Setiap Pendaki Pasti Jatuh Hati, Jika Menyaksikan Pemandangan Terbaik Dari Puncak Gunung Di Indonesia Ini!

LiburMulu.com – Sebagai negara yang berada di rangkaian cincin api pasifik, Indonesia memiliki banyak pegunungan. Mulai dari gunung yang masih aktif, atau yang sekarang sudah menjadi gunung mati. Nggak cuma itu saja, Indonesia juga mempunyai banyak bukit dengan pemandangan indahnya.

Keberadaan gunung-gunung tadi tentu menarik minat para penyuka kegiatan pendaki gunung di Indonesia. Memang, ada banyak gunung yang menyenangkan untuk didaki di Indonesia. Nah, dari sekian banyak gunung yang ada di indonesia, beberapa gunung yang ada disini pasti bisa memukau kalian.

Pemandangan Terbaik Dari Puncak Gunung Di Indonesia
Pemandangan Terbaik Dari Puncak Gunung Di Indonesia (sumber)

Malah, setiap pendaki gunung pasti jatuh hati, jika menyaksikan pemandangan terbaik dari puncak gunung di Indonesia ini! Nggak percaya? Lihat saja sendiri :)

1. Bukit Punthuk Setumbu, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Bukit Punthuk Setumbu, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Bukit Punthuk Setumbu, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah via akun instagram @ngguhnangguh

Bukit Punthuk Setumbu ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu dari Magelang. Nggak cuma itu saja, dari sini kalian juga bisa melihat Candi Borobudur yang diselimuti kabut pada pagi hari.

2. Gunung Agung, Bali

Gunung Agung, Bali
Gunung Agung, Bali via akun instagram @pretzel_man

Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano tertinggi yang ada di pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem – Bali. Gunung Agung juga merupakan salah satu gunung favorit untuk pendakian di Bali.

(Baca Juga : Survival Skill Yang Berguna Ketika Naik Gunung Atau Di Alam Bebas!)

3. Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah

Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah
Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah via akun instagram @tjandraditya

Gunung Andong ini adalah gunung bertipe perisai yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Andong yang terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag ini belum pernah meletus dan memiliki ketinggian sekitar 1.463 m. Gunung Andong merupakan salah satu dari beberapa gunung yang melingkari Magelang. Berdampingan dengan gunung Telomoyo, gunung ini berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.

4. Gunung Batur, Bali

Gunung Batur, Bali
Gunung Batur, Bali via akun instagram @_wahde_

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Gunung Batur telah berkali-kali meletus. Kegiatan letusan G. Batur yang tercatat dalam sejarah dimulai sejak tahun 1804 dan letusan terakhir terjadi tahun 2000. Sejak tahun 1804 hingga 2005, Gunung Batur telah meletus sebanyak 26 kali dan paling dahsyat terjadi tanggal 2 Agustus 1926 dan berakhir 21 September 1926.

5. Gunung Bedes, Sooko, Ponorogo, Jawa Timur

Gunung Bedes, Sooko, Ponorogo, Jawa Timur
Gunung Bedes, Sooko, Ponorogo, Jawa Timur via akun instagram @rifkyfirdaus

Gunung Bedes, dinamakan seperti itu karena konon dulu gunung ini banyak ditinggali oleh kawanan kera. Gunung ini berada di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko, Ponorogo. Tepatnya, Gunung Bedes ini terletak di perbatasan antara Ponorogo dan Trenggalek, di Dusun Buyut Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko.

(Baca Juga : 10 Gunung Paling Menyenangkan Untuk Didaki Di Indonesia)

6. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo, Jawa Timur via akun instagram @deddypradana

Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai destinasi wisata utama di Jawa Timur.

7. Gunung Goh Leumo, Aceh Besar

Gunung Goh Leumo, Aceh Besar
Gunung Goh Leumo, Aceh Besar via akun instagram @mujib_

Goh Leumo jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah Pundak Lembu atau sapi. Sementara itu oleh para pendaki gunung, Gunung Goh Leumo ini sering disebut dengan Gunung Seribu Cahaya, dikarenakan banyak pendaki memilih naik ke Gunung Goh Leumo ketika pergantian tahun, untuk menikmati tahun baru di puncak. Gunung Goh Leumo lokasinya ada di desa Lam Guron, Aceh Besar.

8. Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur

Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur
Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur via akun instagram @amrand29

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

9. Gunung Kerinci, Sumatra

Gunung Kerinci, Sumatra
Gunung Kerinci, Sumatra via akun instagram @pierre.rollet

Gunung Kerinci (juga dieja “Kerintji”, dan dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.

10. Gunung Lembu, Purwakarta, Jawa Barat

Gunung Lembu, Purwakarta, Jawa Barat
Gunung Lembu, Purwakarta, Jawa Barat via akun instagram @argatyas

Gunung Lembu, adalah gunung yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Gunung ini relatif mudah untuk didaki, karena hanya dalam waktu kurang lebih sekitar 2 jam kalian sudah bisa sampai puncak dan dapat menikmati keindahan Waduk Jatiluhur di kejauhan. (Baca Juga : Kalau Waduk Sermo Punya Kalibiru, Waduk Jatiluhur Punya Gunung Lembu!)

11. Gunung Merapi, Yogyakarta, Jawa Tengah

Gunung Merapi, Jawa
Gunung Merapi, Yogyakarta via akun instagram @odiie_mm

Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

12. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung Merbabu, Jawa Tengah
Gunung Merbabu, Jawa Tengah via akun instagram @ogisurya

Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

13. Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah via akun instagram @arichaniago

Gunung Prahu atau terkadang dieja Gunung Prau (2.565 mdpl) terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung Prahu merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. Puncak Gunung Prahu merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur.

(Baca Juga : Pendaki Gunung Sejati Pasti Tak Akan Lakukan Ini!)

14. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat via akun instagram @youdhifolk

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangan yang tiada duanya di Indonesia!

15. Gunung Sindoro, Jawa Tengah

Gunung Sindoro, Jawa Tengah
Gunung Sindoro, Jawa Tengah via akun instagram @gilangadhy

Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro, atau juga Sundoro (altitudo 3.150 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi Sindoro

16. Gunung Ijen, Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Gunung Ijen, Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur
Gunung Ijen, Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur via akun instagram @porczak

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 m dan telah beberapa kali meletus. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

17. Puncak Anak Krakatau, Selat Sunda

Puncak Anak Krakatau, Selat Sunda
Puncak Anak Krakatau, Selat Sunda via akun instagram @liccabooo

Mulai pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau dari kawasan kaldera purba tersebut yang masih aktif dan tetap bertambah tingginya. Gunung Anak Krakatau masih relatif aman untuk didaki meski aktif dan sering ada letusan kecil, hanya ada saat-saat tertentu para turis dilarang mendekati kawasan ini karena bahaya lava pijar yang dimuntahkan gunung api muda ini.

18. Puncak B29, Argosari, Lumajang, Jawa Timur

Puncak B29, Argosari, Lumajang, Jawa Timur
Puncak B29, Argosari, Lumajang, Jawa Timur via akun instagram @rezaiqbal

Puncak B29 Argosari adalah puncak tertinggi dikawasan lautan pasir Bromo dengan ketinggian 2900 m dpl. Lokasinya berada disisi tenggara Gunung Bromo. Dari Puncak B29 bisa terlihat pemandangan yang indah dengan udara dingin yang menyegarkan. Puncak B29 ini terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro atau sekitar 40 Km dari Kota Lumajang.

19. Puncak Jaya, Papua

Puncak Jaya, Papua
Puncak Jaya, Papua via akun instagram @indonesia_country

Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global. Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia.

20. Puncak Kendeng, Gunung Kukusan, Samigaluh, Kulonprogo

Puncak Kendeng, Gunung Kukusan, Samigaluh, Kulonprogo
Puncak Kendeng, Gunung Kukusan, Samigaluh, Kulonprogo via akun instagram @tofikrozaq

Puncak Kendeng adalah salah satu puncak yang ada di Gunung Kukusan yang terletak tidak jauh dari Kebun Teh Nglinggo di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Puncak Kendeng ini berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

21. Puncak Mahameru, Gunung Semeru, Pulau Jawa

Puncak Mahameru, Gunung Semeru, Pulau Jawa
Puncak Mahameru, Gunung Semeru, Pulau Jawa via akun instagram @dididigong

Gunung Semeru atau Sumeru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: