri di kedua arah pada sepanjang jalan ini, akan ditemui dengan rumah-rumah tua, galeri seni dan toko-toko yang mengkhususkan diri menjual barang-barang antik. Namun jangan berharap mendapatkan harga barang antik seperti di pasar loak di sini. Beberapa memang menjualnya dengan cukup mahal. O iya, Gion ini hanya berjarak sekitar 1 menit jalan kaku dari Shijō Station, Keihan line. Cukup gampang kok menemukan lokasinya.

2. Kyoto Imperial Palace

Kyoto Imperial Palace

Kyoto Imperial Palace

Kyoto Imperial Palace, ini juga biasa dikenal sebagai Gosho dalam bahasa Jepang. Ini adalah kompleks luas yang dikelilingi dinding tinggi yang berada di tengah-tengah Kyoto Imperial Palace Park. Dulunya merupakan tempat tinggal kaisar jepang, meskipun sekarang tidak dipergunakan lagi sebagai tempat tinggal resmi.

Istana kekaisaran yang ada disini aslinya dibangun pada tahun 794 dan kemudian digantikan berkali-kali setelah beberapa kali hancur karena kebakaran. Bangunan kekaisaran yang sekarang dibangun di tempat yang berbeda dan lebih kecil daripada yang asli, dibangun pada tahun 1855. Meskipun tidak digunakan sebagai tempat tinggal, penobatan dari kaisar baru dan upacara kenegaraan lainnya masih diadakan di sini.

The Gosho ini mungkin tidak terlau menarik buat sebagian orang jika dibandingkan dengan atraksi lainnya di Kyoto. Selain itu kalian harus mengajukan permohonan izin terlebih dahulu untuk masuk dan mengunjunginya. Namun, taman luas yang berada disekitar Kyoto Imperial Palace Park adalah taman yang terbuka untuk umum dari pagi hingga sore hari. Tentunya tempat ini boleh dikunjungi secara bebas tanpa prosedur aplikasi yang susah, karena ini adalah salah satu ruang hijau Terbuka milik Kota Kyoto.

3. Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha

Dengan pemandangan gerbang kuil atau torii yang seakan tak berujung dan tersebar di gunung berhutan tebal, kompleks kuil yang luas ini adalah tempat yang paling mengesankan di Kyoto. Seluruh kompleks Fushimi Inari terdiri dari lima kuil, Tersebar di lereng Gunung Inari. Menuju semua kuilnya kalian harus melewati jalur naik ketas sekitar 4km, dengan beberapa kuil pendukung disekitarnya.

Fushimi Inari awalnya dibuat untuk didedikasikan pada para dewa beras dan sake oleh keluarga Hata di abad ke-8 untuk memastikan kemakmuran dalam bisnis. Saat ini, kuil Fushimi adalah salah satu kuil di Jepang yang paling paling populer untuk dikunjungi. Jadi kalau sedang berkunjung ke Kyoto, pastikan mampir ke Fushimi Inari ya. Caranya adalah naik JR Nara line ke Inari, lalu disambung dengan Keihan line ke Fushimi-Inari.

4. Kinkaku-Ji

Kinkaku-Ji

Kinkaku-Ji (sumber)

Kyoto memang terkenal dengan ‘Golden Pavilion’, dan Kinkaku-ji adalah salah satu tempat wisata di Jepang yang paling terkenal. Aula utamanya ditutupi daun emas berkilau, dan bersinar di atas kolam yang merefleksikan bayangannya dengan menakjubkan. Tidak perlu dikatakan lagi, karena keindahannya dapat dinikmati dan dilihat setiap hari sepanjang tahun. Yang perlu diperhatikan adalah, datanglah kesini di pagi hari atau beberapa saat sebelum tutup. Selain itu waktu ideal berkunjung adalah pada hari biasa.

Bangunan aslinya dibangun pada tahun 1397 yang digunakan untuk tempt pensiun bagi Shogun Ashikaga Yoshimitsu. Kemudian anak sang shogun mengubahnya menjadi sebuah kuil. Sayangnya, pada tahun 1950 seorang biarawan muda membakarnya.

Cerita biarawan itu kemudian juga diceritakan pada kisah fiksi karangan Mishima Yukio yang judulnya The Golden Pavilion. Baru pada tahun 1955 rekonstruksi penuh selesai dengan mengikuti desain asli. Cara menuju ke Kinkaku-ji adalah dengan naik Kyoto City bus no 205 dari Kyoto Station ke Kinkakuji-michi, lalu dilanjutkan dengan Kyoto City bus nomor 59 dari Sanjo-Keihan ke Kinkakuji-mae.

5. Hutan Bambu Arashiyama

Hutan Bambu Arashiyama

Hutan Bambu Arashiyama

Berjalan hutan bambu yang luas di Arashiyama ini bagaikan memasuki dunia lain yang ada di Kyoto. Batang bambu hijau tebal tampak terlihat tanpa henti di setiap arah, apalagi ditambah dengan keberadaan cahaya yang terkesan mistis dari sela – sela bambu. Kalian pasti tidak akan mampu menahan untuk tidak mencoba mengambil beberapa foto. Namun, foto tidak akan bisa menggambarkan dengan jelas kondisi aslinya. Datanglah kesini, melihat sendiri akan lebih menyenangkan.

Dengan menggunakan Bis, Hutan bambu Arashiyama bisa dicapai dengan naik Kyoto City bus no 28 dari Kyoto Station ke Arashiyama-Tenryuji-mae. Jika menggunakan kereta naiklah jalur JR Sagano/San-in ke Saga-Arashiyama atau jalur Hankyū ke Arashiyama, yang harus berganti kereta di Katsura. Tempat ini buka dari siang hingga sore hari.

Banyak Dicari

  • destinasi ke kyoto
  • tempat wajib kyoto
  • wisata kyoto

Berbagi itu menyenangkan!

%d bloggers like this: