Mercusuar Pulau Lengkuas, Tempat Wisata Belitung Paling Keren! Kalian Setuju?

Mercusuar Pulau Lengkuas, Tempat Wisata Belitung Paling Keren! Kalian Setuju?
4.8 (95.56%) 18 votes

LiburMulu.Com – Pulau Lengkuas adalah sebuah pulau kecil di Belitung yang terletak tidak jauh dari pantai Tanjung Kelayang. Lengkuas adalah merupakan bagian dari kecamatan Sijuk, Belitung. Informasi menyebutkan kalau luas pulau Lengkuas tidak sampai sekitar 1 hektar yang dipadati dengan pepohonan kelapa yang rimbun juga bebatuan besar yang khas.

Lengkuas adalah pulau dengan garis pantai yang unik. Pasir Pantai pulau Lengkuas yang berwarna putih, sangat kontras dengan latar belakang pepohonan kelapa dan perairannya yang berwarna hijau kebiruan. Ditambah bebatuan raksasa membuat pulau ini semakin eksotis. Karena itu banyak orang yang berlibur ke Belitung pasti mengunjungi pulau ini.

Bebatuan raksasa yang ada di sekitar pulau
Bebatuan raksasa yang ada di sekitar pulau

Iya, memang di sekeliling Pulau Lengkuas ini kalian akan menemui banyak sekali gugusan batu alam yang berukuran raksasa. Bebatuan alami tadi terlihat menjorok ke arah laut di salah satu sisi pulau ini. Melihat bebatuan tadi sambil berjalan santai dipasir tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Atau kalian bisa juga sambil meniti bebatuan raksasa disekitar pantai pulau Lengkuas tadi dengan santai.

Beberap batuan raksasa tadi bahkan ada yang terpisah beberapa meter dari garis pantai pulay. Namun kalau air sedang surut, kalian bisa menghampirinya. Kalaupun air laut sedang pasang, kalian tetap bisa berjalan melewati air yang tingginya hingga mencapai lutut untuk menuju kumpulan batuan tersebut.

(Baca Juga : 8 Kepulauan Di Indonesia Ini Asyik Banget Buat Liburan Ala Loncat Pulau!)

Sekeliling pulau ketika sedang surut
Sekeliling pulau ketika sedang surut

Pulau Lengkuas ini adalah salah satu primadona pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain bebatuan raksasa dan pulau yang indah, daya tarik pulau yang merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung adalah mercusuar tua.

Iya, daya tarik utama di pulau Lengkuas ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun pada era pemerintah Kolonial Belanda di tahun 1882. Hebatnya, hingga sekarang ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik. Tentunya mercusuar tadi masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Selain itu kombinasi terumbu karang dan perairan yang tidak begitu dalam, membuat pulau ini menjadi lokasi yang sempurna untuk aktifitas permainan air menggunakan peralatan seperti snorkel. Iya, snorkeling adalah aktifitas yang menyenangkan untuk bisa dilakukan disekitar Pulau Lengkuas. Tarik nafas yang dalam dan mulailah kalian menyelam disekitar pulau yang indah ini. Kalian akan bisa melihat banyak ikan-ikan kecil berenang menyusuri terumbu karang yang indah dan bertebaran.

Ada banyak kapal di dekat Pulau Lengkuas
Ada banyak kapal di dekat Pulau Lengkuas

Lantas, bagaimanakah cara menuju pulau ini? Pulau Lengkuas ini bisa dicapai dari Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, atau Pantai Tanjung Binga menggunakan perahu motor. Kira-kira perjalanan menuju pulau ini akan membutuh waktu sekitar 30 menit. Untuk sampai ke pulau ini kalian bisa naik perahu motor yang disewakan oleh penduduk setempat.

Disarankan jika kalian ingin pergi ke Pulau Lengkuas, sebaiknya datang bersama banyak teman atau rombongan. Karena ongkos tarif sewa perahu motor bukan dihitung per kepala, tetapi rombongan. Rata-rata untuk perjalanan pulang pergi ke pulau kalian akan dikenai biaya mulai dari IDR 350.000 hingga 500.000.

(Baca Juga : Danau Kaolin Belitung, Salah Satu Keindahan Yang Melukai Bumi?!)

Belitung terlihat dengan jelas dari puncak Mercusuar Pulau lengkuas
Belitung terlihat dengan jelas dari puncak Mercusuar Pulau lengkuas

Tentu saja harga sewa perahu untuk island hoping dan menuju Pulau Lengkuas di Belitung akan berbeda-beda. Semuanya tergantung dari ukuran perahu yang disewakan, juga dari mana tempat kalian berangkat. Beberapa penyewa perahu juga ada yang menawarkan fasilitas alat snorkeling juga alat menyelam lengkap dengan tabung selamnya. Untuk mendapatkan tarif sewa kapal yang lebih murah, jangan lupa ditawar ya.

Selama menyeberang ke pulau, perhatikan gugusan batu besar yang ada di salah satu sisi Pulau Lengkuas. Nanti akan terlihat begitu jelas ketika kalian sedang naik kapal menuju ke pulau Lengkuas. Selain itu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada satu hal yang sangat menonjol dari pulau ini. Dari kejauhan sudah tampak terlihat mercusuar berwarna putih yang menjulang keluar dari balik rerimbunan pohon kelapa yang ada di pulau. Mercusuar ini adalah daya tarik utama pulau Lengkuas.

Mercusuar Pulau Lengkuas dari dekat
Mercusuar Pulau Lengkuas dari dekat

Dengan ketinggian totalnya sekitar 15 lantai, kalian bisa naik ke dalam mercusuar dan bisa melihat pemandangan sekeliling pulau dari atas mercusuar. Ada jendela yang terbuka disetiap sisi mercusuar yang bisa kalian manfaatkan untuk melongok keluar. Apalagi jika kalian terlalu capek ketika menaiki tangga menuju puncak mercusuar. Jangan dipaksakan, berhentilah sejenak dan kalian bisa melirik ke luar jendela. Tapi jangan terlalu lama berhentinya, karena pemandangan yang menakjubkan dari atas pulau sudah menunggu.

Jika mungkin kalian sehari-harinya terbiasa naik lift untuk menuju ke lantai atas kantor, mungkin akan terasa cukup capek jika harus menaiki tangga untuk sampai ke puncak mercusuar yang tingginya setara 15 lantai ini. Tenang saja, rasa lelah menaiki tangga mercusuar akan terbayar ketika kalian sudah sampai ke puncak.

Tangga untuk naik ke puncak mercusuar
Tangga untuk naik ke puncak mercusuar

Memang diatas mercusuar ini kalian bisa melihat bentangan laut biru yang seakan tanpa batas di kejauhan dari balik kaca. Bisa juga kalian keluar untuk menikmati pemandangan lebih jelas, namun harap berhati-hati ya. Semua terlihat sangat indah sekali di mercusuar ini. Tidak bisa menggambarkannya dengan lebih lagi, kecuali datang kesini dan melihatnya sendiri.

Ketika kalian mencoba keluar dari mercusuar, anginnya yang kencang sekali akan menerpa wajah, apalagi jika kalian berdiri didekat jendela tersebut. Selain itu, karena ini adalah mencusuar yang masih aktif, maka di puncaknya kalian akan menemukan lampu sorot. Ukurannya cukup besar, sekitar 50 cm dan masih berfungsi dengan baik.

(Baca Juga : Pulau Kelagian Kecil, Pulau Berpasir Putih Di Lampung Yang Menawan)

Foto lampu di mercusuar yang masih aktif
Foto lampu di mercusuar yang masih aktif

Di sebelah mercusuar akan terlihat tiang kecil dengan benda berbentuk kerucut berwarna putih diatasnya. Terlihat jelas jika kalian berada di puncak mercusuar, maka kerucut tersebut akan berdiri sejajar disamping mercusuar. Mungkin mercusuar Pulau Lengkuas ini dari kejauhan akan terlihat sama seperti situs-situs sejarah lainnya yang tersebar di berbagai lokasi di pulau Belitung. Namun mercusuar pulau Lengkuas ini bisa dibilang merupakan peninggalan Belanda di Belitung yang paling keren.

Berdasarkan sejarahnya, mercusuar ini dibangun pada tahun 1889. Dan, letak Pulau Lengkuas yang tidak terlalu jauh dari pulau utama Belitung membuatnya menjadi lokasi yang cocok untuk mendirikan mercusuar. Dulu pemerintah Belanda membuat dan menggunakan mercusuar ini sebagai alat bantu navigasi pada malam hari bagi kapal mereka yang melintas.

Datanglah ke pulau ini ketika sedang cerah
Datanglah ke pulau ini ketika sedang cerah

(Baca Juga : Mie Atep Belitung, Cita Rasa Tiada Duanya!)

Panorama dari Pulau Lengkuas yang eksotis
Panorama dari Pulau Lengkuas yang eksotis

Apalagi dimasa lalu peralatan navigasi kapal tidak seperti sekarang, belum ada GPS dan peralatan canggih lainnya. Mereka masih menggunakan peralatan sederhana seperti kompas dan bantuan bintang diangkasa sebagai alat navigasi. Padahal, ketika malam hari sangat sulit untuk melihat tepi  pantai ketika berada diatas kapal.

Oleh karena itu, Mercusuar ini dapat membantu kapal-kapal agar dapat melintasi sisi pulau Belitung dengan aman. Meskipun sekarang peralatan kapal sudah sangat canggih, namun mercusuar ini masih tetap dioperasikan. Karena nelayan setempat di Belitung, masih banyak yang menggunakan perahu tradisional. Mercusuar ini dapat membantu mereka ketika ingin kembali dari laut pada malam hari.

Pohon kelapa dan pulau memenuhi pulau ini
Pohon kelapa dan pulau memenuhi pulau ini

O iya, di Pulau Lengkuas agak susah menemukan air bersih. Jadi setelah berenang di laut atau snorkeling, kalian tidak bisa begitu saja mandi untuk membilas tubuh. Jadi jika ingin bilas, bisa kalian lakukan di Belitung saja. Namun, jika ingin air minum, di Pulau Lengkuas terdapat penjual kelapa muda yang segar. Asik kan? Nah, jika kalian sedang menyusun itinerary traveling ke Belitung, sebaiknya memasukkan Pulau Lengkuas kedalam itinerary liburan kalian yak!

Tips Liburan Ke Pulau Lengkuas :

Pemandangan Pulau Lengkuas dari spot snorkeling
Pemandangan Pulau Lengkuas dari spot snorkeling
  1. Datanglah ramai-ramai bareng keluarga atau teman, karena sewa kapal cukup mahal jika hanya ditanggung sendiri atau berdua. Selain itu, pulau ini adalah salah satu dari rangkaian Island Hoping tour di Belitung. Jadi kalau sendiri pasti kurang asik kan?
  2. Bawa peralatan snorkeling sendiri agar liburan ke Pulau Lengkuas jadi lebih maksimal. Jangan lupa bawa sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.
  3. Sebaiknya berkunjung ke Pulau Lengkuas di musim kemarau, karena warna air laut akan lebih jernih dan ketika sedang cerah pemandangan disekeliling pulau akan makin sempurna.
  4. Bawa snack dan air minum yang cukup agar kalian terhindar dari kelaparan dan dehidrasi. Meskipun ada penjual makanan di Pulau Lengkuas, namun daripada kehabisan mending membawa perbekalan sendiri.
  5. Liburan ke Belitung bisa dilakukan sendiri, namun sekarang ini akan lebih mudah dan murah jika menggunakan jasa open trip atau paket tour ke Belitung seperti wanatour.co disini.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: