Air Terjun Dan Pantai Jogan, Dua Tempat Wisata Dalam Satu Lokasi Di Selatan Yogyakata!

LiburMulu.Com – Bisa dibilang, Gunungkidul adalah pesona wisata baru di Yogyakarta. Salah satu kabupaten di Yogyakarta ini banyak menyuguhkan wisata alam yang aduhai indahnya. Beberapa diantaranya ada yang unik. Seperti wisata alam Pantai Jogan, dengan air terjun dan pantai dalam satu tempat misalnya.

Nggak salah lagi, bagian selatan dari Yogyakarta ini banyak menyuguhkan panorama pantai yang memukau. Berbatasan langsung dengan Laut Selatan menjadikan banyak pantai di Gunungkidul mempunyai ombak yang besar, namun dibalut dengan keindahan yang masih alami tanpa polesan manusia.

Pantai Jogan, Dengan Air Terjun Yang Mempesona

Dimana lagi bisa liat pantai dan air terjun dalam satu lokasi?
Dimana lagi bisa liat pantai dan air terjun dalam satu lokasi? via https://www.instagram.com/p/BCkNw2_JXuv/

Salah satunya adalah Pantai Jogan, sebuah pantai dengan air terjunnya yang memukau. Keberadaan pantai ini bak harta karun tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul. Air Terjun Pantai Jogan sendiri memiliki ketinggian sekitar 10 meter, menawarkan keindahan dan kesegaran bagi siapa saja yang ingin menikmati salah satu wisata di Gunungkidul ini.

Keberadaan air yang mengalir dan langsung mengarah menuju ke pantai ini membuat suasana disana menjadi semakin eksotis dan unik. Bisa dibilang unik karena biasanya air terjun itu kebanyakan ditemukan di daerah pegunungan atau dataran tinggi.

Namun berbeda dengan Air Terjun Pantai Jogan. Letaknya tak jauh dari pantai, dan berada satu tempat dengan pantai Jogan. Tentunya air terjun ini masih berupa air tawar yang segar. Keberadaan air terjun ini juga yang membuat Pantai Jogan berbeda dengan pantai di Yogyakarta yang lainnya. Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan pantainya saja, tetapi juga air terjun yang menambah keindahan Pantai Jogan.

(Baca Juga :Liburan Ke Yogyakarta? Pantai Di Yogyakarta Ini Bisa Jadi Ide Liburanmu Selanjutnya!)

Air Terjun Di Pantai Jogan Aksesnya Nggak Susah!

Pantai ini nggak mempunyai pasir putih yang halus, tapi punya air terjun yang keren!
Pantai ini nggak mempunyai pasir putih yang halus, tapi punya air terjun yang keren! via https://www.instagram.com/p/BCc3gBHD5P9/

Lokasi Air Terjun Pantai Jogan ini berada di desa Purwodadi kecamatan Tepus, Wonosari Gunungkidul. Letaknya nggak jauh dari kota, atau memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Kota Wonosari. Sementara itu memerlukan waktu tempuh 2-2.5 jam jika kalian berkunjung ke Pantai Jogan dari pusat kota Yogyakarta.

O iya, yang keren ini sendiri sendiri lokasinya nggak terlalu jauh dari Pantai Siung atau sekitar 200 meter saja jaraknya. Dengan begini, kalian bisa menikmati beberapa pantai sekaligus selain mengunjungi Pantai Jogan tentunya.

Perlu kalian ingat, jalanan menuju pantai yang berada di daereh Gunungkidul adalah jalanan naik turun, berliku-liku, dan kadang harus melewati kelokan tajam. Selain itu, akses menuju ke Air Terjun Pantai Jogan lumayan sepi.

Bersantai, menghabiskan waktu sambil menikmati hari pasti seru
Bersantai, menghabiskan waktu sambil menikmati hari pasti seru. via https://www.instagram.com/p/BCc3gBHD5P9/

(Baca Juga : Gua Jomblang, Hanya Untuk Para Petualang!)

Sepanjang perjalanan, kalian bisa menikmati jajaran bukit-bukit kapur yang berbaris dengan rapi di sepanjang jalan, tak ketinggalan persawahan serta ladang milik penduduk yang ijo royo-royo. Pun begitu, akses menuju ke pantai ini sudah diaspal mulus dan layak dilewati oleh sebagian besar kendaraan.

Bahkan, tak beberapa jauh dari pantai, kualitas jalanannya adalah berupa jalanan cor blok dengan jarak sepanjang kuranglebih 1 km. Jalanan ini pun bisa dilalui oleh kendaraan berupa motor dan mobil. Menyenangkannya, biaya retribusi untuk masuk ke kawasan Pantai Jogan ini hanyalah IDR 2.000 untuk sepeda motor.

Memang, daya tarik wisata utama disini sebenarnya adalah Pantai Jogan itu sendiri. Namun, tiap pengunjung yang datang kesini pasti akan diberikan bonus berupa air terjun yang letaknya saling berdekatan. Air terjun ini mengalir langsung ke Pantai Jogan dengan indahnya.

Kalian bisa turun ke bagian bawah pantai, kalau air laut sedang surut
Kalian bisa turun ke bagian bawah pantai, kalau air laut sedang surut. via https://www.instagram.com/p/BByJnY5McuP/

Sayang pantai ini memiliki kontur tebing yang curam lengkap degaan ombak lautnya yang menghantam keras ke pesisirnya yang berupa karang. Jadi, pantai ini tidak cocok untuk kalian yang ingin bermain-main dengan pasir dan berjemur.

Di pantai ini, ombak besar yang datang dari laut akan langsung terpecahkan oleh tebing dan karang yang ada disekitarnya. Suara ombak tadi pun terdengar bak dentuman keras yang memecah memecah sepi. Suara ini bak orkestra alam yang ikut menghibur para pengunjung Pantai Jogan.

Tak jauh berbeda Air Terjun Pantai Jogan, juga ikut menghibur para penikmatnya. Mata air terjun ini bersumber dari sungai di bukit karst yang ada di Gunungkidul. Pun pengunjung bisa bermain-main dibawah guyuran air terjun, namun tidak direkomendasikan. Kalau bisa, lebih baik menikmati keindahan air terjun dari jauh saja.

Mau pacu adrenalin, coba main ke pantai ini
Mau pacu adrenalin, coba main ke pantai ini via https://www.instagram.com/p/BBWgDVxrzWw/

Karena berbatasan langsung dengan laut, ombak besar datang bisa datang menghampiri tanpa permisi untuk menghantam batu karang tajam yang letaknya sangat dekat dengan air terjun. Satu-satunya kondisi yang memungkinkan untuk turun ke air terjun adalah ketika air laut sedang surut. Pada kondisi air laut sedang surut, kemungkinan ombak besar datang menghantam air terjun akan berkurang.

Kalian jangan lupa berburu foto keren di Air Terjun Pantai Jogan. Kalian bisa naik ke sebuah bukit yang letaknya sedikit keatas. Kalian juga perlu sedikit berjuang karena akses menuju ke bukit ini melewati jalan setapak yang dipenuhi dengan pepohonan lebat. Perlu diingat sebaiknya tidak dilakukan apabila sedang musim hujan. Jalur akan menjadi licin, dan becek.

Kalian bisa rappling dan memacu adrenalin di Air Terjun Pantai Jogan loh!
Kalian bisa rappling dan memacu adrenalin di Air Terjun Pantai Jogan loh! via https://www.instagram.com/p/BCMkoZMDgDh/

Namun, setelah sampai di bukit tadi, perjuangan kalian akan terbayarkan. Pemandangan indah terhampar, terlihat dengan dari atas bukit. Sebuah pemandangan yang keren dan menakjubkan di Pantai Jogan. Dari bukit ini, kalian akan bisa menikmati dan melihat keadaan pantai dengan leluasa.

Dari arah sebelah barat misalnya, kalian akan melihat sebuah bukit tinggi yang menjadi pembatas alami antara Pantai Jogan dan Pantai Siung. Sedangkan pada bagian timur, kalian akan menemukan tempat yang baik untuk memancing atau bisa juga dimanfaatkan untuk sekedar menyegarkan pikiran sambil menikmati deburan ombak Pantai Jogan.

(Baca Juga : Kalisuci Dengan Daya Tarik Cave Tubing Yang Seru!)

Wisata di Gunungkidul yang satu ini memang masih begitu alami dan indah. Nggak heran lagi kalau Pantai Jogan dan air terjunnya yang menawan ini sering digunakan untuk hunting foto. Salah satunya adalah aktifitas foto pra-wedding.

Pantai di selatan Yogyakarta ini juga merupakan pantai yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan sunset di Yogyakarta. Ketika sunset menjelang, pemandangan hamparan laut yang terlihat pun makin terlihat menawan, berwarna kuning keemasan. Ditambah suara deburan ombak, tentu akan membuat betah siapapun berlama-lama di Pantai Jogan.

Sunset menawan di pantai dengan air terjun yang keren!
Sunset menawan di pantai dengan air terjun yang keren! via https://www.instagram.com/p/BARnkQHxoLp/

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Pantai Jogan mungkin memiliki pendapat yang sama. Pantai ini adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang menyenangkan untuk berburu foto dan aktifitas fotogragi. Selain karena pantai ini nggak memiliki pantai pasir putih untuk bermain, memang pemandangan lansekap di sekitar pantai adalah salah satu yang terbaik di Gunungkidul, Yogyakarta.

Belakangan, keberadaan air terjun yang masih alami di dekat Pantai Jogan membuat nama pantai ini makin dikenal luas. Semoga saja keberadaan pantai ini bisa memberi nilai tambah untuk masyarakat yang tinggal di sekitar pantai.

Selain itu, kalian ingin berkunjung ke pantai di Gunungkidul yang satu ini kalian disarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah atau membelinya ketika dalam perjalanan menuju kesini. Alasannya adalah karena penjual makanan di pantai ini masih belum terlalu banyak.

Kalau kalian sudah puas berkunjung ke lokasi Air Terjun Pantai jogan, kalian bisa berkunjung ke pantai yang ada disebelahnya. Seperti yang suda disebutkan, kalau pantai ini berdekatan dengan Pantai Siung, tidak ada salahnya jika kalian mampir kesana. Mumpung masih berada di area wisata Pantai Gunungkidul!.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: