Embung Nglanggeran Yogyakarta, Telaga Air Raksasa Di Gunung Api Purba Ini Memiliki Pesona Yang Aduhai

LiburMulu.com – Bagi kalian yang cukup update dengan perkembangan informasi mengenai destinasi-destinasi wisata baru, tentunya kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kawasan Gunungkidul di Yogyakarta. Kawasan yang dikenal berhawa panas dengan barisan pegunungan karst kering yang cukup luas, tidak heran jika terdapat pantai-pantai indah nan eksotik di sekitarnya.

Namun ternyata pesona Gunungkidul tidaklah sebatas kecantikan pantainya saja. Gunungkidul ternyata juga menyimpan banyak pesona dengan berbagai pilihan seperti air terjun, gunung api, serta beberapa goa yang bisa kalian kunjungi. Hanya itu sajakah?! Tentu tidak, Gunungkidul masih memiliki sudut lain yang dapat memikat hati kalian. (Baca Juga: Ini Dia 11 Primadona Baru Wisata Jogja di Gunungkidul)

Bisa menjadi tempat yang fotogenic
Bisa menjadi tempat yang fotogenic (sumber)

Bernama Embung Nglanggeran, yang berlokasi di kawasan Gunung Pendem, Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Embung Nglanggeran sebenarnya merupakan kolam atau penampungan air raksasa yang dibangun di atas bukit dengan ketinggian sekitar 500 mdpl, dengan memotong sebuah bukit yang bersisian dengan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Nama dari objek wisata yang satu ini sebenarnya adalah “Kebun Buah Nglanggeran” karena memang difungsikan sebagai kebun buah serta resmi dibuka pada 19 Februari 2013 oleh Sultan Hamengku Buwono X. Namun selain keberadaan kolam air raksasa di puncaknya, petunjuk arah menuju objek wisata inipun lebih banyak menggunakan nama Embung Nglanggeran, sehingga banyak orang yang kini lebih memilih menyebutnya sebagai Embung Nglanggeran.

Telaga air raksasa yang berada di atas bukit ini membuatnya menjadi objek wisata yang unik.
Telaga air raksasa yang berada di atas bukit ini membuatnya menjadi objek wisata yang unik. via instagram @deviwidiyanti

Selain dapat menikmati keindahan pemandangan alam sekitar serta pantulan langit di telaga air Embung Nglanggeran, di tempat ini kalian juga dapat menikmati beragam pesona wisata lainnya seperti: Area Kebun Buah Nglanggeran, GUnung Api Purba Nglanggeran, Kawasan Kota Menara, Awan Putih di Atas Kota Wonosari, Pemandangan Asri Desa Nglanggeran, serta keindahan fenomena sunrise serta sunset.

(Baca Juga : Tujuh Tempat Epik Menikmati Cahaya Di Sekitar Yogyakarta)

pesona sunset di Embung Nglanggeran
pesona sunset di Embung Nglanggeran (sumber)

Embung atau yang memiliki makna telaga air buatan ini berfungsi mengkonservasi air dari berbagai sumber seperti mata air serta menampung air hujan sehingga letaknya berada di atas perbukitan. Embung Nglanggeran bisa dicapai dengan waktu tempuh selama 1 jam dari kota Jogja. Karena Gunung Api Purba Nglanggeran yang lebih dulu populer, kalian dapat menuju kesini terlebh dahulu, karena Embung Nglanggeran hanya berjarak sekitar 1,5 km dari Gunung Api Purba ini.

Kondisi jalan yang belum begitu lebar membuat bus berukuran kecil pun akan kesulitan untuk masuk ke kawasan Embung, sehingga sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor. Terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap di objek wisata ini seperti, pagar pengaman Embung/Telaga, tempat parkir yang luas, toilet yang yang cukup nyaman, warung makanan, gazebo serta tempat duduk yang variatif juga jalan mengitari embung yang telah dicor.

Embung Nglanggeran Yogyakarta dari udara
Embung Nglanggeran Yogyakarta dari udara via akun instagram @novallio_rfl

Bagi kalian yang memang tertarik atau sedang berencana untuk datang kesini, dilarang keras untuk melakukan kegiatan berenang atau menyelam di embung, serta tidak diperkenankan untuk membuang apapun kedalamnya. Selamat menikmati keindahannya, selamat liburan! (Baca Juga : Menyapa Matahari Pagi Sunyi, Berburu Sunrise Di Borobudur)

Petunjuk Jalur Yang Dapat Ditempuh Dari Yogyakarta:

Embung Nglanggeran Yogyakarta terlihat di kejauhan
Embung Nglanggeran Yogyakarta terlihat di kejauhan via akun instagram @triasnainggolan

Kalian dapat memulai perjalanan dari perempatan Ring Road Ketandan serta menyusuri jalan Yogya-Wonosari yang jaraknya sekitar 15 km. Dari traffic light Piyungan, kalian ambil jalan lurus untuk menanjak menuju Bukit Bintang atau Hargo Dumilah. Sekitar 500 meter dari Bukit Bintang tersebut, kalian akan menemukan bukit Patuk, yang berupa perempatan diatas bukit.

Pada perempatan ini, selanjutnya ambil arah kiri menuju Desa Ngoro-Oro. Sekitar 5 km dari perempatan tersebut, kalian akan tiba di kawasan menara TV dan seluler yang juga disebut Kota Menara. Harap melaju dengan pelan, karena sekitar 300 meter akan terdapat Kantor Puskesmas Patuk II di kanan jalan.

Tepat di depannya terdapat sebuah pertigaan, disini kalian akan menemui jalanan yang menanjak. Ambil arah kanan, dan jalan terus sekitar 1 km maka kalian akan segera menemukan Kawasan Parkir Gunung Api Nglanggeran. Kalian juga bisa menemukan lokasi di Embung Nglanggeran Yogyakarta Google Maps disini.

Embung Nglanggeran Yogyakarta, Telaga Air Raksasa Di Gunung Api Purba Ini Memiliki Pesona Yang Aduhai
Embung Nglanggeran Yogyakarta, Telaga Air Raksasa Di Gunung Api Purba Ini Memiliki Pesona Yang Aduhai via akun instagram @giswagama

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
24 Responses
  1. Aris Green Elja

    pernah mind.. di wonosari juga ada embung diatas awan namanya embung srinten embung baru yg berada dideket puncak tugu gunung kidul

  2. Riya Srikandi Cintha Seni

    saya sdah ksana
    yupsss btl bgt ap yg dblang ama #glenn william tuh tempate bgus bgt pkoke dbndingin nglangeran

  3. Riya Srikandi Cintha Seni

    ralat bkn glen yg ak mksd tp arissss hahahaha yg diatas awan ituhhhh

    cieee #hana lenttt gek kno kwi wis djak lhu tp ati ati ngko entuk ngone g kya sek dpengen.i hahaha pissss lhu bur.hana.idinnn

%d bloggers like this: