Pantai Baros, Mengenal Hutan Mangrove dengan Segudang Manfaatnya

Banyak cara menikmati liburan ke pantai. Dan salah satunya adalah mengunjungi hutan mangrove yang ada di Pantai Baros. Mengunjungi kawasan konservasi alam ini, kamu juga bisa melakukan banyak hal, bukan sekadar melihat lihat. Bahkan kalau ada, kamu bisa juga mengajak saudara atau keponakan yang masih usia sekolah untuk mendapat pengalaman yang menarik.

Kawasan ekowisata hutan bakau ini dibangun di tepian muara Sungai Opak dan Pantai Baros atas insiatif masyarakat, oleh Kelompok Pemuda Pemudi Baros. Rupanya pohon-pohon bakau di atas rawa payau ini berguna untuk mencegah abrasi yang bisa merusak area pertanian dan perikanan. Hutan mangrove ternyata punya andil dalam membentuk kembali daratan yang menyebabkan sebuah pulau mengecil dan menjaganya.

Selain itu, pepohonan bakau di pantai bersifat meredam gelombang tsunami hingga 50-60 persen, juga menetralisir bahan kimia jahat serta menurunkan kadar Co2. Hal ini tentunya sangat mendukung bagi pertumbuhan berbagai hewan seperti udang, kerang, ikan dan kepiting. Termasuk untuk area persawahan yang ada di sebelah utara dari kawasan ini.

Pantai Baros, Mengenal Hutan Mangrove dengan Segudang Manfaatnya! via @berandajogja
Pantai Baros, Mengenal Hutan Mangrove dengan Segudang Manfaatnya! via @berandajogja

Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Baros

Liburan ke kawasan ini tidak hanya akan merilekskan, tapi juga menginspirasi pengunjung melalui beberapa kegiatannya yang menyenangkan. Seperti menyusuri hutan mangrove melalui jalan setapak, melalui area persawahan, dan menyeberangi sungai kecil, yang sudah pasti akan tergenang air waktu air laut pasang. Di kawasan hutan mangrove pun ternyata kamu akan mendapati hamparan rumput yang menjadi pakan ternak milik petani setempat.

Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Baros via @blackdannett
Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Baros via @blackdannett

Kawasan hutan mangrove di sini ternyata luas sekali. Kamu bisa menyusuri hutan mangrove yang teduh dan nyaman dengan menaiki perahu berkapasitas 14 orang dewasa, atau rakit di sepanjang muara Sungai Opak. Kira-kira panjangnya mencapai 1,5 km. Dengan menjelajahi kawasan hutan ini, kamu jadi tahu bahwa alam hutan bakau ini diam-diam juga dihuni berbagai hewan lain seperti burung, dan juga jenis-jenis tumbuhan lain.

Tak hanya menikmati suasana hutan dengan perahu, di sini juga ada instruktur bagi yang tertarik belajar menanam bakau. Di kawasan pantai ini juga tersedia hamparan lahan hijau untuk siapa saja yang ingin mengisi malam menyenangkan dengan camping bersama teman. Kamu juga bisa memancing ikan di kawasan ini, lalu memasaknya dengan api unggun malam hari.

Rute Cara Pergi Ke Pantai Baros

Rute Cara Pergi Ke Pantai Baros! via @triadewanti12
Rute Cara Pergi Ke Pantai Baros! via @triadewanti12

Alamat Hutan Mangrove Pantai Baros ini berada di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul. Letaknya di sebelah timur Pantai Samas. Untuk menuju kawasan ini dari Kota Jogja, dengan kendaraan pribadi kamu harus melewati Jl. Parangtritis hingga kilometer 27. Di persimpangan Pos Polisi Kretek belok kanan ke arah Pantai Samas dan Pntai Baros. Kamu akan menemukan papan penunjuk arah menuju Hutan Mangrove dan Pantai Baros.

Kalau dari Bantul, kamu cukup lurus ke arah selatan, hingga bertemu Pantai Samas. Pantai ini letaknya tak jauh dari Samas. Menggunakan kendaraan umum? Tentu saja bisa. Dari arah manapun, naiklah bis menuju Pantai Samas. Dari pantai ini kamu tinggal jalan kaki atau naik ojek ke lokasi obyek wisata hutan mangrove. Alternatifnya kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Baros di Google Maps disini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Baros

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Baros! via @rifai_zebi
Harga Tiket Masuk Ke Pantai Baros! via @rifai_zebi

Tarif tiket ke kawasan Pantai Baros ini adalah IDR 5.000, berikut parkir kendaraan, yaitu motor IDR 2.000 atau mobil IDR 5.000.

Tips Wisata Ke Pantai Baros

  • Untuk camping bersama sohib-sohibmu di sini, tentu kalian perlu membawa peralatan seperti tenda, dan perlengkapan pribadi sendiri. Termasuk jaket untuk melawan udara malam.
  • Jangan lupa gunakan alas kaki berupa sepatu yang tidak licin. Sepatumu bisa dipastikan akan kotor karena air atau lumpur dengan berkegiatan di sini.
  • Untuk yang suka selfie, jangan lupa isi penuh daya baterai ponsel, kamera dan powerbank.
  • Bawa makan dan minuman yang cukup, untuk menghindari rasa lapar dan dehidrasi.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: