16 Cara Menikmati Valencia Dan Barcelona Sebagai Budget Backpacker

Saya tidak akan mengulas bagaimana mencapai ke sana, tulisan mengenai cara-cara mendapatkan tiket murah sudah banyak serta kasus ini juga tidak berlaku bagi saya.

Sebab menjadi pelajar di Belanda, memudahkan untuk menentukan destinasi kemanapun selama itu masih Eropa, terutama dalam lingkup Visa Schengen.

Alasan saya menentukan dua kota ini, karena dua kota ini salah satu yang terbesar tapi tetap memiliki nilai historis. Dan semua orang menyarankan, jangan ke Madrid. Membosankan, katanya. Selama 9 hari di Valencia dan Barcelona, saya belajar banget tentang menghemat di Spanyol.

16 Cara Menikmati Valencia Dan Barcelona Sebagai Budget Backpacker

Begini tips-tips sebagai budget backpacker di Valencia dan Barcelona.

16 Cara Menikmati Valencia Dan Barcelona Sebagai Budget Backpacker
16 Cara Menikmati Valencia Dan Barcelona Sebagai Budget Backpacker

1. Tentu saja, pakai hostel.

Hostel di Valencia dan Spanyol itu bertebaran di mana-mana, dan salah satu cara memangkas biaya transportasi, adalah memilih hostel yang tepat berada di objek wisatanya. Misalnya kalau di Valencia, bisa pilih hostel yang berada di Valencia Old City Centre

2. Belajar Bahasa Spanyol

Orang Spanyol sangat mencintai bahasanya, meskipun mereka tahu kalau kita turis, mereka tidak akan berbahasa Inggris, kecuali kalau kita benar-benar tidak mengerti.

3. Kuliner Spanyol itu terjangkau

Menjadi budget traveler, tidak harus makan sandwich atau croissant, atau seperti saya, yang selalu membawa Pop mie kemanapun itu. Sekali-kali, wajib menikmati kulinernya. Dibandingkan destinasi lainnya di Eropa, atau Belanda sendiri, Valencia dan Barcelona itu jauh lebih murah. Kalau di Valencia, jangan lupa coba Paellanya. Paella itu memang dari Valencia, jadi lebih otentik.

Paella Valencia
Paella Valencia

4. Manfaatkan menu del dia.

Selalu rajin googling tentang rumah makan yang murah, dan juga kerap menerapkan menu del dia setiap hari dengan variasi. Apa itu menu del dia? Menu del dia, umumnya terdiri dari primer plato (appetisernya) dan Segundo plato (makanan utama/main coursenya).

Dari Primer plato saja, banyak yang menawarkan makanan berat misalnya spaghetti, atau sandwich, atau calamari. Di restoran lain, biasanya juga memberi gratis gelas besar Sangria dan juga ice cream atau potongan buah segar.

5. Porsi makanan Spanyol itu banyak, jangan lupa bawa KOTAK MAKAN

Meskipun menu del dia itu hanya untuk seorang, tapi kita bisa membawa pulang. Jadi jangan malu bawa kotak makan. SERIUS BAWA TEMPAT MAKAN. Meskipun di awal-awal saya lumayan tengsin, setelah itu, saya tidak peduli sebab daripada membuang makanan lebih baik menyimpannya untuk makan malam.

Menu-menu yang ada di Segundo, seperti Paella dan Fideua (Minya orang Catalan), itu tidak akan dijumpai sebagai makan malam. Makan malam itu biasanya tapas. Nah ini juga tips penting, kalau ingin ke restaurant tapas, carilah yang serba 1 euro, misalnya Cerveceria 100 Montaditos. Menunya serba 1 euro, tapi isinya macam-macam.

Valencia
Valencia

6. Rental sepeda di Valencia, jangan di dekat Turia.

Tapi di old city centre. Turia itu adalah taman kota terbesar di Valencia, yang biasanya diakses oleh turis dengan sepeda jika ingin ke pantai. Para rental ini mematok harga sewa yang biasanya mencapai 15 euro per hari, jauh lebih murah dengan harga rental di Old City Centre yang hanya 5 euro per hari.

7. Irit! 1,5 euro itu berarti loh

Membeli jajanan di Mercado de La Boqueria, jangan di depan. Satu jus bisa mencapai 3 euro dibandingkan kalau kita membeli jus di kios-kios belakang, yang harganya 1,5 euro. Seperti membeli jamon serrano atau keju mercharo, harus di belakang. Harganya sama-sama seporsi 5 euro, tapi porsinya (jauh) lebih banyak.

8. Oleh-oleh

Sebaliknya, membeli oleh-oleh, jangan di Mercado/Pasar sentralnya. Belilah di kios-kios yang tersebar di luar pasar. Harganya menjadi mahal karena pasar adalah objek turis. Termasuk membeli bumbu-bumbu masakan, belilah di luar atau di supermarket kecil, jangan di pasar. Harganya bisa 2 kali lipat.

Jajanan di Mercado de La Boqueria
Jajanan di Mercado de La Boqueria

9. Kalau musim panas, jangan lupa Ke PANTAI

Memang rata-rata lokasi wisata di Valencia dan Barcelona itu berbayar, seperti Katedral apalagi La Sagrada Familiar, bawa handuk besar (supaya tidak tergiur untuk membeli) dan sudah bisa sun bathing dengan gratis! Gratis!

10. Beli baju renang, di Spanyol saja.

Kalau di Indonesia, baju renang biasanya mahal (apalagi jika ingin berbikini). Di Spanyol, 4 euro saja sudah dapat satu set bikini atau swim suit yang bagus. Kalau mau yang rada brand, datang ke HnM, baju renangnya bisa dibandrol dengan harga kurang dari 10 euro.

11. Doyan belanja? Datang ke Spanyol akhir Agustus dan ke El Cortes Ingles.

Spanyol juga dikenal sebagai negaranya fashionista. Jadi, kalau mau berbelanja untuk pulang ke Indonesia, harga-harga pakaian dikorting habis-habisan termasuk sepatu dan tas. Jika ingin ngebrand, jangan lupa ke El Cortes Ingles. Department store layaknya factory outlet dan tersebar dimana-mana.

12. Tertarik dengan Paella, jangan lupa membeli wajannya di Valencia

Harga wajan yang dipasarkan itu hanya 3 euro, jauh lebih murah dibandingkan dengan harga wajan untuk paella di negara lain yang bisa mencapai 20 euro.

13. Membeli tiket transportasi publik dalam satu paket

Ada yang 48 jam atau yang 96 jam. Nah tinggal pilih berapa lama anda di kota tersebut. Tiket ini sangat memudahkan kita untuk mobilitas kemana-mana tanpa risau membayar tiket sekali perjalanan (single trip) yang jauh lebih tinggi harganya.

14. Jangan lupa naik furnicular ke Montjuic

Kereta yang mendaki untuk menuju ke Montjuic itu termasuk dalam satu paket tiket tersebut. Selain gratis, ketika tiba pun bisa mendapatkan pemandangan Barcelona dari atas bukit.

15. Hati-hati dengan Copet

Ini bukan mitos, karena terjadi juga dengan teman saya yang lengah 2 menit tidak menutup tasnya. Dan biasanya terjadi di stasiun-stasiun subway. Jadi terus menjaga keamanan barang-barang kita.

16. Senang menjadi orang Indonesia

Pertanyaan kita berasal dari mana, akan selalu mewarnai perjalanan dan dari situ, kadang akan membuka percakapan dan pertemanan. Di suatu waktu, saya ditanya darimana, saya meminta ia menebak dari mana. Tidak satupun jawabannya yang benar. Filipina, Thailand, Korea. Begitu saya jawab orang Indonesia, mereka senang sekali dan menjadi ramah sekali.

Selamat menikmati Spanyol!

***

Tulisan ini dikirim oleh

Andi Cipta Asmawaty

Budget Travel enthusiast. Have been travelling to 20 countries.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: