Mengeksplor Indahnya Pantai Kobra Gunungkidul Jogja

Mengeksplor Indahnya Pantai Kobra Gunungkidul Jogja
5 (100%) 10 votes

Di antara pantai yang ada di Gunungkidul, Jogja, rupanya terdapat pantai dengan nama yang memancing perhatian siapapun yang mendengar dan membacanya. Pantai Kobra. Padahal kita tahu kalau Kobra, seperti yang kita tahu adalah sebutan untuk sejenis ular berbisa, yaitu Ular Sendok. Entah apa yang membuat sampai pantai ini diberi nama yang terdengar seram seperti demikian.

Namun tenang saja, yang pasti, jika kamu mencoba mengeksplorasi pantai Kobra ini kamu akan mendapati sebuah pantai yang masih sangat alami dan masih asli. Gak bakalan deh ada yang namanya aja seram, aslinya indah banget lho! Kalau nggak percaya bisa dibuktikan sendiri dengan berkunjung ke Pantai Kobra yang ada di Gunung Kidul Jogja.

Apalagi, dari sekian banyak pantai di Jogja, ini adalah salah satu pantai keren yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Entah buat kamu yang suka berburu foto, atau sekedar melepas lelah dari penatnya pekerjaan sehari-hari. Yang jelas, pantai ini layak untuk dinikmati bersama teman atau bersama keluarga tercinta.

Mengeksplor Indahnya Pantai Kobra Gunungkidul Jogja
Mengeksplor Indahnya Pantai Kobra Gunungkidul Jogja

Mengunjungi Pantai Kobra Bersama Keluarga!

Dengan berkunjung ke pantai di Gunungkidul ini, kamu tentunya akan bisa menyaksikan pemandangan pantai indah dan sedikit berbeda dari pantai di Jogja pada umumnya. Hal paling terlihat adalah kalau pantai ini tidak memiliki pasir berwarna putih. Namun yang ada disini adalah sebuah pantai yang banyak dipenuhi tumbuhan, rerumputan hijau yang luas dan sebuah  perbukit karst. Seperti banyak perbukitan karst yang juga mendominasi lansekap pantai-pantai di selatan Jawa.

Lalu, yang juga membuat Pantai Kobra ini berbeda adalah pantai ini berupa pantai tebing. Jadi ketika kamu berkunjung kesini, kamu tidak bisa jika langsung menyentuh air lautnya. Bermain-main di laut disini juga akan susah. Tidak seperti ketika bermain ke Pantai Parangtritis atau pantai di Jogja lainnya yang memiliki lansekap landai.

Namun, percaya deh, kalau pantai ini sangat nyaman dan asik untuk dikunjungi. Apalagi buat kamu yang merupakan penggemar pantai sepi dengan suasana tenang tanpa banyak gangguan. Apalagi, letaknya yang juga jauh terpencil, hingga hinggar bingar kota tak terasa disini. Ombak di Pantai Kobra yang cenderung tenang menghanyutkan akan terdengar bak melodi alam yang menyihir indra pendengaran.

Pantai Kobra ini juga cocok untuk camping dan berburu milkiway seperti ini! @windu_dolandolan
Pantai Kobra ini juga cocok untuk camping dan berburu milkiway seperti ini! @windu_dolandolan

Mungkin saja, tepian pantai yang tidak menyatu langsung dengan laut tidak memungkinkan pengunjungnya untuk berenang atau bermain air. Hanya saja, pada tepian tebing ini kamu bisa memancing seharian penuh sambil menikmati suasana alam. Jadinya, Pantai Kobra adalah salah satu pantai di Jogja yang cocok untuk memancing!

Atau, buat kamu yang suka menikmati matahari terbenam, sunset yang epik sambil memandang laut yang luas, dengan horizon yang seakan tak terbatas, ini adalah pantai yang tepat. Sunset romantis bisa dinikmati dari pantai di Gunungkidul yang indah ini. Dengan catatan, kamu tidak bisa menikmatinya sendirian. Tentu saja, romantis itu gak bisa sendirian ya. Topografi pantai yang berupa perbukitan memang membuat hal ini mungkin, menikmati matahari terbenam tanpa terhalang pandangan. Tentu ini adalah idaman setiap orang?

Pantai di Gunungkidul yang ditumbuhi banyak tumbuhan ini tampak sejuk ketika siang hari. Hamparan rumput yang mendominasi area pantai nosa dibilang cukup luas. Ditambah lagi, disekitar pantai juga terdapat pepohonan yang dimiliki oleh penduduk setempat. Terlihat banget pontensi keindahan Pantai Kobra. Sayang, menurut informasinya Pantai Kobra ini memang belum dikelola dengan baik oleh Pemda setempat.

Namun itu bukan berarti pembenaran kalau terjadi kerusakan disini. Yang ada, para pengunjung yang berlibur ke Pantai Kobra harus ikut untuk menjaga kondisi pantai agar tetap bersih dan terjaga. Hal paling mudah adalah dengan membantu tidak membuang sampah sembarangan, atau  merusak suasana pantai yang alami ini dengan aksi vandalisme misalnya.

Berminat Berkunjung Ke Pantai Tersembunyi di Gunungkidul Ini?

Untuk yang ingin pergi liburan ke Pantai Kobra di Jogja, kamu bisa menggunakan panduan lokasi Pantai Kobra atau petunjuk alamat ini:
Alamat: Wiloso, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55872, Indonesia (klik saja untuk melihat lokasinya di peta).

Mengunjungi sebuah tempat yang masih asri tentu akan membuat hati senang dan pikiran lebih nyaman bukan? Apalagi lokasi pantai ini tak begitu jauh, alamatnya di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Lokasi dari pantai indah di Gunungkidul ini juga masih bersebelahan dengan Pantai Wohkudu juga Pantai Gesing. Jadi kamu bisa juga mengunjungi pantai lainnya nanti. Untuk jaraknya sendiri dari pusat Kota Jogja adalah sekitar 65 km. Hanya dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan, kamu sudah bisa menikmati pantai keren ini!

Cara pergi ke Panai termudah adalah dengan menggunakan rute jalan ringroad Jogja. Lewati saja Ringroad Selatan ke arah Jalan Imogiri Timur, setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Tanjakan Siluk. Sesampainya di Tanjakan Siluk, lanjurkan perjalanan ke arah Panggang, sampai bertemu dengan pertigaan SDN Sawah.

Di pertigaan tersebut, ambil jalan ke kanan, menuju ke arah Warak Girikarto hingga ketemu pertigaan bplang. Pada Pertigaan Bolang ini, ambil arah belok kanan, dan tak lama lagi kamu akan sampai di kawasan Pantai Kobra yang indah. Tentu saja, kalau kamu bingung dengan rute ke Pantai Kobra, kamu bisa bertanya kepada penduduk sekitar. Mereka tentu akan dengan senang hati membantu menunjukkan lokasi pantainya.

Tips Wisata Ke Pantai Kobra   

Tenang saja, kamu tak akan menemukan ular kobra di Pantai Kobra.
Tenang saja, kamu tak akan menemukan ular kobra di Pantai Kobra.
  • Gunakan alas kaki yang pas dengan ukuranmu, sehingga akan jauh lebih nyaman untuk berjalan di pantai. Tentu saja, gunakan alas kaki yang tidak licin. Karena disini kamu akan menyusuri area pantai yang konturnya naik-turun.
  • Pantai di Gunungkidul ini masih sangat alami, dan belum dikelola dengan baik. Jadi jangan berharap fasilitas wisata seperti toilet umum dan warung makan akan dengan mudah ditemukan di sekitar pantai. Harap mempersiapkan diri ya kalau main ke pantai ini. Beberapa fasilitas umum bisa ditemukan agak jauh dari lokasi pantai. Membawa bekal makanan dan minuman yang cukup akan membuat liburanmu lebih asik. Sukur-sukur kamu bisa piknik di pantai ini bareng teman.
  • Untuk keperluan dokumentasi liburan, bawalah kamera dengan kualitas yang mumpuni! Entah untuk sekedar selfie, atau mungkin kamu mau bikin vlog tentang Pantai Kobra ini? Yang jelas, kalau kamu membawa kamera sendiri, kamu bisa mengabadikan kenindahan yang ada di pantai ini. Jangan lupa untuk foto selfie bersama teman-teman! Tapi ingat, harus tetap hati-hati ya!
  • Melihat kondisi prakiraan cuaca sebelum pergi adalah ide yang bagus! Mengingat kalau cuaca hujan akan membuat suasana liburan ke Pantai akan menjadi kurang menyenangkan! Berangkat pada cuaca yang bagus juga akan membuat hasil foto liburanmu ke Pantai Kobra menjadi lebih indah! Selain itu, kondisi jalanan yang kering juga membuat berkendara lebih aman dan nyaman.
  • Jangan tinggalkan jejak sampah disini. Atau kerennya, jangan ambil apapun selain foto, dan jangan tinggalkan apapun selain jejak!
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: