Mau Tahu Alasannya Kenapa Pulau Lengkuas Wajib Untuk Kalian Kunjungi?!

LiburMulu.com – Pulau Lengkuas, pulau ini terbilang kecil karena hanya memiliki luas kurang dari 1 hektar. Terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Meskipun kecil, keindahan alam di Pulau Lengkuas sudah begitu santer terdengar sejak lama, bahkan pulau ini merupakan salah satu wisata andalan atau primadona pariwisata di Belitung. Namun sesungguhnya apa sajakah pesona dari pulau yang satu ini?! Berikut alasannya:

1. Pulau Lengkuas Dikenal Memiliki Nuansa Eksotis Sebuah Pantai Berpasir Putih Yang Menghadap Birunya Samudera

pantai yang berpasir putih bersih
pantai yang berpasir putih bersih
Pulau Lengkuas memiliki warna air laut yang sangat memikat
Pulau Lengkuas memiliki warna air laut yang sangat memikat

Pantai di Pulau Lengkuas ini memiliki penampakan yang begitu sangat indah, air lautnya berwarna biru kehijauan, sangat bersih dan jernih sehingga kalian dapat dengan mudah menyaksikan ikan-ikan hias yang berenang di dalamnya. Waktu paling baik untuk berkunjung adalah di bulan Maret-November, karena diwaktu itulah warna air lautnya akan sangat biru seperti ini.

2. Tidak Hanya Pantai, Pulau Lengkuas Juga Dihiasi Oleh Banyaknya Batuan Granit Raksasa Beraneka Bentuk

Bebatuan granit raksasa semakin menakjubkan dilihat dari atas mercusuar
Bebatuan granit raksasa semakin menakjubkan dilihat dari atas mercusuar

Bebatuan granit raksasa ini dapat kalian temukan dengan mudah di Pulau Lengkuas, jika dilihat dari ketinggian. Kalian tentunya akan dengan mudah terkagum-kagum akan kebesaran Tuhan, entah fenomena alam seperti apa yang mampu mengangkut ratusan batu-batu tersebut kepulau ini. Banyaknya batu-batu yang tersebar semakin menakjubkan jika dilihat dari atas mercusuar yang berdiri tegak di tengah pulau.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

3. Keistimewaan Lain Dari Pulau Lengkuas Ini Adalah, Dengan Berdirinya Sebuah Mercusuar Peninggalan Belanda Yang Dibangun Pada Tahun 1882

Mercusuar tua masa kolonial Belanda
Mercusuar tua masa kolonial Belanda

Hingga saat ini mercusuar yang menjadi salah satu daya pikat Pulau Lengkuas ini masih tetap berfungsi, meskipun sudah sangat tua, mercusuar masih dapat digunakan untuk penuntun lalu lintas kapal laut yang lewat maupun keluar masuk Pulau Belitung. Para wisatawan diizinkan menaiki mercusuar dengan ketinggian kurang lebih 50 m ini untuk menikmati keindahan alam sekitar pulau secara 360 derajat.

Jika kalian tidak sanggup mencapai puncak maka jangan khawatir. Karena di setiap lantai mercusuar terdapat jendela yang menghadap ke berbagai arah sehingga pemandangan indah di bawah sana tetap dapat dinikmati dan diabadikan.

4. Dari Atas Kalian Dapat Menikmati Kecantikan Warna Biru Laut Berpadu Harmonis Bersama Beberapa Perahu Yang Bersandar 

kecantikan warna biru laut berpadu harmonis bersama beberapa perahu yang bersandar
kecantikan warna biru laut berpadu harmonis bersama beberapa perahu yang bersandar

Tidak heran jika pulau Lengkuas telah menjadi wisata andalannya kepulauan Belitung, karena pulau ini jelas memiliki keindahan pantai serta samudera yang sangat memikat hati. Baik ketika laut pasang maupun surut, pantai serta karang yang mengelilingi pulau tetap menyajikan keindahan yang luar biasa.

5. Tidak Hanya Dari Atas Mercusuar, Bebatuan Granit Raksasa Juga Bisa Menjadi Latar Foto Yang Bagus

bebatuan granit raksasa bisa jadi latar foto yang bagus
bebatuan granit raksasa bisa jadi latar foto yang bagus

Jika kalian belum cukup puas mengabadikan bebatuan raksasa ini dari ketinggian, tentu saja kalian sangat bisa untuk menginjakkan kaki secara langsung. Menyentuh dan mengagumi sambil berpose diatasnya. Agar foto kalian sempurna sebaiknya diberi objek manusia sehingga dapat terlihat jelas perbandingan antara manusia dan ukuran bebatuan yang mengelilingi.

6. Tidak Hanya Pemandangan Diatas Lautnya Saja, Terdapat Spot Snorkeling Favorit Di Sisi Pulau Lengkuas Yang Dihuni Ikan – Ikan Cantik

terdapat titik spot snorkeling favorite di dekat pulau
terdapat titik spot snorkeling favorit di dekat Pulau Lengkuas

Bagi pecinta snorkeling dan free dive, di sekitar perairan Pulau Lengkuas merupakan lokasi yang tepat untuk melakukan keiatan menyelam. Di sekitaran Pulau Lengkuas di kenal sebagai perairan yang memiliki terumbu karang indah dan dihuni oleh banyak ikan hias. Selain itu kondisi air yang begitu tenang juga sangat mendukung untuk melakukan kegiatan snorkeling.

7. Selfie Di Atas Mercusuar Dengan Latar Pemandangan Laut Menjadi Alasan Yang Begitu Penting Untuk Datang Ke Pulau Lengkuas

jangan lupa untuk selfie, namun tetap hati-hati
jangan lupa untuk selfie, namun tetap hati-hati (sumber)

Selfie di Mercusuar menjadi salah satu alasan untuk datang ke Pulau Lengkuas karena tentu saja, kegiatan seperti ini tidak dapat dilakukan dimanapun selain mercusuar yang satu ini. Dengan latar belakang birunya laut dan perahu-perahu ditepian pantai, moment ini membuat siapapun jadi ingin melakukannya.

***

Demikianlah 7 alasan Kenapa Pulau Lengkuas Wajib Untuk Kalian Kunjungi, tertarik untuk mencoba?! Kalian bisa segera pesan tiket dan tour liburan ke Belitung deh! Terus, jangan lupa sharing pengalamannya dengan kami ya!

Banyak Dicari

  • libur mulu com
  • bekpek ke belitung

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips – tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

3 Responses
%d bloggers like this: