Mengenal Lebih Dekat Pantai Timang

Buat kamu yang menyukai wisata pantai, sesekali berwisata ke kawasan Pantai Timang akan menambah pengalamanmu mengenai wisata pantai. Pasalnya, pantai ini memiliki pemandangan yang agak unik dibanding pantai pada umumnya.

Lokasi pantai ini ada di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Tepatnya di sebelah barat Pantai Nglambor, Pantai Jogan dan Pantai Siung, dan sebelah timur dari Pantai Seruni, Pok Tunggal dan Pantai Ngetun.

Meski tergolong tempat wisata baru di Jogja, Pantai Timang ini namanya melejit dengan cepat via @adityakurniawan
Meski tergolong tempat wisata baru di Jogja, Pantai Timang ini namanya melejit dengan cepat via @adityakurniawan

Karakter Pantai Timang

Pantai ini sudah terkenal hingga ke mancanegara, dengan kondisi pantai yang terdiri dari area pasir putih bersih seperti pantai pada umumnya, dan area bukit batu yang cukup curam di sebelah barat pantai. Bukit atau pulau batu ini sendiri bernama Pulau Panjang, atau Pulau Timang.

Dan pulau inilah yang menghadirkan keunikan pada pantai. Selain dengan adanya gondola tradisional yang dikelola warga setempat, kondisi pulau yang bermaterial batu karang kokoh itu menghadirkan keindahan yang sangat alami, dan sering menjadi incaran fotografer yang menyukai foto lanskap alam.

Karena ombaknya cukup besar, Pantai Timang ini tak cocok untuk kamu yang suka berenang di laut @dikomerd
Karena ombaknya cukup besar, Pantai Timang ini tak cocok untuk kamu yang suka berenang di laut @dikomerd

Tangkapan Laut di Pulau Timang

Oleh penduduk, kereta gantung dimanfaatkan mencari hasil laut. Hasil tangkapan umumnya berupa lobster alias udang laut atau udang karang yang memang banyak di sana.

Ada banyak orang yang penasaran ingin mencoba serunya naik gondola ini @kvntli
Ada banyak orang yang penasaran ingin mencoba serunya naik gondola ini @kvntli

Namun, kamu dan para pengunjung pantai tentunya bisa memanfaatkan gondola tradisional itu untuk mengunjungi Pulau Timang. Jarak antara pantai dan Pulau Timang yang berkisar 100 meter ini bisa kamu tempuh, dengan membayar jasa kepada mereka sebesar IDR 150.000.

Kamu berminat menggunakan fasilitas ini? Atau fasilitas lainnya yaitu jembatan gantung? Yang jelas, memang dibutuhkan mental yang berani untuk mencoba meluncur di atas deburan ombak laut yang besar.

Pantai Timang Sebagai Obyek Wisata Alam

Sebagai tempat wisata alam, pantai ini menyajikan keindahan alam pantai yang pas untuk kamu yang berjiwa muda dan berani. Kamu bisa menantang adrenalin dengan menaiki kereta gantung ataupun jembatan gantung yang ada di sana. Berada di Pulau Panjang dengan jurang yang curam tentu tantangan tersendiri juga. Selain alasan tantangan, tentu kamu juga bisa menjadikan fasilitas transportasi tadi dan pulau dengan tepian terjal itu untuk mengambil gambar kenang-kenanganmu di pantai ini.

Sementara pada sisi pantai yang berpasir putih, di mana kondisi alam sangat nyaman untuk merilekskan tubuh dan pikiran, kamu bisa beristirahat dan menikmati pemandangan laut lepas setelah letih menyelesaikan aktivitas.

Gondola Pantai Timang yang menantang inilah salah satu yang membauat pengunjung penasaran dengan tempat wisata berupa pantai ini @levinaxvr
Gondola Pantai Timang yang menantang inilah salah satu yang membauat pengunjung penasaran dengan tempat wisata berupa pantai ini @levinaxvr

Jangan khawatir, karena sebagai lokasi wisata, pantai ini juga disediakan berbagai fasilitas lainnya, yaitu gazebo, warung makan, mushola, tempat parkir, dan toilet.

Tiket masuk ke lokasi ini cukup terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang. Sementara biaya fasilitas lain yaitu Kereta Gondola ke Pulau Timang Rp150.000 dan Jembatan Gantung Rp100.000. Cukup lumayan, tapi sepadan dengan jasa operator alat-alat tersebut.

Rute Cara Pergi Ke Pantai Timang

Mengunjungi pantai ini bisa kamu lakukan mulai dari Wonosari menuju Pantai Baron. Sesampai di pertigaan Jl. Mulo ambilah arah kiri ke Pantai Siung. Jalan lurus, maka nanti akan ada lapangan sepak bola, dan akan ada papan penunjuk ke Pantai Timang. Dari situ jalan yang harus kamu tempuh memang penuh bebatuan.

Selain gondola, penghubung Pantai Timang dengan Pulau Timang adalah jembatan tali ini via @lisa__ang
Selain gondola, penghubung Pantai Timang dengan Pulau Timang adalah jembatan tali ini via @lisa__ang

Tips Wisata Ke Pantai Timang

Pantai Timang ini adalah salah satu pantai populer di Jogja. Karena itu ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips wisata ke Pantai Timang ini. Siapa tahu akan berguna untuk acara liburanmu kesana.

  • Datanglah berwisata bersama beberapa orang teman. Terlebih untuk mengambil foto ketika berada dalam wahana tradisional itu.
  • Berada di atas pulau terjal yang jarang kamu masuki, waspada selalu dengan tepian yang tidak berpengaman.
  • Sangat dianjurkan untuk menggunakan kendaraan berkondisi prima. Jika kamu berangkat dengan bis, pada jalan menuju pantai terdapat ojek pangkalan yang bisa mengantarmu dengan tarif Rp30.000.
  • Isi penuh daya baterai ponsel, kamera dan power bank.
  • Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup.
  • Jangan lupa gunakan sunglass dan tabir surya. Bawa pula payung mengingat cuaca yang tak terprediksi.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: